Review Galaxy Note 10 Lite Indonesia: Spesifikasi, Harga Terbaru, Kelebihan dan Kelemahan

Performa Galaxy Note 10 Lite (SamMobile)
Performa Galaxy Note 10 Lite (SamMobile)

Kalo kamu tertarik memiliki ponsel ini, simak review Galaxy Note 10 Lite di bawah. Penulis sudah menyiapkan berbagai yang perlu kamu tahu mengenai Samsung Galaxy Note 10 Lite; mulai dari spesifikasi, harga, terupdate, serta kelebihan dan kekurangan dibandingkan produk lainnya.

Berdasarkan pengalaman penulis, Samsung Galaxy Note 10 Lite merupakan perangkat yang unik. Diluncurkan tanpa memiliki target pasar yang jelas tapi dibekali sistem kamera canggih, kualitas layar yang bagus, serta didukung S Pen dengan harga lebih murah.

Selain itu, peluncurannya pun juga terasa kurang wajar. Bagaimana tidak, varian dengan spesifikasi terendah di antara Galaxy Note 10 series ini mulai diluncurkan beberapa bulan setelah produk utama dijual. Bebarengan dengan peluncuran Samsung Galaxy S10 Lite.

Meskipun begitu, kehadirannya terbilang sukses mencuri perhatian pengguna. Apalagi penggemar setia Samsung yang pengin merasakan fitur canggih dari perusahaan tapi memiliki dana terbatas.

Terlebih, dukungan S Pen yang juga bisa dipakai membuat Galaxy Note 10 Lite fleksibel untuk produktivitas, komunikasi, mencari informasi, atau sekedar hiburan.

Kamera belakang Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)
Kamera belakang Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)

Spesifikasi Galaxy Note 10 Lite

Terlepas dari status dan performa, apakah Galaxy Note 10 Lite cukup kompetitif di kelasnya? Apalagi, kini sudah muncul beberapa produk yang dijual dengan harga sama tapi spesifikasi lebih gahar. Kalo kamu pengin mengetahuinya, simak review Galaxy Note 10 Lite dari Droila di bawah, ya.

Review Desain dan Layar Galaxy Note 10 Lite

Desain dan layar Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)
Desain dan layar Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)

Sebagaimana yang bisa kamu harapkan dari HP Galaxy Note, seri Note 10 Lite berukuran besar. Ya, ukuran yang cukup menggoda. Dan ukurannya pun terbilang masuk akal, soalnya sebagian besar body dipakai untuk menyimpan S Pen dan layar yang lebih lebar.

Bagian depan Galaxy Note 10 Lite dilapisi layar Infinity-O dengan lebar 6,7 inci. Terdapat lubang kecil punch-hole yang terletak di bagian tengah serta bezel tipis. Karena ini bukanlah versi flagship dari perusahaan, bezel Note 10 Lite terbilang lebih lebar di bagian atas dan bawan –dibanding bezell milik Note 10+.

Sementara itu, kamu nggak bakal menemukan kesan premium dari HP Flagship Samsung pada perangkat ini. Soalnya, body belakang terbuat dari material plastik –bukan kaca seperti varian lainnya. Meskipun desain tak seindah Galaxy S10 Lite, Note 10 Lite punya sesuatu yang lebih berguna; port headphone.

Review Dapur Pacu dan Performa Galaxy Note 10 Lite

Review Samsung Note 10 Lite (SamMobile)
Review Samsung Note 10 Lite (SamMobile)

Menggunakan chipset yang juga dipakai oleh Galaxy S9, pengguna nggak boleh berharap banyak dengan perangkat ini. Memang, sejak peluncuran Galaxy S9, kini sudah tersedia beragam pilihan chipset high-end yang lebih kecil, bertenaga, serta efisien dalam hal konsumsi daya.

Maka dari itu, keputusan perusahaan untuk menggunakan Exynos 9810 terasa kurang bijak. Apalagi, hasil penghitungan performa menurut Geekbench, Galaxy Note 10 Lite kalah jauh dibandingkan iPhone 11, Galaxy S10, bahkan Galaxy S10E yang diluncurkan 2019.

Samsung Note 10 Lite untuk gaming (SamMobile)
Samsung Note 10 Lite untuk gaming (SamMobile)

Sekali lagi, kalo kamu pengin dapat perangkat untuk profesional yang murah, Galaxy Note 10 Lite adalah pilihan paling tepat. Untuk edit dokumen, keperluan desain, hingga gaming –bisa dijalankan tanpa banyak menghabiskan resource RAM.

Terakhir, RAM 8GB hadir sebagai pilhan standar. Jumlah yang dirasa cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Hanya saja, hasil uji coba penulis, mesin Galaxy Note 10 Lite cenderung mudah panas. Apalagi kalo kamu pakai untuk memproses tugas berat; seperti memainkan game berat, desain, satau streaming dalam waktu yang panjang.

Review Kamera Galaxy Note 10 Lite

Kamera Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)
Kamera Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)

Beberapa tahun lalu, memiliki tiga kamera belakang mungkin sudah termasuk gahar. Tapi, untuk tahun 2020, tiga lensa adalah jumlah paling minimum yang bisa kita harapkan dari HP kelas menengah.

Dan sayangnya, konfigurasi kamera itulah yang bakal kamu dapatkan dari Galaxy Note 10 Lite. Dibungkus modul berbentuk persegi, terdapat setup triple-camera plus LED Flash.

Ketiga kamera Galaxy Note 10 Lite terdiri dari 12MP lensa wide yang didukung fitur Dual Pixed PDAF dan OIS; 12MP lensa telephoto dengan dukungan fitur PDAF, OIS, dan 2x optical zoom; serta 12MP lensa ultrawide.

Review kamera Samsung Note 10 Lite (SamMobile)
Review kamera Samsung Note 10 Lite (SamMobile)

Sedangkan untuk kamera depan –yang tersimpan dalam lubang punch-hole, terdapat lensa berkemampuan 32MP. Ya, lebih dari cukup untuk menghasilkan foto selfie atau video TikTok dengan gambar yang jernih, bukan?

Menurut penulis, yang layak ditunggu dari HP Samsung terbaru ini adalah fitur kamera. Dan berkat bantuan Bixby, pengguna bisa lebih mudah menghasilkan gambar yang indah. Bixby bakal membantumu dalam menganalisa obyek dan mengatur komposisi terbaik.

Contohnya, kamu bakal menemukan jendela pemberitahuan berisi rekomendasi mengaktifkan Mode Malam saat kondisi tertentu. Kemudahan yang sangat menguntungkan, bukan?

Harga Galaxy Note 10 Lite Terupdate

Review Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)
Review Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)

Terdapat dua varian warna yang bisa dipilih pengguna. Antara lain Aura Black dan Aura Glow. Selain itu, bagian penyimpanan hanya tersedia satu pilihan saja; RAM 8GB dengan ROM 128GB.

Saat pertama kali diluncurkan, Galaxy Note 10 Lite dibanderol Rp 8,199 juta. Kini, menilik website resmi Samsung Indonesia, harga Galaxy Note 10 Lite terupdate yakni Rp 7,499 juta. Selesih hampir Rp 500 ribu dibandingkan harga pertama saat diluncurkan.

Yang mengejutkan, penulis menemukan harga yang lebih beragam begitu membuka website e-commerce. Dan untuk pembaca yang tertarik memiliki HP Samsung terbaru ini, penulis sudah kumpulkan harga terupdate Galaxy Note 10 Lite. Cek tautan di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy Note 10 Lite

Kelebihan dan kekurangan Galaxy Note 10 Lite (SamMobile)
Kelebihan dan kekurangan Galaxy Note 10 Lite (SamMobile)

Di atas kertas, kamu bisa menemukan banyak kelebihan dari HP Samsung Note 10 Lite. Tapi, begitu kita meletakkan perangkat ini sejajar dengan kompetitor terkini, Note 10 Lite terlihat memiliki banyak kekurangan.

Agar kamu lebih memahami, simak uraian kelebihan dan kekurangan Galaxy Note 10 Lite di bawah, ya.

Kekurangan

  • Chipet yang digunakan kurang bertenaga dan ketinggalan zaman, dibanding perangkat lain dengan harga sekelas.
  • Tampilannya kurang terlihat premium
  • Tanpa dukungan fitur S Pen gesture.
  • Tanpa didukung speaker stereo
  • Layar nggak bisa menghasilkan grafis dengan refresh rate tinggi

Kelebihan

  • Sistem kamera yang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya
  • S Pen yang multifungsi
  • Layar AMOLED lebih cerah
  • Daya tahan baterai panjang

Spek Detail Galaxy Note 10 Lite

Desain
– Frame dari material metal dan body dari material plastik
– Dimensi 163.7 x 76.1 x 8.7 mm
– Corning Gorilla Glass 3
– Berat 199 gram
– Dua pilihan warna: Aura Glow dan Aura Black
Layar
– Tipe AMOLED
– Lebar 6,7 inci dengan rasio body ke layar 86,6%
– Resolusi 1080 x 2400 piksel
– HDR
– Always on display
Dapur Pacu
– Chipset Exynos 9810
– GPU Mali-G72 MP18
– RAM 8GB
– ROM 128GB
– CPU Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.7 GHz Cortex-A55)
– OS Android 10; One UI 2.5
Kamera
– Triple-camera: 12MP (wide) + 12MP (telephoto) + 12MP (ultrawide)
– Kamera depan: 32MP lensa wide
– Fitur: Super steady, tools editing video bawaan, Optical Image Stabilization, HDR
Baterai
– Li-Po 4500 mAh, non-removable
– Fast charging 25W
Harga
– Rp. 7.499.000,-

Review Samsung Galaxy Note 10 Lite

HP Samsung Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)
HP Samsung Galaxy Note 10 Lite (TechRadar)

Sulit untuk memberi predikat HP terbaik di kelas harga Rp 8 jutaan. Bagaimana tidak, kini kita memiliki pilihan yang lebih variatif dengan spesifikasi lebih baik serta kompetitif.

Dan akibat suasana kompetisi itu pula, Galaxy Note 10 Lite jarang dilirik sebagian pengguna yang menyediakan budget Rp 8 jutaan. Terlebih, kini pengguna memiliki pilihan HP yang didukung spesifikasi lebih mumpuni. Contohnya adalah Mi 10 T Pro atau seri smartphone gaming.

Akan tetapi, jika membicarakan pilihan, tentu keputusan final terletak pada diri masing-masing.

Usai sudah review Galaxy Note 10 Lite hari ini. Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk lebih memahami Samsung Note 10 Lite, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, gadget, software, games, tips HP Android dan iPhone lainnya.

5/5 - (1 vote)
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like