Review Galaxy S20 FE: Spesifikasi, Harga Terupdate, Kelebihan dan Kelemahan yang Wajib Kamu Ketahui

Kamera belakang Galaxy S20 FE (Smartprix)
Kamera belakang Galaxy S20 FE (Smartprix)

Lagi hot dan banyak dicari. Begini review Galaxy S20 FE –varian paling murah dari seri Samsung Galaxy S20. Pahami bagaimana spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung S20 FE. Sehingga, begitu kamu lihat harga Galaxy S20 FE, bisa langsung melakukan pembelian.

Tak berlebihan kiranya kalo penulis mengganggap Samsung Galaxy S20 FE merupakan perwujudan dari HP yang berisi fitur-fitur canggih idaman banyak orang tapi dijual dengan harga yang terbilang wajar.

Kamu bisa mendapatkan refresh rate 120Hz, koneksi 5G, konfigurasi tiga kamera dengan 30x Space Zoom Cuma dengan harga Rp 9,999 juta saja –yang mana lebih murah Rp 4,5 juta dibandingkan varian standari Galaxy S20.

Ya, kita bisa melihat kalo Samsung menargetkan Galaxy S20 FE untuk generasi muda. Apalagi, kamera selfie 32MP dinilai lebih tajam ketimbang kamera depan dari Galaxy S20. Selain itu, terdapat enam pilihan warna yang sudah diluncurkan perusahaan!

Desain belakang (CNet)
Desain belakang (CNet)

Memang, Samsung menurunkan kualitas setiap komponen pendukung Galaxy S20 FE. Tapi masih dalam batas yang wajar dan bisa dipahami; bagaimanapun perusahaan ingin menawarkan produk dengan harga yang lebih terjangkau, bukan?

Dan seperti yang bisa kamu harapkan, penurunan harga ini nggak terlalu berpengaruh besar pada pengalaman yang ditawarkan Samsung Galaxy pada umumnya. Dan untuk kamu yang tertarik memiliki, simak dulu review Galaxy S20 FE di bawah.

Penulis sudah menyiapkan uraian terlengkap HP Samsung Galaxy S20 FE yang meliputi spesifikasi, harga terupdate di Indonesia, serta bagaimana kelebihan dan kekurangannya. Langsung cek aja, ya.

Enam pilihan warna Galaxy S20 FE (Samsung)
Enam pilihan warna Galaxy S20 FE (Samsung)

Samsung S20 FE Spesifikasi

Di atas, penulis sudah sedikit menyinggung beberapa fitur inti yang ditawarkan Galaxy S20 FE. Lebih lengkap, simak uraian di bawah ini, Gan.

Desain dan Layar

Layar Samsung Galaxy S20 FE (Samsung)
Layar Samsung Galaxy S20 FE (Samsung)

Samsung membekali seri Galaxy S20 FE dengan layar Super AMOLED yang memiliki lebar 6,5 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis HDR+ beresolusi 1080 x 2400 piksel.

Penerapan teknologi Always-on Display menjadikan refresh rate 120Hz terasa sangat segar. Meningkatkan kualitas grafis yang ditampilkan; baik grafis saat streaming, vlogging, hingga gaming.

Dari segi tampilan, Galaxy S20 FE dirancang agar tetap tampak premium. Layar bagian depan memiliki rasio body ke layar sebesar 84,4%. Sehingga, pengguna bisa mendapatkan tampilan yang lebih lapang, bukan?

Samsung Galaxy S20 FE (Tom'sGuide)
Samsung Galaxy S20 FE (Tom’sGuide)

Beberapa pengguna mungkin bakal merasa kecewa dengan body bagian belakang. Memang, HP Samsung Galaxy terbaru ini juga dibekali modul berbentuk persegi panjang berisi tiga buah kamera.

Namun, frame yang dibuat dari bahan alumunium serta body belakang berbahan plastik menjadikan S20 FE tak ubahnya HP Flagship killer kebanyakan; yang rata-rata dijual dengan harga jauh lebih rendah.

Dapur Pacu dan Performa

Performa gaming (TomsGuide)
Performa gaming (TomsGuide)

Tipe layar memang sama dengan seri Galaxy Note 20 Ultra. Akan tetapi, apakah kualitas grafis juga sama? Jawabannya tentu saja tidak. Hanya saja, kamu bisa tetap merasa tenang. Sulit kok dicari perbedaan di antara keduanya.

Apalagi, dalam hal performa, daya yang dihasilkan Snapdragon 865 (Galaxy Note 20 Ultra) dengan Exynos 990 (Galaxy S20 FE) nggak jauh berbeda! Ya, bisa kita lihat dari data uji coba dari CNet, yang menggunakan analisa benchmark dari Geekbench 5 dan 3D Mark Slingshot.

Bahkan, saat kamu menggunakan Galaxy S20 FE untuk memainkan game yang butuh resource besar –seperti Asphalt 9, Grid Autosport, atau Genshin Impact- hasilnya sangat memuaskan. Anti lag serta patah-patah!

Review Kamera Galaxy S20 FE

Kamera Galaxy S20 FE (Samsung)
Kamera Galaxy S20 FE (Samsung)

Sektor kamera adalah salah satu alasan yang membuat Galaxy S20 FE bisa dijual lebih murah. Perusahaan membekali varian S20 FE dengan konfigurasi tiga kamera. Tapi jangan terburu berprasangka buruk. Berdasarkan review Galaxy S20 FE yang penulis dapatkan dari berbagai media, hasil kamera seri ini cukup memuaskan, kok.

Masing-masing terdiri dari 12MP kamera zoom, 12 MP 3x optical zoom, dan 8MP ultrawide-angle. Ya, bisa kita lihat kalo konfigurasi kamera tersebut memiliki resolusi yang lebih rendah dibandingkan versi standar Galaxy S20.

Kamera Samsung S20 FE (CNet)
Kamera Samsung S20 FE (CNet)

Kamu juga nggak bakal bisa menemukan fitur 100x space zoom dan perekaman video 8K. Sebagai gantinya, kamera belakang didukung fitur 30x space zoom dan telephoto yang menjanjikan kemudahan pengguna untuk menghasilkan foto-foto keren dan bisa dipajang di media sosial.

Sedangkan kamera selfie 32MP menggunakan lensa ultrawide. Menawarkan fleksibilitas dan kemudahan pengguna untuk menangkan lebih banyak orang dalam satu jepretan.

FYI, Samsung menjelaskan kalo kamera depan didukung fitur Tetra Binning. Ini adalah fitur yang menggabungkan empat piksel dalam satu sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya. Selain itu, masih ada dukungan algoritma re-mosaic –yang bertugas melakukan remaps piksel ke dalam warna konvensional sehingga mampu menghasilkan warna yang lebih detail.

Harga Samsung Galaxy S20 FE di Indonesia

HP Galaxy S20 FE (CNet)
HP Galaxy S20 FE (CNet)

Bagi sebagian pembaca, barangkali harga Rp 9 jutaan yang harus kamu keluarkan untuk membeli HP Galaxy S20 FE masih terbilang mahal. Tapi, kalo kita pertimbangkan dengan dukungan spesifikasi serta fitur yang bisa didapat; harga tersebut cenderung masih wajar.

Apalagi, berdasarkan penelusuran penulis, kini kita bisa mendapatkan pilihan harga Galaxy S20 FE di Indonesia yang lebih beragam lewat toko online. Jadi, harga sebesar Rp 9,999 juta yang tertera pada website resmi Samsung Indonesia bukanlah satu-satunya pilihan.

Nah, kalo kamu tertarik membeli Galaxy S20 FE, penulis sudah menyiapkan daftar harganya dari beberapa toko online. Langsung klik tautan yang sudah disiapkan di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

Spesifikasi Galaxy S20 FE (AndroidAuthority)
Spesifikasi Galaxy S20 FE (AndroidAuthority)

Selain fitur-fitur unggulan seperti yang sudah penulis sebutkan di atas, masih ada beberapa poin yang jadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20 FE. Agar lebih jelas, berikut ini daftar kelebihan dan kekurangan Galaxy S20 FE yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan

  • Tanpa dukungan colokan headphone ,5mm
  • Performa kamera zoom kurang memuaskan saat di kondisi cahaya minim
  • Bezell terbilang tebal untuk standar HP terkini
Perlindungan anti air (Samsung)
Perlindungan anti air (Samsung)

Kelebihan

  • Refresh rate 120Hz
  • Baterai yang tahan seharian
  • Kamera utama performanya memuaskan
  • Chipset Exynos 990 cukup bertenaga untuk berbagai kegiatan
  • Mendapatkan kesempatan tiga kali pembaruan OS Android
  • Anti air, charging nirkabel, speaker stereo, koneksi 5G

Spesifikasi Detail Samsung S20 FE

Desain

  • Frame alumunium dengan body berbahan plastik
  • Dimensi 159.8 x 74.5 x 8.4 mm (6.29 x 2.93 x 0.33 in)
  • Berat 190 g
  • Enam pilihan warna: Cloud Lavender, Cloud Navy, Cloud Red, Cloud Mint, Cloud White, dan Cloud Orange

Layar

  • Tipe Super AMOLED
  • Lebar 6,5 inci dengan rasio body ke layar 84,8%
  • Resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Always-on display
  • Refresh rate 120Hz
  • HDR10+

Dapur Pacu

  • Chipset Exynos 990
  • GPU Mali-G77 MP11
  • RAM 8GB
  • ROM 128GB
  • CPU Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
  • OS Android 10, One UI 10 2.5

Kamera

  • Konfigurasi tiga kamera

+ 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.76″, 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS

+ 8 MP, f/2.4, 76mm (telephoto), 1/4.5″, 1.0µm, PDAF, OIS, 3x optical zoom

+ 12 MP, f/2.2, 123˚, 13mm (ultrawide), 1/3.0″, 1.12µm

  • LED flash, auto-HDR, panorama, gyro-EIS
  • Kamera selfie 32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.74″, 0.8µm
  • Fitur HDR dan gyro-EIS

Baterai

  • Li-Po 4500 mAh, non-removable
  • Fast charging 25W
  • Fast wireless charging 15W
  • Reverse wireless charging 4.5W

Harga

  • Rp. 9.999.000,-

Kesimpulan

Unboxing Samsung Galaxy S20 FE (Smartprix)
Unboxing Samsung Galaxy S20 FE (Smartprix)

Kompetisi HP flagship dengan harga di bawah Rp 10 juta semakin memanas. Dan keputusan Samsung untuk meluncurkan Galaxy S20 FE terbilang tepat. Sehingga, perusahaan memiliki varian yang bisa memanaskan kompetisi di kelas ini.

Menurut penulis, Galaxy S20 FE cukup menggoda di kelas tersebut. Tawaran refresh rate 120Hz yang halus, kamera powerfull, serta performa yang solid jadi beberapa poin utama yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Apalagi, terdapat enam pilihan warna yang sudah disesuaikan dengan selera pengguna HP masa kini.

Ya, secara keseluruhan, Galaxy S20 FE layak disebut sebagai salah satu HP flagship killer terbaik. Apalagi, dengan selisih Rp 4,5 juta, kamu bisa merasakan pengalaman dari varian Samsung Galaxy S20. Sangat menggiurkan, bukan?

Usai sudah review Galaxy S20 Fe kali ini. Semoga uraian di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum ganti HP baru, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik dari Droila. Klik susbcribe agar kamu mendapatkan pemberitahuan informasi terupdate seputar teknologi, gadget, game, software, tips HP Android dan iOS yang hadir setiap hari.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like