BerandaGadgetsReview Galaxy Tab A8 WiFi: Si Layar Lebar yang Manis

Review Galaxy Tab A8 WiFi: Si Layar Lebar yang Manis

Pada kesempatan kali ini, kami akan review Galaxy Tab A8 WiFi. Tablet ini hadir di Indonesia pada 17 Januari 2022. Dengan harga Rp2 jutaan, tentu saja tablet cukup laris di pasaran.

Samsung memang masih menjadi brand yang dipercaya masyarakat. Tak heran jika ada tablet Samsung murah, pasti banyak konsumen tertarik. Lalu, bagaimana kualitasnya? Apa saja spesifikasinya? Simak ulasan berikut!

Spesifikasi Galaxy Tab A8 WiFi

Harga Rp2 jutaan untuk tablet WiFi memang menarik. Apalagi fitur-fitur yang diberikan cukup lengkap. Berikut ulasan detailnya.

samsung galaxy tab a8
samsung galaxy tab a8

Desain dan Layar

Tablet menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk media belajar maupun belajar. Ukuran layarnya yang lebar dapat menyajikan konten lebih memuaskan ketimbang menggunakan smartphone.

Galaxy Tab A8 WiFi memiliki dimensi 161,9 x 246,8 x 6,9 mm. Desainnya yang tipis membuat tampilannya tampak elegan. Namun, bobotnya 508 gram sehingga cukup berat.

Berat tersebut tak akan terasa karena tampilannya yang kokoh. Bahan material dengan finishing glossy. Ditambah warna Gray, Silver, dan Pink juga membuatnya tampak manis dan elegan.

Tablet ini memiliki 4 buat speaker di sisi atas dan bawah saat posisi vertikal). Ada pula jack audio 3,5mm. Jadi, kamu tetap bisa menggunakan headset berkabel saat mendengarkan musik atau nonton video.

Layarnya menggunakan jenis TFT dengan lebar 10,5 inci. Layar ini mampu menampilkan grafik berkualitas WUXGA (1920×1200). Kemampuannya menampilkan 16M warna membuat gambar jadi lebih cerah.

Layar Galaxy Tab A8 WiFi menggunakan refresh rate 60 sehingga kecepatan pergeseran layar masih standar. Jika digunakan untuk belajar online tentu saja memuaskan.

review galaxy tab a8 wifi
review galaxy tab a8 wifi

Performa dan Kamera

Galaxy Tab A8 WiFi menggunakan sistem operasional Android 11. Tampilannya sendiri menggunakan sistem One UI 3.

Salah satu fitur yang menarik adalah adanya muti active window. Dengan begitu, kamu bisa menyimak webinar sambil membuka note untuk mencatat.

Untuk performanya, tablet ini didukung chipset Unisoc Tiger T618 (12nm). Chipset ini didukung CPU Octa-core dengan kecepatan hingga 2.0 GHz. GPU-nya menggunakan Mali-G52.

Kapasitas penyimpanannya hanya 32GB. Namun, kamu bisa menambahkan memori eksternal hingga 1TB. Selain itu, tablet ini menggunakan RAM 3GB. Cukup lancar jika digunakan untuk belajar atau bekerja online.

Untuk main game, tablet Samsung ini lebih cocok digunakan untuk main game santai. Misalnya Clash of Clans. Untuk main game Moba bisa-bisa saja. Hanya saja, ukuran layar yang terlalu lebar membuat jari agak repot.

Spesifikasi dan harga Galaxy Tab A8 WiFi
Spesifikasi dan harga Galaxy Tab A8 WiFi

Galaxy Tab A8 WiFi dibekali baterai berkapasitas 7040 mAh. Baterai ini sudah support untuk pengisian daya cepat 15W. Namun, chargernya dijual secara terpisah.

Tablet 2 jutaan ini juga cocok untuk anak-anak lho. Fitur Samsung Kids memungkinkan kamu mengontrol akses tablet. Dengan begitu, anak-anak dapat menjelajah internet dengan aman.

Kamera yang disematkan pada tablet ini hanya 2 kamera. Kamera utama, yaitu kamera belakang, memiliki resolusi 8MP. Kamera ini audah dilengkapi autofokus. Sayangnya, tidak ada LED Flash.

Di depan, terdapat kamera 5MP. Baik kamera depan maupun belakang mampu merekam video. Kualitasnya mencapai 1080p di 30fps. Fitur ini tentu saja sudah cukup bagus saat digunakan untuk video call.

Fitur Unggulan

Galaxy Tab A8 WiFi juga memiliki fitur unggulan. Selain Samsung Kids, juga ada Samsung Knock. Fitur keamanan ini disematkan untuk melindungi sandi, data biometrik, termasuk pembayaran melalui Samsung Wallet.

Suka merekam konten video? Samsung juga menyediakan Screen Recorder lho. Kamu bisa merekam video yang sedang kamu lihat sehingga bisa memutarnya lagi pada lain kesempatan.

kelebihan dan kekurangan galaxy tab a8 wifi
kelebihan dan kekurangan galaxy tab a8 wifi

Harga Galaxy Tab A8 WiFi

Di web resminya, harga Galaxy Tab A8 WiFi adalah Rp2.999.000,00. Kamu pun bisa membelinya secara offline di toko resminya.

Dalam paket pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan tablet Galaxy Tab A8 WiFi. Selain itu, ada pula ejektor untuk menempatkan micro-SD. Ada juga adaptor 7,8W dan kabel USB.

Tertarik beli? Kamu bisa klik salah satu tombol di bawah ini. Masing-masing tombol akan mengarahkanmu ke halaman toko online. Sehingga, kamu bisa cek harga Galaxy Tab A8 WiFi terbaru setiap bulannya.



Kelebihan dan Kekurangan Galaxy Tab A8 WiFi

SpesifikasiGalaxy Tab A8 [WiFi Only]
DesainFrame alumunium
Body belakang material plastic
Berat508 gram
Dimensi246.8 x 161.9 x 6.9 mm
Layar10.5 inci
TFT LCD
Rasio body ke layar 80%
Resolusi1200 x 1920 piksel
ChipsetUnisoc T618
GPUMali G52 MP2
RAM3GB
ROM32GB
OSAndroid 11
One UI 3
Kamera Belakang8 MP, AF
FiturVideo [email protected]
Kamera Depan5 MP
FiturVideo [email protected]
BateraiLi-Po 7040 mAh, non-removable
Fast charging 15W
WarnaGray Silver
Pink Gold
HargaRp 2.999.000 (Toko Online)
Tabel spesifikasi Galaxy Tab A8 WiFi (Dok.istimewa/Droila)

Selain review Galaxy Tab A8 WiFi, kami juga akan menilai kelebihan dan kekurangan Galaxy Tab A8 WiFi.

Kekurangan

  1. Memori kecil
  2. Charger 15W dijual terpisah

Kelebihan

  1. Tampilan luas
  2. Desain manis
  3. Kamera bisa diandalkan

Review Galaxy Tab A8 WiFi

samsung tab a8 harga dan spesifikasi
samsung tab a8 harga dan spesifikasi

Galaxy Tab A8 WiFi memang memiliki tampilan yang elegan. Apalagi bahan metal membuatnya tampak kokoh dan terlihat lebih premium. Bezelnya yang kecil juga membuat tampilan layar lebih luas.

Namun, performa tablet masih bisa dibilang standar. Kecepatan prosesor 2GHz sudah cukup baik. Bisa untuk bekerja maupun main game-game ringan.

Memori 32GB tentu saja akan menjadi kendala buat kamu yang hobi menyimpan file besar. Meskipun bisa menambahkan SD card hingga 1TB, tapi kamu harus mengeluarkan uang lagi.

Jika kamu ingin tablet dengan memori yang lebih luas, kamu bisa mempertimbangkan Huawei MattePad T10s. Selain layar sudah IPS kapasitas internalnya 128GB.

Namun, jika kamu hanya ingin layar yang lebar dan tampilan oke, Galaxy Tab A8 WiFi pilihan yang tepat. Bahan metal tentu membuat produk ini lebih awet bukan?

Itu dulu ya review Galaxy Tab A8 WiFi. Semoga bermanfaat dan spai jumpa di kesempatan review spesifikasi dan harga tablet berikutnya!

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik