BerandaGadgetsReview Galaxy Tab S8 Plus 5G: Harga Mewah untuk Kualitas Wah! ...

Review Galaxy Tab S8 Plus 5G: Harga Mewah untuk Kualitas Wah!  

Galaxy Tab S8 Plus 5G adalah tablet 5G terbaru yang dirilis tahun 2022. Sebagai produk anyar, tablet flagship ini hadir dengan meneruskan tradisi pendahulunya. Tentu saja kamu juga bisa menemukan beragam pembaruan. Dan kalo kamu tertarik beli, simak gimana spesifikasi, harga, serta review Galaxy Tab S8+ 5G di bawah ini.

Di samping terus mengembangkan perangkat berupa ponsel pintar, Samsung bisa dibilang jadi salah satu dari sedikit vendor yang mendominasi pasar tablet Tanah Air selain Apple. Galaxy Tab S8+ bisa dibilang jadi salah satu jagoannya.

Dengan spesifikasi yang cukup tinggi di kelasnya di harga yang lebih mahal, Samsung Galaxy Tab S8+ jadi opsi tengah dan jadi pilihan paling pas bagi banyak orang. Lantas, apakah cocok juga buatmu?

Nah, sebelum memutuskan beli, kamu wajib simak penjelasan di bawah ini. Tim Droila sudah mengumpulkan berbagai informasi yang kamu butuhkan. Tanpa panjang lebar, langsung cek spesifikasi, harga, review serta kelebihan dan kekurangan Galaxy Tab S8+ 5G di bawah ini, ya.

Spesifikasi Galaxy Tab S8 Plus
Spesifikasi Galaxy Tab S8 Plus

Spesifikasi Galaxy Tab S8+ 5G

Samsung Galaxy Tab S8+ 5G memiliki spesifikasi yang menarik. Terutama bagian desain dan performanya. Dan untuk penjelasan lebih lengkap, scrolling lagi aja, ya.

Desain

Secara tampilan eksterior, Galaxy Tab S8+ tampil kokoh menggunakan material aluminum unibody, punya dua kamera dengan aksen garis di sebelahnya, serta sisi samping yang dibuat flat.

Walaupun dimensi Samsung Galaxy Tab S8+ cukup besar, ketebalannya cuma 5,7mm dengan bobot kisaran 570 gram aja, gengs!

Walaupun sangat tipis, modul kamera belakang nggak terlalu menonjol. Di sekeliling bodi Samsung Galaxy Tab S8+, kamu bakal menemukan sejumlah port, empat lubang speaker, plus garis antenna khusus.

Mengingat varian yang tersedia resmi di Indonesia mendukung jaringan 5G sehingga dilengkapi slot kartu SIM (dan ini menjadi salah satu penyebab tingginya harga perangkat).

Ditawarkan dengan tiga opsi warna, Samsung Galaxy Tab S8+ 5G tersedia dalam warna Hitam, Silver dan Pink Gold. Permukaan bodinya juga tak mudah membekas sidik jari dan tidak licin sehingga masih nyaman ketika digenggam tanpa case tambahan.

Pada Samsung Galaxy Tab S8+, panel yang digunakan nggak cuma Super AMOLED tapi juga mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Kerapatan pikselnya cukup tinggi, sementara keempat bezelnya dibuat sama tipisnya sehingga walaupun punya dimensi 12,4 inci, masih relatif kompak untuk ukuran sebuah tablet yang bakal sering dibawa kemana-mana.

Rasio 16:10 membuat pengguna lebih mudah menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam mode landscape. Ketika menonton film, tidak banyak bagian berwarna hitam seperti tablet layar 4:3.

Desain Galaxy Tab S8 Plus
Desain Galaxy Tab S8 Plus

Performa

Penggunaan chip terbaik Qualcomm pada Samsung Galaxy Tab S8+ rasanya cukup krusial. Untuk bisa menghadirkan dua tampilan UI berbeda (One UI & Dex), tentu perlu performa chipset tinggi untuk bisa berpindah dan tampilkan aplikasi dengan antarmuka kustom.

Snapdragon 8 Gen 1 dipasangkan dengan RAM 8GB, sudah cukup untuk proses multitasking banyak aplikasi, termasuk banyak tab pada Chrome.

Fitur RAM Plus secara otomatis menambah kapasitas RAM 4GB, diambil dari penyimpanan internal dan bisa diatur dalam jumlah lain (2GB/6GB/8GB). Untuk bermain game pun terasa nyaman. Pokemon UNITE, misalnya. Saat bermain, bodi tidak terasa panas.

Untuk multitasking, chipset yang ada di Samsung Galaxy Tab S8+ ini terasa overkill. Namun penggunaan chipset kencang bakal sangat berpengaruh ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang lebih berat.

Seperti aplikasi render file 3D, maupun edit foto profesional dan edit video on-the-go. Prosesnya bakal terasa lebih cepat sehingga pekerjaan pun bisa lebih cepat selesai.

Keunggulan dan kelemahan Galaxy Tab S8 Plus 5G
Keunggulan dan kelemahan Galaxy Tab S8 Plus 5G

Fitur Unggulan

Bagian terpenting dari sebuah tablet masa kini adalah kualitas kamera depan, mengingat lebih sering dipakai untuk panggilan video baik keperluan pekerjaan atau sekadar terhubung dengan rekan.

Nah, Samsung Galaxy Tab S8+ punya sensor 12MP f/2.4, memiliki sudut pandang sangat lebar mencapai 120 derajat.

Mungkin secara resolusi terdengar overkill, tapi cara kerja kamera depan Samsung Galaxy Tab S8+ ini mirip seperti kamera iPad Pro Gen 5 yang sudah mengandalkan chipset Apple M1.

Lewat fitur Auto Framing, tablet secara otomatis menyesuaikan kamera untuk menempatkan wajah di tengah viewfinder sehingga posisi akan selalu pas.

Ketika ada lebih dari satu orang, sudut pandang kamera bakal “mundur” atau melebar. Tingkat akurasinya pun cukup oke, meski terkadang gerakannya lambat di beberapa situasi pencahayaan.

Kamera ini dilengkapi dengan dua sensor kamera lain yang disematkan pada bodi belakangnya, masing-masing 13MP f/2.0 dan 6MP f/2.2 ultra wide-angle.

Selain kamera, Samsung berhasil menyematkan kapasitas baterai besar 10,090 mAh ke dalam bodi Galaxy Tab S8+. Tentunya, untuk penggunaan hiburan bisa tahan lebih dari satu hari dan bisa tahan belasan jam untuk skenario produktivitas.

Saat baterai habis, Samsung Galaxy Tab S8+ bisa diisi lewat powerbank. Arus maksimumnya bisa sampai 45W. Prosesnya tergolong cukup singkat, hanya kisaran 90 menit saja. Ingat, kapasitas baterainya dua kali baterai smartphone tapi tak sampai memerlukan waktu lebih dari dua jam. Keren, bukan?

Harga Galaxy Tab S8+ 5G

Harga Galaxy Tab S8 Plus 5G
Harga Galaxy Tab S8 Plus 5G

Table 5G terbaru ini dibanderol dengan harga Rp 16,9 juta untuk versi 12/256 GB. Itulah harga yang pertama kali diberikan perusahaan saat tablet ini diluncurkan.

Sayangnya, kini di Indonesia Cuma tersedia varian dengan penyimpanan internal berkapasitas 256GB saja. Pada situs resmi Samsung Indonesia, varian ini dibanderol dengan harga sama!

Tapi tak perlu khawatir. Kalo kamu tertarik untuk membeli, penulis sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa cek harga Galaxy Tab S8+ 5G lebih komplit. So, langsung klik tombol di bawah aja, ya.



Kelebihan dan Kekurangan Galaxy Tab S8+ 5G

SpesifikasiSamsung Galaxy Tab S8+ 5G
DesainFrame alumunium
Body belakang alumunium
Berat567 gram
Dimensi285 x 185 x 5.7 mm
Layar12.4 inci
Super AMOLED
Rasio body ke layar 84.6%
Corning Gorilla Glass 5
Resolusi1752×2800 piksel
Refresh rate 120Hz
HDR10+
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1
GPUAdreno 730
RAM8GB
ROM256GB
OSAndroid 12 (Bisa ditingkatkan ke Android 12L)
One UI 4.1.1
Kamera Belakang13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.4″, 1.0µm, AF
6 MP, f/2.2, (ultrawide)
FiturLED flash
HDR
Panorama
Video [email protected]/60fps
Kamera Depan12 MP, f/2.4, 120˚ (ultrawide)
FiturHDR
Video [email protected]/60fps
BateraiLi-Po 10090 mAh, non-removable
Fast charging 45W, 100% in 82 min
WarnaGraphite
Silver
Pink Gold
HargaRp 16.999.000
Tabel spesifikasi lengkap Galaxy S8+ 5G (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah tuntas membahas spesifikasi, tentu kurang lengkap rasanya kalo nggak tahu gimana keunggulan dan kelemahan tablet flagship ini. Tanpa panjang lebar, langsung cek aja, ya.

Kekurangan

  • Tidak menyediakan casan dalam boks pembelian
  • Bodi terasa berat untuk seukuran tablet 11 Inci
  • Hanya gunakan panel layar TFT
  • Sensor sidik jari di samping

Kelebihan 

  • Performa Tablet Android Terbaik Berkat Snapdragon 8 Gen 1
  • Samsung DeX untuk Pengalaman Desktop yang Menyenangkan
  • Desain Bodi yang Kokoh
  • Kamera Depan Sensor Ultrawide
  • Konektivitas WiFi 6E
  • Sudah Tersedia dengan S Pen

Review Galaxy Tab S8+ 5G

Sejauh ini, apa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Tab S8+ sudah cukup menjanjikan. Banderol harga premium diimbangi dengan layar superior, performa kencang dan mendukung kegiatan multi-tasking, Samsung Dex yang bisa tingkatkan produktivitas ala desktop, empat speaker berkualitas, plus baterai tahan lama.

Aksesori seperti keyboard memang belum termasuk dalam paket penjualan. Tapi stylus S Pen, yang notabene lebih mahal, sudah termasuk dan bisa ditemukan di dalam kotak Samsung Galaxy Tab S8+ sehingga biaya ekstra untuk aksesori tambahan bisa sedikit diredam.

Secara keseluruhan, layar Samsung Galaxy Tab S8+ benar-benar sangat memanjakan mata ketika digunakan untuk streaming film maupun bekerja. Baik di dalam maupun luar ruangan sekalipun.

Usai sudah penjelasan mengenai review Galaxy Tab S8+ kali ini. Semoga review tablet di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik