Review Google Pixel 3A: HP Kamera Kece dengan Harga Paling Terjangkau

HP Google Pixel 3A (Slashgear)
HP Google Pixel 3A (Slashgear)

Saat mencari HP kamera terbaik, banyak calon pembeli yang terjebak pada jumlah kamera, resolusi lensa, serta ukuran layar. Ya, tiga faktor ini sudah diadopsi oleh banyak OEM saat ini. Namun, lewat Pixel 3A, Google mengubah tolak ukur tersebut. Pengin tahu alasannya? Yuk simak review Pixel 3A di bawah.

Pixel 3A merupakan varian yang harganya lebih murah ketimbang Pixel 3. Tapi, dalam hal performa serta spesifikasi, nggak terlalu jauh berbeda. Pasalnya, ponsel ini tetap diakui sebagai salah satu HP kamera terbaik –meskipun cuma memiliki satu lensa belakang.

Dukungan software terbaik serta aplikasi Gcam yang selalu diperbarui membuat Pixel 3A tetap bersaing. Bahkan, ponsel ini juga mendapat pembaruan aplikasi Gcam 8!

Memang, Google sudah menghentikan penjualan produk ini sejak pertengahan 2020 kemarin. Hanya saja, kamu masih bisa membeli perangkat ini secara online, kok.

Nah, untuk kamu yang tertarik memiliki, kenali dulu yuk ponsel ini lewat review Pixel 3A di bawah. Pahami bagaimana spesifikasi, serta kelebihan dan kekurangan perangkat ini.

Layar Pixel 3A (Tom's Guide)
Layar Pixel 3A (Tom’s Guide)

Spesifikasi Pixel 3A

Jika kita secara langsung spesifikasi Pixel 3A dengan HP yang diluncurkan baru-baru ini, mungkin yang didapat hanyalah rasa kecewa. Tapi hal tersebut tidak menutup fakta jika Pixel 3A tetap jadi salah satu HP terbaik harga murah yang bisa kamu miliki. Lebih lengkap, berikut ini spesifikais Pixel 3A.

Layar dan Desain

Kamera belakang Pixel 3A (Slashgear)
Kamera belakang Pixel 3A (Slashgear)

Ukurannya kecil. Layar cuma selebar 5,6 inci. Mengandalkan panel OLED, ponsel Google Pixel ini mampu menghasilkan resolusi 2220 x 1080 piksel. Di samping itu, layar Pixel 3A dilapisi Dragontail Glass, jenis perlindungan layar yang tak kalah tangguh dibanding Gorilla Glass.

Desain Pixel 3A tak terlalu menawan. Baik bagian frame maupun body belakang dibungkus material plastik. Sekali lagi, spesifikasi bukanlah daya tarik utama perangkat ini. Apalagi, patut diingat jika Pixel 3A sudah dirilis sejak tahun 2019 lalu. Membuatnya tertinggal dua tahun dengan teknologi terkini.

Dapur Pacu dan Performa

Fitur kamera Pixel 3A (Tom's Guide)
Fitur kamera Pixel 3A (Tom’s Guide)

HP Google Pixel 3A menjalankan sistem operasi Android  9 yang masih murni. Artinya, tak ada tambahan UI dari OEM lain. Bagaimana tidak, ini adalah ponsel keluaran Google!

Beruntungnya, pengguna bisa mendapatkan pembaruan sistem operasi hingga Android 11. Satu-satunya keunggulan yang membuat Pixel 3A tidak ketinggalan zaman.

Di bagian dapur pacu, Pixel 3A mengandalkan performa dari chipset Qualcomm Snapdragon 670. Dipadukan dengan GPU Adreno 615, performa grafis Pixel 3A terbilang memuaskan –terutama untuk aktivitas fotografi.

Ponsel keluaran Google ini hadir dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Jika memori penyimpanan dirasa kurang, pengguna masih bisa menambahkannya dengan kartu SD, kok. Jadi, lebih nyaman, bukan?

Review Kamera Pixel 3A

Kelebihan dan kekurangan Pixel 3A (Slashgear)
Kelebihan dan kekurangan Pixel 3A (Slashgear)

Meskipun menjadi varian paling murah, semua fitur canggih dari seri Pixel 3 bisa kamu dapatkan pada ponsel ini. HP Google Pixel 3A menawarkan kamera belakang tunggal berkemampuan 12.2 MP dengan bukaan f/1.8.

Meskipun cuma mengandalkan satu kamera, bukan berarti kurang bertenaga. Berbagai fitur canggih bisa kamu gunakan. Contohnya seperti mode Night Sight, yang bisa kamu pakai untuk menghasilkan foto keren sekalipun di tengah kondisi tanpa cahaya.

Di samping itu, masih ada fitur-fitur populer seperti Mode Portrait dan Super Res Digital –fitur dari zoom digital yang hasilnya bisa dibandingkan dengan optical zoom.

Di antara berbagai kelebihan tersebut, dukungan aplikasi Google Camera merupakan salah satu yang layak diharapkan. Bagaimana tidak, aplikasi kamera Google ini membuat Pixel 3A lebih bertenaga. Pula menjadikan Pixel 3A tetap kompetitif di tengah persaingan dengann teknologi yang makin canggih.

Harga Pixel 3A Terbaru 2021

Desain Pixel 3A (Tom's Guide)
Desain Pixel 3A (Tom’s Guide)

Saat awal diluncurkan, perusahaan membanderol perangkat ini dengan harga Rp 8 jutaan. Tapi tenang, itu adalah harga Pixel 3A dua tahun yang lalu.

Kini, ketika perusahan sudah menghentikan penjualan resmi, harga Pixel 3A tentu sudah turun jauh. Berdasarkan penelusuran penulis pada beberapa e-commerce, harga Pixel 3A BNIB (Brand New In Box) dibanderol mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 8 juta yang paling mahal.

Tertarik untuk memiliki perangkat ini? Langsung cek harga Pixel 3A lewat tautan yang sudah disiapkan penulis berikut ini, ya.

Kesimpulan: Apakah Masih Layak Dibeli Tahun 2021 Ini?

Spesifikasi detail Pixel 3A (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi detail Pixel 3A (Dok.Istimewa Droila)

Ada pepatah yang berbunyi, “Jangan nilai buku dari sampul”. Dan pepatah tersebut benar-benar layak dipakai untuk memahami Pixel 3A.

Body berbahan plastik, chipset kelas menengah, bezell berukuran besar, tanpa perlindungan anti-air, tanpa isi ulang daya –mungkin membuat banyak pengguna bakal meremehkan ponsel ini. Bahkan, mempertanyakan keseriusan Google dalam merancang perangkat.

Tapi, begitu kita bongkar, harus diakui jika Pixel 3A benar-benar dirancang dengan ketelitian tinggi. Meski dibungkus material plastik, ponsel ini masih terasa kokoh di genggaman, kok.

Hasil grafis pada layar terbilang memuaskan. Nggak kalah dengan HP flagship killer yang kini beredar di pasaran. Di samping itu, tampilan dan navigasi firmware benar-benar memuaskan.

Terlebih, pengguna juga mendapat jaminan pembaruan OS selama tiga tahun. Artinya, perangkat ini masih bisa diperbarui hingga Android 12!

Tapi, tak ada gading yang tak retak. Sekalipun performa sudah menawan, Pixel 3A tetap memiliki kelemahan. Lebih lengkap, berikut ini kelebihan dan kekurangan HP Pixel 3A.

Performa kamera Pixel 3A (Tom's Guide)
Performa kamera Pixel 3A (Tom’s Guide)

Kekurangan

  • Minus fitur isi ulang nirkabel
  • Chipset kelas menengah yang tertinggal dengan kompetitor
  • Body dari material plastik
  • Hanya didukung RAM 4GB dengan memori 64GB
  • Tanpa dukungan lensa wide atau telephoto

Kelebihan

  • Display mengagumkan
  • Performa bertenaga
  • Hasil kamera benar-benar memuaskan
  • Daya tahan baterai panjang
  • UI customization jernih dan dijamin pembaruan selamam tiga tahun ke depan

Nah, usai sudah review Pixel 3A kali ini. Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk lebih memahami dan mengenali perangkat ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like