Review HP Blackview BV9800 Pro: Ponsel Outdoor yang Tahan untuk Berbagai Medan dan Canggih

Review Blackview BV9800 (NotebookCheck)
Review Blackview BV9800 (NotebookCheck)

Nama Blackview di Indonesia mungkin memang kurang terkenal. Terbatas pada kalangan pecinta alam atau aktivitas lapangan. Dan pada segmen tersebut, Blackview diakui sebagai salah satu HP terbaik. Kali ini, tim Droila sudah menyiapkan uraian lengkap mengenai HP Blackview BV9800 Pro. Mau tahu bagaimana hasilnya?

Founder Xu Ming percaya kalo teknologi canggih nggak memerlukan biaya mahal. Dan berbekal kepercayaan tersebut, Xu Ming pun membentuk dan memperkenalkan Blackview pada tahun 2013. Dan di tengah kompetisi HP China yang sangat ketat, Xu Ming pun menawarkan satu nilai berbeda: HP kelas berat.

Eits tapi tunggu dulu. Maksud dari ‘Kelas Berat’ di sini nggak cuma dalam hal performa aja. Perusahaan pun sudah merancang agar perangkat tahan terhadap berbagai kondisi ekstim. Hasilnya, Blackview berhasil mendapatkan pasar dan pengguna setia.

Kini, salah satu HP flagship Blackview yang paling banyak dicari di Indonesia adalah seri BV9800. Meskipun sudah diluncurkan tahun lalu, seri handphone kelas berat ini terbukti masih kompetitif saat dibandingkan dengan perangkat terkini.

Barangkali, kamu, pembaca, merasa jika kalimat di atas berlebihan saja. Bahasa marketing yang bertujuan meningkatkan penjualan. Padahal, kalo kamu bongkar bagian dalam dan menganalisa masing-masing komponen, layak banget deh Blackview menyandang predikat tersebut.

Masih penasaran? Langsung aja deh simak review HP Blackview BV9800 Pro di bawah yang terdiri dari uraian spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi detail perangkat. Cekidot, ya.

Tampilan depan BV9800 (China-Gadgets)
Tampilan depan BV9800 (China-Gadgets)

Spesifikasi Blackview BV9800 Pro

Dalam hal daya tahan terhadap kondisi lingkungan, Blackview dikenal paling handal. Hanya saja, untuk seri Blackview BV5800 Pro, BV9100, dan BV9700, banyak pengguna merasa kurang puas dalam hal performa.

Agak berat serta kecepatan Wi-Fi yang agak lambat. Tapi tenang aja, perusahaan sudah berjanji agar pengguna nggak merasakan hal itu lagi. Dan semua peningkatan tersebut sudah ditanamkan perusahaan pada HP Blackview BV9800 Pro. Lebih lengkap, begini uraian spesifikasinya.

Desain dan layar

Dimensi BV9800 (TechRadar)
Dimensi BV9800 (TechRadar)

Di bagian desain, tak banyak yang bisa penulis sampaikan. Tema maupun rancangan tampak serupa dengan seri-seri sebelumnya.

Ya, sebuah HP kelas berat dengan frame metal, bagian pinggir melengkung, serta banyak lapisan tekstur berbahan plastik yang berfungsi sebagai peredam benturan dan meningkatkan keamanan saat digenggam.

Di samping itu, perusahaan juga menerapkan sertifikat IP68/IP69K dan MIL-STD-810G. Hasilnya, perangkat benar-benar sudah lolos uji terkait daya tahannya pada lingkungan ekstrim. Kamu pun bisa pergi kemanapun dalam kondisi apa pun tanpa mengkhawatirkan perangkat, bukan? Bahkan, kehujanan pun nggak bakal jadi soal!

Layar BV9800 Pro memiliki lebar 6,3 inci dan menggunakan jenis AMOLED. Dengan kombinasi tersebut, pengguna bisa mendapatkan gambar beresolusi 1080 x 2289 piksel serta didukung fitur multitouch. Kamu pun bisa lebi

Chipset dan Perangkat Lunak

Spesifikasi BV9800 (ObengPlus)
Spesifikasi BV9800 (ObengPlus)

Jangan kecewa kalo harga BV9800 Pro terbilang lebih tinggi dibanding seri sebelumnya. Harus kamu tahu, harga jual yang lebih tinggi ini akibat keputusan perusahaan untuk menerapkan kemampuan Thermal Imaging atau pencitraan thermal.

Ini merupakan teknologi berbasis inframerah yang dipakai untuk mendeteksi distribusi suhu atau panas dari satu obyek. FYI, penerapan teknologi ini pada perangkat handphone benar-benar berpengaruh besar –terutama pada bagian harga.

Fitur unggulan itu barangkali jadi pembeda yang membuat BV9800 Pro makin menarik perhatian. Sedangkan untuk performa, HP Blackview BV9800 Pro menggunakan chipset MediaTek Helio P70 yang didukung RAM 6GB dengan ROM 128GB.

Semua keunggulan hardware di atas juga mendapat dukungan seimbang dari bagian perangkat lunak. Ya, BV9800 Pro sudah menjalankan sistem operasi Android 9.0. Beruntungnya, kamu pun bisa meningkatkannya jadi Android 10.

Kamera BV9800 Pro

Hasil kamera Blackview BV9800 (China-Gadgets)
Hasil kamera Blackview BV9800 (China-Gadgets)

Di bagian depan, terdapat kamera berkemampuan 16 MP yang dibungkus notch berbentuk raindrop. Kamera depan ini menggunakan sensor OV16885 dari OmniVision. Sensor tambahan lainnya yakni Proximity, Kompas, Barometer, Altimeter, Magnetometer, Light, dan masih banyak lagi.

Kamera bagian belakang mungkin terkesan biasa. Dua buah lensa masing-masing berkemampuan 48 MP yang menggunakan sensor dari Sony. Sedangkan untuk lensa kedua berkemampuan 5 MP sensor FLIR Lepton. FYI, inilah sensor yang memungkinkan kamera BV9800 memiliki fitur pencitraan thermal. Canggih!

Hasil kamera pencitraan termal BV9800 (TechRadar)
Hasil kamera pencitraan termal BV9800 (TechRadar)

Fitur-fitur fotografi lain yang wajib diketahui yakni Dual LED flash, PDAF, sensor kedalaman, touch-focus, mode potret, beautify, HDR, dan autofokus. Ya, nggak terlalu istimewa dibandingkan HP lainnya. Dan memang, sisi kamera bukan jadi nilai utama yang ditawarkan HP kelas berat ini.

Fitur Tambahan HP Blackview BV9800 Pro

Daya tahan baterai BV9800 (China-Gadgets)
Daya tahan baterai BV9800 (China-Gadgets)

Klaim Blackview terhadap perangkat ini yang menyatakannya sebagai smartphone outdoor bukanlah klaim kosong. Bisa kita lihat dari uraian di atas, fitur-fitur yang sudah ditanamkan mendukung kemampuan ponsel untuk tahan menghadapi berbagai kondisi ekstrik.

Tak boleh ketinggalan, masih ada tambahan fitur-fitu lain yang wajib kamu ketahui. Antara lain baterai berkapasitas 6580 mAh yang memiliki jenis Li-Po non-removable. Bagian baterai juga dibekali fitur fast charging.

Performa daya tahan baterai BV9800 (ExtremeTech)
Performa daya tahan baterai BV9800 (ExtremeTech)

Lolos uji sertifikat IP68 menandakan perangkat ini tahan debu dan air. Terakhir, kamu juga bisa lho mengisi ulang daya baterai secara nirkabel!

Harga Blackview BV9800 Pro Terbaru

Sampai saat ini, harga Blackview BV9800 masih terbilang mahal. Hasil penelusuran penulis, harga paling murah yang bisa kamu dapatkan sebesar Rp 6,1 juta. Di sisi lain, ada pula penjual yang membanderol Blackview BV9800 Pro dengan harga Rp 9 jutaan.

Sayangnya, begitu penulis mencoba website resmi Blackview Indonesia, ternyata seri BV9800 Pro sudah sold out. Hasilnya, penulis pun gagal menemukan harga resmi Blackview BV9800 Pro.

Nah, kalo kamu ingin membandingkan harga Blackview BV9800 Pro terbaru, penulis sudah menyiapkan tautan dari beberapa toko online. Langsung klik aja tautan yang sudah penulis siapkan di bawah, ya.

Kelebihan dan Kelemahan Blackview BV9800 Pro

Harga Blackview BV9800 (China-Gadgets)
Harga Blackview BV9800 (China-Gadgets)

Oleh karena dirancang sebagai handphone outdoor, BV9800 Pro memiliki banyak kelebihan dibandingkan perangkat lain. Tapi, tetap aja ada beberapa kelemahan yang bisa kamu jadikan catatan. Lebih lengkap, begini uraiannya:

Kelemahan

  • Terlalu berat
  • Jumlah kamera ketinggalan dengan HP terkini
  • Chipset terbilang ketinggalan teknologi
HP Blackview BV9800 (ExtremeTech)
HP Blackview BV9800 (ExtremeTech)

Kelebihan

  • Baterai tahan 24 jam
  • Smartphone outdoor dengan harga termurah
  • Dukungan pencitraan infrared
  • Gaming berat lancar
  • Aman dalam berbagai kondisi ekstrim
  • Fitur anti-debu dan anti-air

Spesifikasi Detail HP Blackview BV9800 Pro

Desain

  • Material body plastik dengan tekstur berlapis
  • Dimensi 168.5 x 81 x 14.8 mm
  • Berat 322 gram
  • 2 pilihan warna: Hitam dan Orange

Layar

  • Tipe AMOLED capacitivie touchscreen, scratch resistant, blue light filter, 16M warna
  • Ukuran 6,3 inci, rasio body ke layar 85%
  • Resolusi 1080 x 2340 piksel FHD+
  • Perlindungan layar Corning Gorilla Glass

Dapur Pacu

  • MediaTek Helio P70
  • RAM 6GB
  • ROM 128GB
  • Sistem operasi Android 9.0 Pie, bisa ditingkatkan hingga Android 10
  • GPU Mali-G72 MP3
  • CPU 8 (Octa-core) [4×2.1 GHz Cortex-A75 dan 4×2.0 GHz Cortex-A55]

Kamera

  • Triple-camera

+ Kamera utama 48 MP sensor Sony IMX586 bukaan f/1.79

+ Lensa ultrawide 12 MP

+ lensa 5 MP sensor FLIR Lepton Thermal Imagery

  • Kamera selfie notch  16 MP
  • Fitur PDAF, touch focus, deteksi wajah, mode potret, quick launch, geo-tagging, digital zoom, mode beautify, mode Pro, mode Panorama, HDR

Baterai

  • Li-Ion kapasitas 6.580 mAh
  • Fitur fast charging 18 Wdan wireless charge
  • Output: 9.0V 2.0A 18.0W

Fitur Tambahan

  • In-display fingerprint
  • Face unlock
  • Deteksi tekanan udara
  • Magnetometer
  • Geomagnetik
  • Accelerometer
  • Gyroscope

Harga

  • Rp 6.990.000,- (6GB/128GB)

Kesimpulan

Tampilan belakang Blackview BV9800 (TechRadar)
Tampilan belakang Blackview BV9800 (TechRadar)

Di Indonesia, Blackview jadi satu-satunya vendor yang menyediakan smartphone outdoor. Fakta ini menjadikan performa serta tawaran seri BV9800 Pro terlihat sangat menggoda.

Apalagi, dalam hal harga, seri BV9800 Pro pun diakui paling murah saat dibandingkan dengan produk lain di kelasnya. Ditambah dengan performa yang nggak mengecewakan, HP Blackview BV9800 Pro sangat pas digunakan untuk kamu yang suka berpetualang maupun aktif di lapangan.

Jangan sampai ketinggalan rekomendasi handphone terbaik yang hadir di Droila setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, tips HP Android atau iOS, dan rekomendasi handphone terbaik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like