Review HP Poco F2 Pro: Spesifikasi, Harga Terbaru, Kelebihan dan Kekurangan

Review Poco F2 Pro (Pocket-Lint)
Review Poco F2 Pro (Pocket-Lint)

Sekali lagi, Xiaomi melalui sub-brand Pocophone membuktikan kalo pengguna bisa mendapatkan spesifikasi flagship dengan harga yang cukup terjangkau. Tertarik memiliki? Simak review HP Poco F2 Pro di bawah, ya. Kenali pula bagaimana spesifikasi, harga terbaru, serta kelebihan dan kekurangan yang membuatnya menarik.

Dua tahun lalu, Xiaomi memperkenalkan sub-brand Pocophone. Perangka pertamanya yakni Pocophone F1. Dan melalui perangkat tersebut, perusahaan memperkenalkan kelas baru –dimana kamu bisa mendapatkan fitur-fitur dari premium tanpa menyertakan fitur yang nggak terlalu berguna.

Hasilnya, kita kini bisa mendapatkan kelas HP baru yang disebut flagship killer. Inilah kelas yang biasanya dibekali fitur-fitur sejenis dengan  HP flagship tapi harga yang jauh lebih terjangkau.

Sontak, kehadiran Poco F1 kala itu mendapat sambutan meriah dari masyarakat –terutama pengguna yang pengin mencicip fitur HP Flagship tapi terkendala dana.

Dua tahun berselang, Xiaomi kembali hadir dengan HP flagship killer terbarunya. Diberi nama Poco F2 Pro, ini adalah penerus langsung dari seri pertama.

Sekali lagi, Xiaomi sukses menawarkan beragam fitur unggulan yang dijamin bakal bikin pengguna ngiler untuk memilikinya.

Kamera belakang HP Poco F2 Pro (TechRadar)
Kamera belakang HP Poco F2 Pro (TechRadar)

Review Spesifikasi Poco F2 Pro

Diluncurkan pada bulan Juli 2020 di Indonesia, Poco F2 Pro memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan smartphone flagship terkini. Dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 800 series, RAM dan ROM besar, serta teknologi kamera canggih. Lebih lengkap, begini spesifikasi Poco F2 Pro.

Desain dan Layar

Layar dan desain Poco F2 Pro (Android Authority)
Layar dan desain Poco F2 Pro (Android Authority)

Melihat sekilas, memang ukuran Poco F2 Pro terkesan besar. Dimensi ponsel anyar ini yakni 163,3×75,4×8,9 mm. Sementara beratnya mencapai 219 gram.

Berdasarkan pengalaman pribadi, penulis seringkali merasa kesulitan untuk mengoperasikan Poco F2 Pro menggunakan satu tangan.

Akan tetapi, segi desain terbilang memuaskan. Balutan material kaca di bagian depan dan belakang serta frame alumunium membuat Poco F2 Pro terlihat premium.

Apalagi, masih ada kamera selfie yang menggunakan sensor motoris pop-up. Membuat HP Xiaomi terbaru ini makin terlihat canggih dan kekinian.

Beralihr ke bagian layar, terdapat panel AMOLED dengan lebar 6,67 inci di bagian depan. Memang, baik dari segi ukuran maupun hasil resolusi yang dihasilkan terbilang standar. Kamu bisa menemukannya pada HP flagship killer lain.

Layar depan mampu menghasilkan grafis dengan resolusi 1080 x 2400. Tampilan lebih menawan bakal kamu dapatkan berkat dukungan teknologi HDR10+. Sehingga, beragam jenis konten pun bisa ditampilkan dengan warna yang lebih tajam.

Review Dapur Pacu HP Poco F2 Pro

Performa HP Poco F2 Pro untuk gaming (AndroidAuthority)
Performa HP Poco F2 Pro untuk gaming (AndroidAuthority)

Bagi penulis, salah satu faktor yang membuat Poco F2 Pro terlihat menggoda adalah sektor dapur pacu. Seperti sudah disinggung di atas, HP Poco F2 Pro ditenagai chipset high-end milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865.

Seperti kita tahu, inilah chipset yang banyak dipakai oleh OEM lain untuk menjadi dapur pacu dari HP flagship –yang biasanya dijual dengan harga di atas Rp 10 juta.

Performa Poco F2 Pro (AndroidAuthority)
Performa Poco F2 Pro (AndroidAuthority)

Dan performa dari chipset terbut menjadikan Poco F2 Pro lebih fleksibel menemani berbagai kondisi.

Mulai dari gaming berat –seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact, sampai streaming atau vlogging. FYI, hasil tes Geekbench 5 menunjukkan kalo performa Poco F2 Pro bahkan mengalahkan Xiaomi Mi 10, Motorola Edge Plus, Oppo Find X2 Pro, dan Samsung Galaxy S20 ultra.

Ya, inilah HP yang cukup bertenaga. Dan semua keunggulan tersebut bisa kamu dapatkan dengan biaya kurang dari Rp 7 juta!

Review Kamera HP Poco F2 Pro

Kamera Poco F2 Pro (TechRadar)
Kamera Poco F2 Pro (TechRadar)

Sektor kamera merupakan salah satu bagian yang menjadi keunggulan perangkat ini. Di bagian belakang, kamu bakal menemukan konfigurasi empat kamera yang dibungkus modul berbentuk lingkaran.

Di dalam modul tersebut, kamu juga bisa menemukan LED Flash. Selain itu, masing-masing kamera HP Poco F2 Pro memiliki kemampuan 64MP lensa wide PDAF, 5MP lensa telephoto AF, 13MP lensa ultrawide, dan 2MP sensor kedalaman.

Hasil uji coba tim TechRadar menunjukkan kalo kamera Poco F2 Pro mampu menangkap foto yang cukup memuaskan. Dan semua itu bisa dicapai berkat dukungan dari software pengolahan gambar.

Mode kamera Poco F2 Pro (Android Authority)
Mode kamera Poco F2 Pro (Android Authority)

Sayangnya, tim TechRadar juga menemukan kalo fitur AutoFocus (AF) nggak selalu bekerja secara optimal. Terutama saat dipakai untuk menangkap subyek tertentu, hasil kamera cenderung kabur dan goyah.

Terlepas dari kelemahan tersebut, pemiliki Poco F2 Pro patut berbangga hati. Bagaimana tidak, tampilan canggih bisa didapat berkat dukungan kamera selfie berkemampuan 20MP yang dibungkus modul dengan sensor motoris pop-up.

Harga HP Poco F2 Pro Terbaru

Kelebihan dan kekurangan Poco F2 Pro (TehcRadar)
Kelebihan dan kekurangan Poco F2 Pro (TehcRadar)

Berdasarkan pencarian penulis pada website resmi Xiaomi Indonesia, tim Droila menemukan kalo harga HP Poco F2 Pro terbaru dibanderol Rp 6,599 juta. Selisih Rp 500 ribu dengan harga saat HP Xiaomi terbaru ini diperkenalkan di publik.

Beruntungnya, kamu bisa menemukan pilihan harga Poco F2 Pro terbaru yang lebih banyak lewat toko online. Dan kalo kamu tertarik untuk membeli, penulis sudah siapkan tautan menuju enam toko online yang menjual produk ini.

Kelebihan dan Kelemahan Poco F2 Pro

Kamera belakang Poco F2 Pro (Android Authority)
Kamera belakang Poco F2 Pro (Android Authority)

Di atas, penulis sudah menguraikan bagaimana review spesifikasi Poco F2 Pro. Dan dari uraian di atas, kita bisa menyimpulkan kalo ini adalah HP Xiaomi terbaru paling bertenaga dan bisa diandalkan cukup lama.

Tapi, bukan berarti ponsel anyar ini hadir tanpa kekurangan, ya. So, agar kamu nggak merasa tertipu, simak deh bagaimana kelebihan dan kekurangan Poco F2 Pro yang sudah penulis rangkum dari berbagai sumber.

Kekurangan

  • Ukurannya cukup besar dan berat
  • HP cepat panas
  • Butuh jenis headphone tertentu kalo kamu pengin streaming atau ikut webinar pakai HP ini.
  • Nggak memiliki fitur charging nirkabel
  • Tanpa dukungan anti air

Kelebihan

  • HP flagship killer yang harganya benar-benar terjangkau.
  • Layar anti gores dan nggak mudah pecah berkat perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5
  • Desain menawan dan berhasil menampilkan kesan premium
  • Daya tahan baterai panjang
  • Sudah mendukung koneksi 5G

Spek Detail Kagura 2020

HP Poco F2 Pro (AndroidAuthority)
HP Poco F2 Pro (AndroidAuthority)

Desain
– Frame alumunium dengan balutan material kaca di bagian depan dan belakang
– Dimensi HP 163,3 x 75,4 x 8,9 mm
– Berat 219 gram
– Empat pilihan warna: Neon Blue, Phantom White, Electric Purple, Cyber Gray
Layar
– Panel AMOLED
– Lebar 6,77 inci dengan rasio body ke layar 87,3%
– Resolusi 1080 x 2400 piksel
– HDR10+
– Corning Gorilla Glass 5
Dapur Pacu
– Chipset Qualcomm Snapdragon 865
– GPU Adreno 650
– RAM 6GB/8GB
– ROM 128GB/256GB
– CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
– Android 10, bisa di-upgrade ke Android 11
– OS Antarmuka MIUI 12
Kamera
– Quad-camera di bagian belakang (64MP lensa wide, 5MP lensa makro telefoto, 13MP lensa ultrawide, 2MP sensor kedalaman
– Kamera depan terletak di sensor motoris pop-up berkemampuan 20MP
– Gyro-EIS
– Video [email protected]/30fps, [email protected]/60fps, [email protected]/60/120/240fps, [email protected]; gyro-EIS (kamera belakang)
Harga
– Rp. 6.599.000,-

Kesimpulan dan Review HP Poco F2 Pro

Desain Poco F2 Pro (AndroidAuthority)
Desain Poco F2 Pro (AndroidAuthority)

Kalo kamu mencari HP Android terbaik dengan harga kelas menengah, maka Poco F2 Pro adalah ponsel yang kamu cari.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan tanpa khawatir perangkat jadi lambat atau panas. Ya, performa dari chipset Snapdragon 865 benar-benar optimal untuk pemrosesan maupun konsumsi daya tahan baterai.

Memang, ada beberapa kekurangan Poco F2 Pro yang wajib diketahui. Tapi tenang aja, bukan jenis kekurangan yang bakal mengurangi pengalamanmu ketika menggunakan perangkat ini, kok.

Usai sudah review HP Poco F2 Pro kali ini. Semoga uraian di atas bisa membantumu mendapatkan perangkat terbaik dan sesuai dengan dana yang sudah disiapkan.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapat pemberitahuan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android atau iPhone langsung di inbox email-mu.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like