Review HP Vivo V20: Spesifikasi, Harga Terbaru 2020, Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan dan kekurangan Vivo V20 (Smartprix)
Kelebihan dan kekurangan Vivo V20 (Smartprix)

HP Vivo V20 hadir di Indonesia untuk mengisi kompetisi di kelas menengah. Tawarkan konfigurasi tiga kamera belakang dengan satu depan, apakah HP harga 4 jutaan ini mampu bersaing dengan perangkat lainnya? Yuk simak bagaimana spesifikasi, harga terbaru 2020, serta kelebihan dan kekuranan Vivo V20.

Citra HP dengan kemampuan kamera mengagumkan tetap dipegang teguh oleh perusahaan. Meskipun hadir dengan komposisi kamera yang lebih sedikit dibanding HP lain di kelasnya, bukan berarti untuk hasil jepretan pun kurang.

Ya, berkat dukungan teknologi fotografi Vivo, pengguna bisa merasakan kemudahan dalam mengambil foto yang indah. Dan semua itu bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 4 jutaan saja.

Nah, untuk kamu yang sedang mempertimbangkan upgrade HP dengan budget tersebut, HP Vivo V20 bisa dijadikan pilihan. Tapi, sebelumnya, simak dulu review di bawah, ya. Pahami pula bagaimana kelebihan dan kekurangan dari HP kelas menengah Vivo ini.

HP Vivo V20 (VivO0
HP Vivo V20 (VivO0

Spek Vivo V20

Selain membekali produk terbarunya ini dengan komponen-komponen canggih dan terkini, HP Vivo terbaru ini juga sudah menjalankan Android 11. Dan sekali lagi, Vivo terbilang sangat teliti dalam merancang desain serta tampilan. Alhasil, menjadikan Vivo V20 sebagai HP harga 4 jutaan yang menawan untuk dimiliki. Lebih lengkap, begini uraian spek Vivo V20.

Desain dan Layar

Layar AMOLED Vivo V20 (Vivo)
Layar AMOLED Vivo V20 (Vivo)

HP Vivo V20 dibekali layar bertipe AMOLED; yang mampu menghasilkan warna hitam pekat dengan kontras tinggi. Memang, Vivo V20 nggak mampu menghasilkan grafis dengan tingkat refresh rate tinggi. Tapi bukan berarti kualitas grafis biasa saja.

Transisi UI dengan animasi terkesan kece. Dengan begitu, panel dengan refresh rate 60Hz pun nggak terlalu jadi persoalan.  Dan sebagaimana umumnya HP terkini, Vivo V20 dibekali layar berukuran 6,44 inci yang mampu menghasilkan grafis beresolusi 6,44 inci.

Barangkali, ada beberapa pengguna yang bakal sedikit kecewa dengan desain. Sekalipun kesan premium berhasil diberikan ponsel anyar ini, penggunaan notch berkonsep water-drop membuatnya kurang terlihat kekinian. Sedangkan di bagian belakang, kamu bakal menemukan modul berbentuk persegi yang berisi tiga kamera serta Dual-LED Flash.

Chipset dan Performa Gaming Vivo V20

Game Assistant Vivo V20 (Vivo)
Game Assistant Vivo V20 (Vivo)

Untuk sektor hardware, Vivo V20 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 720G serta RAM 8GB dengan ROM 128GB. Kombinasi dapur pacu tersebut menjadikan Vivo V20 memiliki performa yang cukup bertenaga di kelas menengah.

Penulis menguji coba Vivo V20 untuk memainkan game Android berat; contohnya seperti PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, serta Genshin Impact. Hasilnya, penulis bisa mendapatkan grafis HD dengan frame rate High pada game PUBG.

Gaming PUBG Mobile pada Vivo V20 (Gadgetren)
Gaming PUBG Mobile pada Vivo V20 (Gadgetren)

Hasil yang sama juga penulis dapatkan kala bermain game sejenis lain; seperti Mobile Legends, Call of Duty Mobile, Free Fire, League of Legends: Wild Rift. Akan tetapi, untuk game Genshin Impact, baiknya sih dimainkan dengan grafis menengah. Sehingga pengalaman lebih lancar tanpa lag atau freeze.

Kamera Vivo V20

Kamera belakang (Vivo)
Kamera belakang (Vivo)

Pembahasan kamera kali ini kita mulai dari kamera selfie. Lensa bagian depan dibungkus notch berbentuk waterdrop. Kamera depan berkemampuan 44MP dibekali fitur Eye Autofocus. Ini merupakan hasil penggabungan antara fitur Eye Tracking dan Autofocus. Dan fitur ini dipakai untuk fitur keamanan face recognition.

Sedangkan di bagian belakang, kamu bakal menemukan kombinasi dari tiga kamera belakang. Masing-masing terdiri dari lensa PDAF wide 64MP yang berfungsi sebagai kamera utama, lensa ultrawide 8MP multimode, serta sensor kedalaman 2MP  mono.

Masing-masing lensa dibekali fitur yang mampu memaksimalkan pengalaman fotografi pengguna. Apalagi, kamu juga bisa memanfaatkan filter bawaan yang bisa diakses lewat menu Night Mode; contohnya seperti filter Blue Ice, Cyberpunk, Black & Gold, dan Green Orange.

Dengan filter-filter tersebut, kamu nggak perlu khawatir untuk menghasilkan foto-foto malem yang estetik. Tinggak tap-tap layar, lalu bagikan di media sosial!

Harga Vivo V20 Terbaru 2020

Desain Vivo V20 (Vivo)
Desain Vivo V20 (Vivo)

Sayangnya, sampai saat ini perusahaan belum menurunkan harga Vivo V20. Berdasarkan penelusuran penulis di website resmi Vivo Indonesia, harga Vivo V20 terbaru 2020 masih dibanderol Rp 4,999 juta.

Akan tetapi, untuk kamu yang ingin mendapatkan harga lebih miring, bisa kok berburu di beberapa toko online. Dan supaya kamu nggak perlu mencari, langsung klik aja tautan toko online yang ada di bawah. Penulis sudah menyiapkan beberapa toko online yang menawarkan harga Vivo V20 terbaru paling menarik.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V20

Kelebihan Vivo V20 (Smartprix)
Kelebihan Vivo V20 (Smartprix)

Harus diakui, tahun ini Vivo sukses meluncurkan HP terbaru yang terbilang bertenaga. Memang, dalam hal kompetisi hardware, masih ada perangkat lain yang lebih menggoda. Tapi, untuk penggemar, HP Vivo V20 terbilang yang paling menggoda.

Akan tetapi, bukan berarti perangkat ini tanpa cela. Dan agar kamu nggak merasa kecewa di akhir, ketahui dulu bagaimana kelebihan dan kekurangan Vivo V20. Ini uraiannya.

Kekurangan

  • Nggak punya display dengan refresh rate tinggi
  • Kemampuan kamera ultrawide kurang memuaskan
  • Performa terbilang kurang jika dibandingkan dengan kompetitor dengan harga yang sama

Kelebihan

  • Tipis dan mempunya desain stylish
  • Layar OLED yang cerah dan sudah disesuaikan untuk beragam kebutuhan terkini
  • Daya tahan baterai panjang
  • RAM 8GB dengan ROM 128GB
  • Kamera utama hasilnya memuaskan
  • Funtouch 11 yang dibuat berdasarkan Android 11 performanya lebih memuaskan dibanding versi sebelumnya
Kamera belakang Vivo V20 (Vivo)
Kamera belakang Vivo V20 (Vivo)

Spesifikasi Detail Vivo V20

Desain

  • Frame plastik dengan body dari material kaca
  • Dimensi 161.3 x 74.2 x 7.4 mm
  • Berat 171 gram
  • Tiga pilihan warna HP: Sunset Melody, Moonlight Sonata, Midnight Jazz

Layar

  • Tipe AMOLED
  • Lebar 6,4 inci dengan rasio body ke layar 83,7%
  • Resolusi 1080×2400 piksel

Dapur Pacu

  • Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
  • RAM 8GB
  • ROM 128GB
  • GPU Adreno 618
  • CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)

Kamera

  • Tiga kamera belakang: 64MP f/1.89 + 8MP f/2.2 (Super Wide-Angle/Super Macro/Bokeh) + 2MP f/2.4(Mono)
  • Kamera selfi 44MP, AF, f/2.0

Baterai

  • Li-Po 4000 mAh, non-removable
  • Fast charging 33W

Fitur Tambahan

  • Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Dual-band Wi-Fi, Bluetooth 5.1, Navic, 3.5mm audio jack, dual 4G dual VoLTE

Harga

  • Rp. 4.999.000,-

Kesimpulan dan Review Vivo V20

Review Vivo V20 (Smartprix)
Review Vivo V20 (Smartprix)

Apakah Vivo V20 cukup bertenaga di kelas menengah? Menurut penulis jawabannya adalah Ya. Lalu, bagaimana HP Vivo V20 jika disejajarkan dengan perangkat lain di kelasnya. Nah, kalo ini, ada dua jawaban yang bisa penulis sampaikan.

Jika kamu begitu ketat mencari perangkat yang menawarkan pengalaman terbaik, Vivo V20 barangkali bukanlah pilihan tepat. Dengan harga hampir Rp 5 jutaan, ada beberapa pilihan lain yang lebih bertenaga. Contohnya adalah Samsung Galaxy A51 (review).

Tapi, di sisi lain, Vivo V20 bisa jadi perangkat yang paling ditunggu penggemar setia. Bagaimana tidak, beragam fitur canggih dan terkini bisa kamu dapatkan dari perangkat harga 4 jutaan ini.

Nah, itulah review singkat mengenai HP Vivo V20. Semoga uraian di atas bisa membantumu mengambil keputusan sebelum membeli HP terbaru, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iPhone yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like