Review HP Oppo A15: Performa Kamera Memuaskan Cuma 2 jutaan!

Spesifikasi Oppo A15 (YouTube)
Spesifikasi Oppo A15 (YouTube)

Beberapa hari lagi HP Oppo A15 resmi dijual. Dibanderol harga Rp 2 jutaan, ponsel baru ini ditujukan untuk mengisi kompetisi di kelas menengah. Didukung kamera mengagumkan dengan fitur AI Scene Enchancement, pengguna bisa mendapatkan layanan flagship pada perangkat yang dibanderol murah. Tapi, sebelum beli, simak dulu review spesifikasi dan harga Oppo A15 di bawah, ya.

Dunia gelap. Pandemi dan kematian membayangin hidup manusia. Ekonomi terhenti. Industri istirahat sejenak. Dan banyak pekerja, siswa, serta pengusaha yang terpaksa berkegiatan dari rumah.

Di tengah himpitan keadaan yang begitu sesak ini, kemunculan HP Oppo murah tentu jadi kabar gembira tersendiri. Seakan-akan jadi solusi yang diberikan secara cuma-cuma kepada setiap manusia yang ingin mendapatkan layanan canggih tapi harga terjangkau.

Yang mengagumkan, Oppo nggak Cuma meluncurkan satu produk aja di kelas ini. Berdasarkan penghitungan penulis di website resmi Oppo Indonesia, selama tahun 2020 ini perusahaan sudah meluncurkan total delapan HP murah –yang dijual dalam rentang harga Rp 1 jutaan hingga Rp 3 jutaan.

Dan salah satu yang paling mencuri perhatian adalah Oppo A15. Bagaimana tidak, HP Oppo A15 dibekali spesifikasi yang terbilang mumpuni untuk kelas HP harga  2 jutaan. Terutama  untuk bagian kamera –yang jadi fokus ulasan kali ini.

Nah, untuk kamu yang tertarik beli Oppo A15 terbaru, simak dulu ulasan Droila di bawah ini, ya. Pahami bagaimana spesifikasi, harga terupdate, serta kelebihan dan kelemahan HP Oppo terbaru ini.

HP Oppo A15 (Oppo)
HP Oppo A15 (Oppo)

Spek Oppo A15

Beberapa fitur kunci Oppo A15 yakni baterai 4.230 mAh, chipset MediaTek Helio P35, serta layar yang mampu menyajikan resolusi HD+. Selain itu, simak terus uraian di bawah, Gan.

Layar dan Desain

Desain Oppo A15 (92mobiles)
Desain Oppo A15 (92mobiles)

Memandang sekilas, kamu mungkin nggak menyangka kalo Oppo A15 dibanderol harga Rp 2 jutaan saja. Desain yang terlihat premium dengan hiasan modul yang membungkus kamera belakang –sesuatu yang tengah jadi tren untuk HP kelas menengah saat ini.

Kamu bisa menemukan sensor sidik jari yang terletak tak jauh dari modul kamera. Yang jelas, sudah dirancang agar sesuai dengan ukuran tangan masyarakat Indonesia. Sehingga, bisa memudahkanmu ketika membuka atau mengunci layar, bukan?

Di bagian depan, Oppo A15 menggunakan layar IPS LCD yang mampu menghasilkan gambar beresolusi 720 x 1600 piksel. Terdapat notch berbentuk water drop yang mewadahi kamera selfie 5MP. Selain itu, masih ada fitur dukungan yang membuat HP terkesan makin canggih, yakni fitur AI Brightness.

Fitur itu bekerja layaknya fitur adaptive brightness dari Android 10. Hanya saja sudah disesuaikan agar bekerja lebih maksimal dan sesuai dengan Oppo A15.

Chipset dan Performa HP Oppo A15

Performa HP Oppo A15 (Oppo)
Performa HP Oppo A15 (Oppo)

Mencermati komponen bagian dalam, kamu bakal dibuat terpukau. Soalnya, HP kelas menengah Oppo ini dibekali chipset MediaTek Helio P35. FYI, inilah jenis chipset yang diklaim MediaTek mampu menghasilkan performa gahar dengan konsumsi jauh lebih rendah dibandingkan kompetitor lain di kelasnya.

Dan keuntungan itu dimaksimalkan oleh Oppo untuk produk ini. Alhasil, kamu bisa menikmati konten multimedia dengan warna yang lebih tajam dan jernih. Sebuah keuntungan yang menarik dari HP harga 2 jutaan, bukan?

Di samping itu, Oppo juga menanamkan teknologi Hyper Boost 2.1. Perlu kamu tahu, ini adalah teknologi yang mampu meningkatkan performa gaming perangkat. Soalnya, bisa meningkatkan responsivitas sentuhan layar. Ya, ucapkan selamat tinggal pada julukan slow-hand, Gan!

Kamera Oppo A15

Kamera Oppo A15 (Oppo)
Kamera Oppo A15 (Oppo)

Meskipun jarang dibahas oleh media lain, menurut penulis kamera Oppo A15 merupakan salah satu fitur yang paling menawan. Bahkan, layak disebut sebagai kamera terbaik untuk HP harga Rp 2 jutaan.

Memang, untuk kamu belakang, kamu hanya mendapatkan konfigurasi tiga kamera. Jumlah yang kalah dari produk lain yang harganya sekelas; misal Realme 7i atau Realme 5 yang kini sudah turun harga.

Tapi, kalo membicarakan fitur, sulit mencari kompetitor yang sebanding dengan perangkat ini. Ketiga kamera Oppo A15 terdiri dari 13MP lensa utama, 2MP sensor makro, dan 2MP lensa bokeh.

Didukung dengan fitur AI Enchancement, pengguna bisa mendapatkan hasil jepretan yang menawan tanpa banyak upaya. Ya, cukup arahkan kamera ke objek, biarkan AI melakukan fokus secara otomatis, lalu simpan.

Semudah membalikkan telapak tangan, bukan?

Harga HP Oppo A15 Terbaru

Harga Oppo A15 (Oppo)
Harga Oppo A15 (Oppo)

Melansir Seluler, Oppo Indonesia baru mulai menjual ponsel terbarunya ini pada hari Jumat (27/11) kemarin. Oleh perusahaan, harga Oppo A15 dibanderol Rp 1,999 juta.

Nah, kalo kamu pengin mendapatkan harga yang lebih murah, bersyukurlah. Bisa kok membeli HP garansi distributor. Dan berdasarkan penelusuran penulis pada beberapa toko online, sudah ada toko yang menjual Oppo A15 terbaru dengan harga yang jauh lebih murah.

Tertarik beli? Langsung klik salah satu tautan yang akan membawamu masuk ke toko online yang ada di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15

Kelebihan Oppo A15 (Oppo_
Kelebihan Oppo A15 (Oppo_

Bisa dibilang kalo perusahaan sudah membekali banyak sekali peningkatan pada HP murah ini. Meskipun begitu, tetap kurang fair rasanya jika penulis hanya menyampaikan kelebihan Oppo A15 sejak awal hingga akhir nanti.

Nah, berdasarkan uji coba penulis, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A15 yang wajib kamu ketahui. Mau tahu?

Kekurangan

  • Chipset MediaTek Helio P35 masih terasa ‘nanggung’ terutama kalo melihat persaingan HP harga 2 jutaan
  • Tanpa dukungan NFC
  • Masih menggunakan port micro USB, ketika produk lain sudah mulai menerapkan port Type-C
  • Hasil fotografi malam mengecewakan
  • Konsumsi baterai cukup boros
ColorOS 7.2 pada Oppo A15 (Oppo)
ColorOS 7.2 pada Oppo A15 (Oppo)

Kelebihan

  • Desain premium dan berkelas
  • Hasil foto siang hari mengagumkan
  • Sensor sidik jari yang terbilang kencang
  • Harga terjangkau
  • Didukung Android 10
  • Sudah didukung fitur fast charging 10W

Spesifikasi Lengkap Oppo A15

Desain

  • Frame dan body belakang dibuat dari material plastik
  • Dimensi 164 x 75.4 x 7.9 mm
  • Berat 175 g
  • Dua pilihan warna: Mystery Blue dan Dynamic Black

Layar

  • Tipe IPS LCD, 480 nits
  • Lebar 6,52 inci dengan rasio body ke layar 83%
  • Resolusi 720 x 1600 piksel
  • Waterdrop Eye Protection Screen

Dapur Pacu

  • Chipset MediaTek Helio P35
  • GPU PowerVR GE8320
  • RAM 3GB
  • ROM 32GB
  • CPU Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • OS Android 10
  • ColorOS 7.2

Kamera

  • Konfigurasi triple-kamera

+ 13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF

+ 2 MP, f/2.4, (macro)

+ 2 MP, f/2.4, (depth)

  • Fitur AI Enchancement, AI Beautification, HDR, Potret Bokeh, lensa makro
  • Kamera selfie 5 MP, f/2.4, (wide)

Baterai

  • Li-Po 4230 mAh, non-removable
  • Fast charging 10W

Harga

  • Rp. 1.999.000,- (harga resmi)

Kesimpulan

Unboxing Oppo A15 (Smartprix)
Unboxing Oppo A15 (Smartprix)

Di balik desain berkelas dan premium yang kamu dapatkan, layak tentunya jika menyebut Oppo A15 sebagai HP pilihan untuk kamu yang menyediakan budget 2 jutaan. Dengan harga tersebut, kamu mendapat HP kamera terbaik di kelasnya.

Memang, kamu bakal langsung menemukan kelemahannya jika membandingkan Oppo A15 dengan perangkat sekelas. Contoh paling kentara adalah dukungan chipset serta jumlah kamera. Tapi, kalo kamu mencari hasil yang sudah teruji benar-benar memuaskan, produk Oppo menawarkan hal tersebut, bukan?

Nah, usai sudah uraian hari ini mengenai review HP Oppo A15. Semoga ulasan di atas bisa membantumu untuk memantabkan pilihan, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iPhone lainnya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like