Review Huawei P30 Lite: Masih Relevan Nggak Ya Buat Saat Ini?

Harga Huawei P30 Lite (TechRadar)
Harga Huawei P30 Lite (TechRadar)

Diluncurkan tahun 2019, Huawei P30 Lite pernah jadi dambaan banyak pengguna. Tapi, yah, pada saat itu. Lalu, apakah HP flagship versi ekonomis dari Huawei ini masih relevan untuk saat ini? Yuk simak review Huawei P30 Lite di bawah.

Dari julukan ‘Lite’ yang terletak di bagian belakang, bisa disimpulkan kalo ini merupakan versi paling irit dari trio Huawei P30. Diperkenalkan pada tahun 2019, harganya saat itu bahkan dibanderol hampir setengah dari harga standar P30 dan P30 Pro!

Sebagai ganti harga yang lebih irit, kamu mendapatkan kamera serta CPU yang kurang bertenaga. Namun, banderol harga Rp 5 jutaan tentu dirasa cukup dan memuaskan. Apalagi kalo mengingat fitur-fitur unggulan yang sudah ditanamkan perusahaan.

Hanya saja, apakah performa serta desain Huawei P30 Lite masih menggoda untuk tahun 2021 ini? Apalagi, kini sudah tersedia lebih banyak pilihan HP harga 5 jutaan.

Kalo kamu penasaran, simak review Huawei P30 Lite di bawah. Penulis bakal mengupas tuntas bagaimana spesifikasi P30 lite, harga terbaru, kelebihan dan kekurangan, serta posisinya di dalam persaingan.

Review Huawei P30 Lite (TrustedReviews)
Review Huawei P30 Lite (TrustedReviews)

Spesifikasi Huawei P30 Lite

Terlepas dari spesifikasi yang sudah diturunkan kualitasnya, harus diakui kalo Huawei P30 Lite adalah flagship killer yang cukup bertenaga. Dibalut dengan desain premium, HP flagship Huawei ini masih terlihat menawan sekalipun dijejerkan dengan ponsel terkini.

Nah, sebelum penulis menguraikan bagaimana review Huawei P30 Lite, yuk kenali dulu spesifikasi ponsel ini.

Desain dan Layar

Desain belakang Huawei P30 Lite (TrustedReviews)
Desain belakang Huawei P30 Lite (TrustedReviews)

Ukuran yang nggak terlalu besar serta desain penuh gaya. Dengan layar berukuran 6,15 inci, HP P30 Lite terasa lebih nyaman di tangan ketimbang kompetitor yang diluncurkan bebarengan –yakni OnePlus 7 atau Huawei P30 Pro.

Apalagi, dengan ukuran yang nggak terlalu besar itu, kamu masih bisa mendapatkan sensasi premium. Memang, kerangka P30 Lite dibuat dari material plastik. Tapi, body depan dan belakang yang dibungkus gelas kaca mengesankan bahan metal yang kokoh dan berkelas.

Layar IPS LCD Full HD+ yang ditanamkan perusahaan sanggup menghantarkan grafis dengan resolusi 1080 x 2312. Dari segi kualitas grafis memang nggak perlu diragukan.

Tapi, pemilihan IPS LCD tentu terasa kurang. Apalagi kalo kita bandingkan dengan HP harga 5 jutaan lainnya –yang rata-rata sudah dibekali layar AMOLED. Sekali lagi, ini adalah konsekuensi dari penurunan harga.

Dapur Pacu dan Performa

Tampilan software P30 Lite (TrustedReviews)
Tampilan software P30 Lite (TrustedReviews)

Memang, saat ini rata-rata HP Huawei sudah menjalankan Huawei Mobile Services. Perbedaan yang mungkin jadi kendala bagi beberapa pengguna. Dan beruntungnya, HMS nggak bakal kamu temui pada Huawei P30 Lite.

Sudah dikonfirmasi perusahaan melalui laman layanan konsumen Huawei kalo semua HP P30 series menjalankan Android 10 dengan dukungan Google Play Store. Sehingga, kamu pun nggak perlu khawatir mempelajari OS Huawei, bukan?

Sama seperti varian lain dari P30 series, P30 Lite ditenagai chipset HiSilicon Kirin 710. Dari segi performa dan tenaga, chipset ini 5% lebih tinggi dibandingkan MediaTek helio P65. Selain itu, chipset ini juga menggungguli Snapdragon 710 melalui hasil penghitungan Geekbench 4.

FYI, chipset Kirin 710 memiliki CPU empat inti yang tersusun dengan struktur mid-range. Artinya, dari segi performa sebenarnya Huawei P30 Lite lebih layak dimasukkan ke dalam HP kelas menengah.

Artinya, kamu bisa bebas menjalankan berbagai game berat tapi dengan grafis yang belum rata kanan. Begitu pula kalo dipakai untuk kerja grafis, Huawei P30 Lite cukup mumpuni untuk menemani aktivitasmu.

Kamera Huawei P30 Lite

Kamera belakang (TrustedReviews)
Kamera belakang (TrustedReviews)

Review Huawei P30 Lite selanjutnya beralih ke bagian kamera. Seperti sudah disinggung, kamera Huawei P30 Lite ada tiga. Dan konfigurasi tiga kamera inilah yang juga menjadi daya tarik perangkat.

Sensor utama berkemampuan 48MP. Selain itu masih ada dukungan 13MP lensa ultrawide dan 2MP sensor kedalaman. Sayangnya, kamu nggak bakal menemukan lensa zoom dari ponsel ini.

Performa kamera P30 Lite (Trusted Reviews)
Performa kamera P30 Lite (Trusted Reviews)

Berita buruknya, kamu juga nggak bakal menemukan dukungan lensa Leica pada Huawei P30 Lite. Lensa kamera berteknologi Jerman itu cuma ditanamkan pada P30 dan P30 Pro saja.

Alhasil, kualitas jepretan kamera P30  Lite pun jauh kalo kita bandingkan dengan saudaranya –Huawei P30 Pro.

Harga Huawei P30 Lite Terupdate

Kelebihan dan kekurangan Huawei P30 Lite (TehcRadar)
Kelebihan dan kekurangan Huawei P30 Lite (TehcRadar)

Saat pertama kali diluncurkan, perusahaan memberi harga Huawei P30 Lite sebesar Rp 4,299 juta. Namun, pada bulan Oktober, Huawei Indonesia pun menurunkannya jadi Rp 3,499 juta.

Bisa dibilang ini adalah penurunan harga yang cukup menguntungkan. Membuat Huawei P30 Lite tetap kompetitif di pasar, karena harga yang terbilang nggak murah untuk spesifikasi mewah yang sudah ditanamakan.

Nah, untuk pembaca yang tertarik memiliki, berikut ini adalah daftar harga Huawei P30 Lite terbaru dari berbagai toko online. Cekidot aja, ya.

Kesimpulan: Apakah Masih Relevan untuk Saat Ini?

Spesifikasi Huawei P30 Lite (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi Huawei P30 Lite (Dok.Istimewa Droila)

Kalo kamu pengin perangkat berkelas dengan harga terjangkau, Huawei P30 Lite masih jadi salah satu yang terdepan untuk dipertimbangkan. Tawaran desain premium dan trendi membuat ponsel ini masih kompetitif –bahkan pada awal tahun 2021 ini.

Memang, HP kelas menengah tengah membuat lompatan teknologi. Kamu makin mudah menemukan HP berpeforma tinggi, desain apik, tapi dijual dengan harga yang cukup masuk akal.

Maka, keputusan Huawei Indonesia untuk menurunkan harga Huawei P30 Lite pada bulan Oktober lalu cukup strategis. Menguntungkan bagi perusahaan dan penggemar. Soalnya, membeli Huawei P30 Lite jadi lebih mudah dan murah.

Dan sekalipun teknologinya bukanlah yang terbaru, P30 Lite masih layak dipakai dan mampu menemani beragam aktivitasmu. Apalagi, beberapa toko online sudah menjual P30 Lite dengan harga Rp 3 jutaan, lho. Makin menguntungkan, bukan?

Desain Huawei P30 Lite (TrusedReviews)
Desain Huawei P30 Lite (TrusedReviews)

Kekurangan

  • Daya tahan baterai kurang
  • Hasil kamera Mode Malam kurang optimal
  • Speaker mono
  • Tanpa dukungan rekaman video 4K
  • Cenderung mahal untuk HP dengan chipset sekelasnya.

Kelebihan

  • Desain mengagumkan, cocok mewakili Huawei P30 series
  • Layar berukuran lebar namun ringan
  • Performa CPU cukup untuk gaming berat
  • Hasil kamera portrait memuaskan
  • Hasil kamera selfie bagus

Nah, itulah hasil review HP Huawei P30 Lite versi Droila. Semoga uraian di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan sebelum beli HP baru, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like