Review Indonesia Game Cyberpunk 2077: Berpotensi Menarik dan Asik, Tapi Banyak Bug dan Masalah Teknis!

Balapan motor pada game Cyberpunk 2077 (Gamerant)
Balapan motor pada game Cyberpunk 2077 (Gamerant)

Puja dan puji sudah dicecap game Cyberpunk 2077 dan pengembangnya, CD Projekt Red. Ingin membuktikan pendapat umum tersebut, penulis mencoba memainkan game RPG ini. Penasaran bagaimana review Indonesia game Cyberpunk 2077? Simak ulasan di bawah, ya

Dari seluruh game yang dirilis tahun 2020, game berjudul Cyberpunk 2077 bisa dibilang sebagai salah satu yang paling dinantikan. Bagaimana tidak, project pengembangan game sudah berlangsung hampir satu dekade!

Pengembang turut menjanjikan permainan dengan latar belakang kota yang benar-benar hidup serta bebas dieksplorasi. Dilengkapi dengan pilihan karakter yang beragam, game ini bahkan disebut mampu meredefinisi jenis game RPG.

Tapi, setelah menghabiskan waktu hingga puluhan jam, Droila menemukan jika sebagian besar janji hanyalah klaim kosong semata.

Gameplay Cyberpunk 2077

Dalam permainan ini, pemain bakal memerankan karakter bernama V. Nah, untuk muasal serta latar belakang dari V, bergantung dari pilihan pengguna pada awal permainan. Dari piilhan tersebut, cerita permainan akan disajikan melalui tiga sudut pandang serta alur yang berbeda.

Terdapat tiga pilihan karakter yang disediakan. Antara lain Nomad, Corpo, dan Street Kid. Masing-masing memiliki jalan cerita yang berbeda, dengan gameplay yang berbeda pula.

Di tengah permainan, alur akan terus berubah. Bergantung pada setiap pilihan yang dipilih oleh pemain. Tentu saja, jika kamu memilih satu jenis jalan cerita, kecil kemungkinan kamu bisa mengetahui jalan cerita yang lainnya.

Inovasi dari gaya bercerita inilah yang membuat Cyberpunk 2077 demikian menarik. Bahkan, penulis menemukan banyak momen di mana penulis merasa sulit untuk menghentikan permainan. Terutama momen ketika kita selesai menentukan pilihan.

Rasa penasaran bakal membuatmu terus bertahan dan memainkan game ini sepanjang malam!

Tentu cerita saja terasa kurang untuk membuat game ini banyak mendapatkan pujian. Pun dari segi gameplay, tak ada banyak perubahan sepanjang permainian.

V, karakter game Cyberpunk 2077 (Gamerant)
V, karakter game Cyberpunk 2077 (Gamerant)

Game ini mengisahkan karakter V yang hidup di tengah kota bernunasa masa depan. Kota itu bernama Nigh City. Dan dari kota ini, kita, sebagai pemain, bisa melihat gambaran dunia masa depan yang penuh hal canggih, dengan kondisi sosial mengerikan.

Melihat setting Kota serta gameplay, kamu seperti memainkan game yang menggabungkan unsur Grand Theft Auto dengan Deus Ex. Di samping itu, terdapat pula unsur film Blade Runner serta Ghost in the Shell. Yang jelas, nuansa kota post-apocalypse begitu kental dan mendebarkan.

Sebagaimana game GTA, kamu akan diberi berbagai jenis tugas. Mulai dari tugas sederhana berupa mengantarkan barang atau seseorang, hingga tugas kompleks yang memaksamu menghabisi sekelompok musuh.

Untuk meningkatkan nuansa aksi dari game ini, pengembang sudah menyediakan beragam pilihan senjata serta kendaraan. Tentu setiap alat yang tersedia sudah dirancang untuk memperkuat kesan masa depan yang suram dan gelap.

Kota Night City (Gamerant)
Kota Night City (Gamerant)

Selayaknya game RPG pada umumnya, perkembangan karakter jadi fitur permainan –selain peta yang luas dan bebas dieksplorasi. Sedangkan dalam game Cyberpunk 2077, kamu bisa meningkatkan kemampuan (skill) karakter menggunakan skill point.

Jenis poin ini diperoleh ketika tokoh utama menyelesaikan misi serta mengumpulkan EXP Poin. Nah, seiring level karakter yang meningkat, semakin banyak pula jenis teknologi canggih yang bisa digunakan.

Dan karena mengusung konsep RPG pula, setiap pemain dibebaskan untuk beraktivitas di dalam permainan. Kamu bisa grinding level atau item, menyelesaikan misi, atau sekadar menjelajahi setiap lokasi.

Masalah Demi Masalah Teknis dan Bug yang Terus Bermunculan

Review Indonesia game Cyberpunk 2077 (Gamerant)
Review Indonesia game Cyberpunk 2077 (Gamerant)

Tampaknya, pengembang game Cyberpunk 2077, CD Projekt Red, meluncurkan produk yang belum siap digunakan. Bagaimana tidak, usai peluncuran game, banyak pemain menemukan bug serta masalah teknis.

Gamerant mencatat, ada beragam masalah yang dikeluhkan pemain melalui situs forum Reddit. Saking banyaknya glitch serta bug yang ditemukan, pemain pun menjadikannya sebagai meme dan dijadikan banyolan oleh warganet.

Memang, pengembang terus memperbaiki bug maupun glitch yang muncul dengan meluncurkan pembaruan versi setiap pekan. Pula, game ini memang layak mendapat pujian berkat kesukesannya menggambarkan kehidupan kota besar –lengkap dengan konflik sosial, sistem pembuatan dan pengembangan karakter, hingga perkembangan karakter.

Keanu Reeves sebagai salah satu tokoh dari game Cyberpunk 2077 (Gamerant)
Keanu Reeves sebagai salah satu tokoh dari game Cyberpunk 2077 (Gamerant)

Di samping itu, CD Projekt Red juga terbilang efektif dalam menyesuaikan Misi Cerita (Story Mission)  dengan Tugas Sampingan (Side Quest). Membuatnya terkesan alami dan punya pengaruh satu sama lain.

Tapi, di balik kesuksesan cerita, tersembunyi duka serta nestapa para pemainnya. Umpatan serta keluhan kerap dilayangkan. Dan sekalipun game ini memiliki awalan yang keren, dipuji banyak media serta pengguna, bukankah hal tersebut juga dialami game No Man’s Sky dan Final Fantasy 14?

Seperti kita tahu, kedua game itu akhirnya mengalami perlambatan perkembangan, untuk kemudian mendapat sambutan yang kurang memuaskan dari pengguna.

Lalu, akankah game Cyberpunk mengalami nasib yang sama? Baiknya kita tunggu beberapa waktu lagi untuk melihat keseriusan CD Projekt Red dalam memperbaiki game RPG ini.

Usai sudah review Indonesia game Cyberpunk 2077 kali ini. Apakah kamu termasuk orang yang sudah memainkan game RPG Cyberpunk 2077? Coba deh bagikan pendapat kalian melalui media sosial Droila.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like