BerandaGadgetsReview iPad Mini 6: Tablet Terbaik di Dunia yang Punya Banyak Kelebihan!

Review iPad Mini 6: Tablet Terbaik di Dunia yang Punya Banyak Kelebihan!

Apple telah meluncurkan iPad mini generasi ke-6 atau bisa juga disebut iPad mini 2021. iPad mini generasi sebelumnya dirilis pada tahun 2019. Butuh waktu lama untuk pembaruan iPad mini 6 menjadi begitu signifikan. Mulai dari kamera hingga desain bodi. Dilengkapi dengan RAM yang cukup besar, yakni 4, iPad Mini dibanderol dengan harga $499. Tertarik memiliki? Yuk simak review iPad Mini 6 dari Droila berikut ini.

Dengan chipset Apple A15 Bionic, iPad mini 2021 setara dengan seri iPhone 13. Meskipun demikian, iPad mini 6 hanya memiliki clock 2,93 GHz dibandingkan dengan 3,23 GHz iPhone 13 Pro.

Nah, kali ini Droila akan membeberkan beberapa kelebihan dan kekurangan iPad mini 6 agar kamu tahu hal-hal apa aja yang dihadirkan pada tablet ini. Baca selengkapnya di bawah ini!

droila-spesifikasi-ipad-mini-6
Spesifikasi iPad Mini 6

Spesifikasi iPad Mini 6 

Tanpa panjang lebar, berikut adalah spesifikasi iPad Mini 6! Scroll terus, ya!

Desain 

Dengan bobot hanya 293gram di versi Wi-Fi dan 297gram di versi seluler, iPad mini 6 sangat nyaman digenggam. Bahkan dibandingkan iPad mini 2019, iPad mini 6 lebih ringan. Diketahui iPad mini 2019 memiliki berat 300,5gram untuk model WiFi dan 308,2gram pada model seluler (3G/LTE).

Ini menjadi indikasi bahwa iPad mini 6 mengalami peningkatan dibanding generasi sebelumnya dari segi bobot. Namun, ini mempengaruhi ketebalan tubuh yang lebih besar.

iPad mini 2019 hanya setebal 6,1mm, sedangkan tablet Apple mungil ini terasa sedikit lebih tebal di angka 6,3mm. Untungnya, selisih kedua angka tersebut tidak signifikan. Untuk dimensi iPad mini 6 dari segi panjang dan lebar lebih kecil yaitu 195.4 x 134.8 mm dibandingkan dengan iPad mini 2019 yang berukuran 203.2 x 134.8 mm.

Sementara untuk bagian layanya, iPad mini 6 punya ukuran layar lebih besar (8.3 inci) dibandingkan iPad mini 2019 dengan ukuran layar 7.9 inci. Namun berkat absennya tombol Home, bezel atas dan bawahnya jadi lebih tipis sehingga dapat menampilkan layar yang lebih lebar pada bodi yang lebih compact.

droila-ipad-mini-6-2021
iPad Mini 6 2021

Performa 

iPad mini 2021 menggunakan chipset Apple A15 Bionic. Dengan teknologi 16-core Superfast Neural Engine, mendukung 15,8 triliun operasi per detik. Sebuah langkah maju dari Apple A14 Bionic, yang hanya mendukung 11 triliun operasi per detik.

Apple A15 Bionic dapat menampung hingga 15 miliar transistor dan dikemas dalam ISP baru dengan kemampuan fotografi yang diperluas. Chipset gahar ini dibangun dengan konfigurasi 6 inti yang terdiri dari dua unit berperforma tinggi bernama Avalanche dan dua unit hemat energi bernama Blizzard.

Beralih ke daya. Kapasitas baterai iPad mini 6 adalah 5124mAh. Dengan daya tersebut Apple mengklaim kalau produk yang satu ini mampu menunjang aktivitas pada durasi 10 jam. Sebuah durasi yang lebih dari cukup untuk seukuran tablet yang penggunaannya tidak se-intens smartphone.

droila-apple-ipad-mini-6-review
Apple iPad Mini 6 review

Fitur Unggulan 

Satu peningkatan yang teramat diapresiasi pada iPad mini 6 ini adalah port pengisian daya. Sebab ini adalah kali pertama iPad mini dilengkapi dengan port USB-C dan bukan lagi port Lightning seperti iPad mini 2019.

Secara umum, tablet bukanlah perangkat yang didesain khusus untuk mengambil foto atau video karena bodinya yang besar. Mengingat iPad mini lebih ringan dari kebanyakan tablet lainnya, pengalaman fotografi perangkat ini jadi lebih menyenangkan.

Di bagian belakang terdapat lensa 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang mampu merekam video hingga resolusi 4K 60 FPS. Resolusi 12 MP yang sama juga dimiliki lensa depan dengan kemampuan ultra-wide-angle sehingga dapat menangkap selfie dengan sudut keluasan hingga 122 derajat.

Selain dilengkapi dengan mikrofon ganda untuk panggilan, perekaman video, serta perekaman audio. iPad mini 6 juga dilengkapi speaker stereo (lanskap). Untuk seukuran tablet mini, perangkat ini cukup mampu menghasilkan suara yang nendang dari stereo speakernya. 

droila-harga-ipad-mini-6
Harga iPad Mini 6

Harga iPad Mini 6 2022 

Berikut adalah harga iPad mini 6 di Indonesia tahun 2022:

iPad mini 6 WiFi Only dengan memori 64 GB adalah Rp7.696.576. Sedangkan untuk varian WiFi + Cellular dijual dengan Rp12.499.000. 

Lalu untuk iPad Mini 6 versi WiFi dan Cellular dengan memori 256 GB dijual dengan harga Rp12.499.000. Varian WiFi + Cellular dengan memori 256 GB dijual dengan harga Rp15.499.000. Itu adalah harga yang penulis dapatkan dari situs iBox Indonesia.

Tertarik beli? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Tim Droila sudah siapkan tombol yang akan membawamu ke sejumlah toko online. Sehingga kamu bisa cek harga iPad Mini 6 terbaru setiap saat. So, langsung klik aja, ya.



Baca Juga:
1. Review Galaxy Tab A7 Lite: Masih Bisa Diandalkan
2. Review Huawei Matepad T8 Kids Edition: Pilihan Tepat Temani Belajar Belajar
3. Review Galaxy Tab A8 LTE: Fitur Wah, Harga Bersahabat

Kelebihan dan Kekurangan iPad Mini Generasi 6 

droila-kelebihan-dan-kekurangan-ipad-mini-6
Kelebihan dan kekurangan iPad Mini 6

Setelah mengetahui spesifikasi dan harga iPad mini generasi 6, mari kita simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Kekurangan 

Meski hadir dengan beragam kelebihan di dalam bodinya yang mungil, tablet ini tetap memiliki kekurangan seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Tanpa Dukungan Refresh Rate Tinggi + Isu Jelly Screen
  2. Tanpa 3.5mm Jack Audio

Kelebihan 

Sementara di balik kekurangannya, berikut adalah poin-poin kelebihan dari iPad mini 6:

  1. Rancang Bangun Bodi yang Tipis dan Ringan
  2. Kinerja Chipset yang Memuaskan
  3. Hadir dengan Port USB-C
  4. Ketahanan Baterai yang Lumayan Awet
  5. Tampilan Layar yang Memukau
  6. Salah Satu Perangkat dengan Pita Jaringan 5G Terlengkap
  7. Kamera Depan Mengusung Fungsi Ultrawide + Fitur Center Stage
  8. Kualitas Suara Stereo Speaker yang Baik

Review iPad Mini 6 

droila-ipad-mini-6-review
iPad Mini 6 review

Jika dilihat dari performanya yang tangguh dan sisi konektivitas yang unggul, harga yang dibanderol untuk iPad mini Gen 6 tergolong worth it.

Dengan otak Apple A15 Bionic pada bodi iPad mini yang ringkas, penggunaan iPad mini 6 ini akan menjadi pengalaman eksklusif yang tidak dapat dirasakan pada tablet-tablet lainnya. iPad mini 6 juga mendukung penggunaan stylus Apple Pencil generasi ke-2, walau mengharuskanmu untuk merogoh kocek lebih dalam jika menginginkannya.

Di sisi lain, absennya refresh rate tinggi bukanlah sebuah hal yang cukup berarti. Oleh sebab itu, iPad mini 6 ini sungguh layak dianggap sebagai salah satu tablet terbaik di dunia. Gimana, apakah kamu berminat membelinya?

Usai sudah uraian kali ini mengenai review iPad Mini 6. Semoga penjelasan tentang review tablet di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik