Review iPhone 12 Pro : Kelebihan dan Kekurangan yang Wajib Kamu Kenali

Review iPhone 12 Pro (CNN)
Review iPhone 12 Pro (CNN)

iPhone 12 Pro adalah ponsel terbaru yang dikeluarkan Apple bulan Oktober lalu. Dibandingkan dua saudaranya dari iPhone 12 series, ini adalah varian dengan spesifikasi menengah. Nah, untuk pembaca yang tertarik membeli, simak dulu review iPhone 12 Pro di bawah. Kenali bagaimana spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangannya, ya.

Sekilas, ada banyak kemiripan yang dimiliki iPhone 12 Pro dengan saudaranya. Sama-sama dibekali desain terbaru, dukungan jaringan 5G, performa memuaskan –itu cuma beberapa contohnya aja.

Menjadi ponsel dengan spesifikasi menengah, kamu bisa menemukan kemiripan antara 12 Pro dengan varian iPhone 12 dan 12 Pro Max. Yang membedakan hanyalah ukuran layar, fitur pendukung, RAM yang ditanamkan.

Lalu, apakah itu saja hal-hal yang perlu kamu ketahui dari HP iPhone terbaru ini? Jawabannya tentu saja tidak. Masih ada kelebihan dan spesifikasi yang wajib diketahui. Oleh karena itu, langsung simak uraian di bawah ini, ya.

Pilihan warna iPhone 12 Pro (PCMag)
Pilihan warna iPhone 12 Pro (PCMag)

Spesifikasi iPhone 12 Pro

Inilah varian berukuran paling bongsor dari iPhone 12 series yang diluncurkan akhir tahun lalu. Ukuran dimensi ponsel anyar ini 160.8 x 78.1 x 7.4 mm. Ya, beberapa milimeter lebih besar ketimbang dua saudaranya. Lebih lengkap, berikut ini uraian spesifikasi iPhone 12 Pro .

Desain dan Layar

Desain iPhone 12 Pro (TechRadar)
Desain iPhone 12 Pro (TechRadar)

Sama seperti dua varian lain, 12 Pro didesain dengan potongan yang mewakili generasi teranyar iPhone. Terinspirasi dari desain baru iPad Pro, 12 Pro memiliki bentuk merata di bagian depan dan belakang, tipis, serta bagian pinggir yang terbungkus baja anti karat.

Sekilas, tampilannya mudah mencuri perhatian. Tapi, baja anti karat dikenal mudah meninggalkan sidik jari. Sehingga, potensi perangkat mudah kotor lebih besar. Solusinya, kamu bisa membungkus iPhone 12 Pro dengan case –baik hard maupun soft.

Dimensi iPhone 12 Pro (PCMag)
Dimensi iPhone 12 Pro (PCMag)

Apple menerapkan layar OLED berjenis Super Retina XDR berukuran 6,1 inci. Hasilnya, layar tetap terlihat cerah sekalipun dipakai di luar ruangan. DI samping itu, layar ini mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate 60Hz.

iPhone 12 Pro menawarkan akurasi warna yang mumpuni. Berdasarkan penghitungan tim GSMArena, didapatkan angka rata-rata deltaE sebesar 1.9 dan penyimpangan RGB tertarget maksimum 3.0. Angka-angka itulah yang merepresentasikan ketangguhan warna dari ponsel in.

Dapur Pacu dan Performa iPhone 12 Pro

Harga iPhone 12 Pro terbaru (TechRadar)
Harga iPhone 12 Pro terbaru (TechRadar)

Sama seperti produk Apple lain yang diluncurkan tahun 2020, seri 12 Pro ditenagai chipset anyar A14 Bionic. Mungkin sudah ada beberapa pembaca yang mengetahui, ini adalah chipset bikinan Apple terbaru dengan pemrosesan yang lebih kencang.

Baik CPU, GPU, hingga mesin Neural sudah ditingkatkan serta mampu menghasilkan performa lebih gahar ketimbang pendahulunya, Bionic A13. Sementara itu, masih ada dukungan RAM 6GB yang tentu menjanjikan performa lebih fleksibel.

Hasil performa iPhone 12 Pro (BGR)
Hasil performa iPhone 12 Pro (BGR)

Di antara semua peningkatan tersebut, teknologi LiDAR merupakan salah satu yang paling menjanjikan. LiDAR adalah singkatan dari Laser Imaging, Detection and Ranging. Teknologi pemindai LiDAR mampu mengukur jarak dengan menembakan cahaya laser serta meghitung pantulannya melalui sensor yang sudah disiapkan.

Melalui langkah ini, ponsel pun bisa menghasilkan representasi 3D yang lebih akurat dari sebuah obyek. Mudahnya, bayangkan deh kamu beli furnitur lewat IKEA tapi menempelkan objek 3D via teknologi Augmented Reality dalam layar.

Kamera iPhone 12 Pro  Pro

Kamera iPhone 12 Pro (US.CNN)
Kamera iPhone 12 Pro (US.CNN)

Di atas kertas, 12 Pro  memiliki kemampuan kamera yang lebih unggul ketimbang dua saudara lainnya. Di bagian belakang, kamu bisa menemukan konfigurasi tiga kamera. Terdiri dari 12MP f/1.6 lensa utama, 12 MP f/2.4 lensa ultrawide, dan 12MP f/2.2 2 lensa zoom.

Dibandingkan iPhone 12 Pro Max, seri ini memiliki lensa zoom yang lebih kecil –dimana 12 Pro Max dibekali lensa zoom 2.5x.

Fitur kamera iPhone 12 Pro (TechRadar)
Fitur kamera iPhone 12 Pro (TechRadar)

Di samping itu, kedua varian  juga mendukung fitur bokeh pada mode malam –fitur yang nggak dimiliki iPhone 12 dan iPhone 12 Mini. Ditambah dengan sensor LiDAR, tentu jadi keunggulan tersendiri yang membuat iPhone 12 Pro makin menarik, bukan?

Fitur Unggulan Lainnya

Sama seperti iPhone 12 series lain, iPhone 12 Pro  dibekali baterai 2,815 mAh. Artinya, kapasitas baterai yang 7% lebih kecil ketimbang seri iPhone 11 Pro.

Ponsel anyar ini juga dibekali fitur wireless charging dan pengisian kencang. Dengan catatan, kamu harus membeli adaptor yang kompatibel dengan perangkat.

Sayangnya, menurut uji coba tim GSMArena, daya tahan perangkat cenderung lebih lemah ketimbang iPhone 12 dan 11 Pro. Hal itu pula yang menyebabkan peniliaan performa secara keseluruhan jadi kurang.

Harga iPhone 12 Pro Terbaru di Indonesia

Display 12 Pro (CNN)
Display 12 Pro (CNN)

Sudah bukan rahasia lagi jika Apple selalu mengeluarkan HP yang eksklusif dan premium. Artinya, jenis ponsel yang dibekali fitur terkini dengan harga yang terbilang tinggi.

Dan mengutip situs resmi iBox Indonesia, harga iPhone 12 Pro belum turun sejak pertama kali dikeluarkan. Antara lain: Rp 18,499 juta (128GB), Rp 20,999 juta (256GB), dan Rp 24,999 juta (512GB).

Nah, untuk pembaca yang tertarik membeli ponsel ini, bisa kok langsung klik tautan yang sudah penulis siapkan di bawah. Kamu bisa langsung menyimak daftar harga iPhone 12 Pro terbaru dari berbaga platform e-commerce.

Kesimpulan: Pilih iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Aja Nih?

Tabel spesifikasi iPhone 12 Pro (Dok.Istimew Droila)
Tabel spesifikasi iPhone 12 Pro (Dok.Istimew Droila)

Menurut penulis, iPhone 12 Pro adalah salah satu ponsel terkeren yang pernah ditemui. Tampilannya indah, elegan, dengan performa yang sangat bertenaga.

Nggak cuma itu, ponsel anyar ini juga menawarkan peningkatan kamera yang cukup memuaskan. Hanya saja, tetap ada hal-hal yang wajib dijadikan perhatian.

Dibandingkan pendahulunya, iPhone 12 Pro nggak dibekali Touch ID. Kekurangan yang dirasakan kurang nyaman oleh beberapa penguna. Selain itu, pada masa dimana banyak perangkat didukung kabel USB-C, keputusan perusahaan untuk nggak menerapkannya tentu jadi kesulitan tersendiri.

Lebih lengkap, simak uraian kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro di bawah aja, ya.

Fitur unggulan iPhone 12 Pro (TechRadar)
Fitur unggulan iPhone 12 Pro (TechRadar)

Kekurangan

  • Nggak dibekali adaptor charger
  • Layar tanpa dukungan refresh rate tinggi
  • Daya tahan baterai lebih pendek ketimbang iPhone 11 Pro
  • Manajemen file iOS dirasa kurang oleh sebagian besar pengguna
  • TouchID dan FaceID nggak bisa dipakai jika pengguna memakai masker

Kelebihan

  • Desain menarik dengan finishing yang membuatnya terlihat premium
  • Hasil layar OLED mengagumkan dan sangat cerah
  • Stereo speaker mampu menghasilkan audio kencang dengan kualitas super
  • Chipset HP terkencang saat ini dengan dukungan 5G
  • Kualitas foto memuaskan dari berbagai lensa
  • Teknologi LiDAR bisa dipakai untuk berbagai hal
  • Kualitas perekaman video konsisten
Spesifikasi iPhone 12 Pro (TechRadar)
Spesifikasi iPhone 12 Pro (TechRadar)

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai review iPhone 12 Pro. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu sebelum memutuskan untuk beli HP iPhone terbaru ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like