Review iPhone SE 2020 Harga dan Spesifikasi: Perangkat Keren dengan Harga Bersahabat

iPhone SE 2020 (Endgadget)
iPhone SE 2020 (Endgadget)

Pada bulan Maret lalu, akhirnya Apple mengeluarkan HP iPHone termurahnya. Diberi nama iPhone SE 2020, perangkat terbaru ini merupakan jawaban dari perusahaan untuk smartphone harga terjangkau. Agar kamu makin paham, tim Droila sudah rangkumkan review iPhone SE 2020 harga dan spesifikasi. Mau tahu?

Persoalan harga adalah kendala yang kerap dikeluhkan penggemar dan pengguna HP iPhone. Tingginya harga tersebut tentu saja bukan tanpa sebab. Seperti yang sudah pernah diutarakan mendiang Steve Jobs, yang ingin dia produksi nggak hanya sekadar perangkat komunikasi saja. Tapi juga bisa menawarkan kenyamanan, kecanggihan, kemudahan, dan masih banyak keunggulan lainnya.

 Maka, strategi perusahaan untuk akhirnya meluncurkan HP iPhone murah bisa dibilang angin segar. Berita gembira bagi banyak pengguna smartphone yang ingin mencicipi kemewahan dari produk Apple. Akan tetapi, apakah HP iPhone terbaru ini sukses memenuhi harapn?

Ada baiknya kita mundur sejenak. Lalu, kita bongkar dulu bagaimana harga dan spesifikasi iPhone SE 2020. Tanpa berlama-lama, simak uraian di bawah, ya.

spek iphone se 2020 (Business Insider)
spek iphone se 2020 (Business Insider)

iPhone SE 2020 Harga dan Spesifikasi

Desain mirip dengan iPhone 8, tapi ditenagai oleh chipset yang juga dipakai iPhone 11. Kombinasi tersebut tentu saja membuat HP iPhone terbaru ini memiliki banyak keunggulan di banyak sisi; ketimbang iPhone 8.

Memang, murah adalah salah satu keunggulan. Tapi, jika kita bongkar spek iPhone SE 2020 lebih dalam, kamu bakal menemukan banyak kejutan. Tanpa berpanjang lebar, begini ulasan tim Droila atas HP iPhone terbaru ini.

Desain, Display, dan Kamera

spesifikasi iphone se 2020 (Business Insider)
spesifikasi iphone se 2020 (Business Insider)

Seperti sudah disinggung di atas, desain HP iPhone termurah ini dibuat berdasarkan rancangan iPhone 8 yang diluncurkan tahun 2017. Artinya, HP ini dibekali dengan tombol Touch ID. Maka, kamu yang doyan tampilan vintage, bisa memuaskan dahaga dengan menggenggam perangkat ini, bukan?

Dalam hal ukuran, berat, dan tampilan, iPhone terbaru ini benar-benar mirip dengan iPhone 8. Perbedaan paling kentara yang bisa kamu temukan yakni pilihan warna serta peletakkan logo Apple di bagian belakang HP.

Keindahan dan harganya yang terjangkau pas untuk kamu pengguna iPhone 7 atau iPhone 6S yang pengin upgrade HP. Dan di masa ketika ukuran smartphone makin besar, kesederhanaan iPhone SE 2020 terlihat seperti nostalgia yang sulit dilupakan.

Pun untuk segmen kamera, tak ada sesuatu yang berlebihan. Dibekali satu kamera belakang dengan lensa 12MP dan kamera selfie 7MP rasanya lebih dari cukup untuk memanjakanmu. Tapi tunggu dulu, jangan terburu kecewa dengan pemilihan lensa. Keunggulan HP iPhone terbaru ini terletak pada dapur pacu.

Dapur Pacu

harga iphone se 2020 indonesia (Endgadget)
harga iphone se 2020 indonesia (Endgadget)

Ukuran HP terbaru ini memang kecil. Layar dengan lebar 4,7 inci dan dimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm saja. Tapi, itu bukanlah kelemahan. Justru kamu bakal dibikin terpukau dengan performa HP berukuran kecil ini.

Performa gahar. Inilah yang membedakan seri dengan iPhone 8. Oleh perusahaan, HP terbaru ini dibekali iPhone SE 2020 dengan chipset A13 Bionic. Ya, chipset yang sama yang hanya bisa kamu gunakan dari iPhone 11 yang dihargai Rp15 jutaan.

Dan menurut penulis, penggunaaan chipset Bionic A13 inilah yang membuat iPhone SE 2020 sangat menggoda. Artinya, seri ini juga dibekali beragam fitur yang ada pada iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Selain itu, menjanjikan juga kalo perangkat ini bisa kamu gunakan dalam jangka waktu panjang.

So, bagi penulis pribadi, iPhone SE 2020 adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin ganti perangkat tapi sedang berhemat. FYI, nggak salah juga kalo iPhone SE 2020 disebut sebagai “Pembunuh Android” oleh pengulas dari luar negeri. Soalnya, kamu bisa mendapatkan beragam fitur flagship pada HP yang dibanderol Rp10 jutaan.

Harga iPhone SE 2020 Indonesia

Perbandingan ukuran iPhone SE 2020 dan iPhone 11 (PCMag)
Perbandingan ukuran iPhone SE 2020 dan iPhone 11 (PCMag)

Hasil penelusuran penulis pada website resmi Apple, belum ada keterangan terkait harga iPhone SE 2020 Indonesia. Hanya saja, jika mengutip harga yang penulis temukan dari e-commerce, sudah ada beberapa toko online yang menawarkan perangkat ini.

Contohnya dari website Tokopedia, sudah ada toko yang menawarkannya dengan kisaran harga 8-10 juta. Sementara itu, dari Shopee, penulis menemukan beberapa toko yang menjual dengan kisaran harga tak jauh berbeda.

Memang, Apple Indonesia sendiri belum mengumumkan secara pasti kapan dan berapa harga Apple SE 2020 di Indonesia. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa membelinya. So, untuk kamu yang tertarik memiliki, langsung klik tautan yang ada di bawah ini aja, ya.

Cek Harga

Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2020

Tabel spesifikasi lengkap iPhone SE 2020 (Dok.Istimewa)
Tabel spesifikasi lengkap iPhone SE 2020 (Dok.Istimewa)

Persoalan tampilan adalah soal selera. Dan sekalipun HP iPhone termurah ini sudah dibekali dengan performa gahar dan fitur-fitur terkini, bukan berarti bisa begitu saja mengubah selera pembeli, bukan?

Maka dari itu, penting kiranya untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan iPhone SE 2020. Dengan mengetahuinya, masalah selera dan pilihan setidaknya bisa mendapatkan pembenaran dan argumen yang kuat.

Kelebihan

hp iphone termurah (PCMag)
hp iphone termurah (PCMag)

Ada beberapa kelebihan dari perangkat ini yang patut kamu ketahui. Pertama tentu saja penggunaan chipset Bionic A13. Kedua, meskipun lensa belakang hanya sebesar 12MP aja, perusahaan ternyata membekalinya dengan fitur unggulan, lho; contohnya adalah foto Mode Potret dengan efek cahaya.

Di samping itu, kamera iPhone SE 2020 juga bisa merekam dan menghasilkan gambar berkualitas 4K. Terakhir, yakni dukungan fitur isi ulang daya baterai nirkabel serta perlindungan anti air dan debu IP 67.

Kekurangan

iphone se 2020 spek (PCMag)
iphone se 2020 spek (PCMag)

Untuk pengguna yang nggak terlalu suka HP layar kecil, tentu saja enggan memikirkan iPhone SE 2020. Seperti kita tahu, perangkat ini hanya menggunakan layar berukuran 4,7 inci saja. Tapi, lain hal kalo kamu suka aktivitas lapangan. Ukuran yang lebih kecil bikin kamu mampu menggenggam lebih mantab. Hasilnya, perangkat lebih aman, bukan?

Di samping itu, kekurangan lainnya barangkali kekurangan yang bakal ditemui pengguna iPhone pada umumnya; yakni kapasitas daya baterai. Oleh perusahaan, HP iPhone termurah ini hanya dibekali baterai berkapasitas 1.800 mAh saja. Terakhir, nggak ada dukungan port untuk headphone serta nggak mendukung fitur FaceID dari Apple.

Kesimpulan

hp iphone terbaru 2020 dan harganya (PCMag)
hp iphone terbaru 2020 dan harganya (PCMag)

Inisial “SE” yang diletakkan perusahaan merupakan singkatan dari Special Edition. Dan sebagaimana produk yang istimewa, HP terbaru ini benar-benar menjanjikan beragam kelebihan. Mulai dari harga, fitur flagship, sampai performa yang bisa diadu dengan seri unggulan.

Memang, kamu bisa lebih memilih menggunakan seri iPhone 8. Tapi, kalo kita membicarakan performa, menambah budget sebesar 1-2 juta tentu saja nggak merugikan, bukan? Apalagi, kamu bisa menggunakannya untuk jangka waktu yang panjang. So, segera deh ambil keputusan sebelum kehabisan produknya.

Usai sudah uraian hari ini mengenai iPhone SE 2020 harga dan spesifikasi. Setelah membaca ulasan di atas, bagaimana pendapatmu mengenai HP iPhone terbaru ini? Coba deh bagikan pendapat kalian di kolom komentar media sosial kami, ya.

Jangan sampai ketinggalan rekomendasi handphone terbaik lainnya dari Droila. Setiap hari, kamu juga bisa membaca berbagai informasi teknologi, startup, aplikasi, games, dan tips HP serta software yang menarik diikuti.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like