Review HP Huawei P40: Kelas Menengah dengan Kamera Paling Gahar

Tipe layar OLED pada Huawei P40 (Huawei)
Tipe layar OLED pada Huawei P40 (Huawei)

Meskipun dari segi nama dan produk kurang populer di Indonesia, masyarakat internasional mengakui kegaharan Huawei P40 series. Diluncurkan pertengahan bulan Maret lalu, seri flagship dari Huawei ini langsung mencuri perhatian khalayak. Kali ini, tim Droila bakal mengupas tuntas performa Huawei P40. Mulai dari review performa, komponen hardware, sampai kamera. Penasaran?

Huawei P40 diluncurkan pada bulan Maret 2020, bersamaan dengan varian lain yang dibekali spesifikasi lebih tinggi; yakni P40 Pro dan P40 Pro Plus. Kamu bisa menemukan layar tipe OLED, chipset Kirin 990 5G, serta dukungan RAM 6GB dan 8GB.

Di belakangnya, terdapat konfigurasi tiga kamera. Lebih sedikit dibandingkan dua varian lain –empat kamera pada P40 Pro dan lima pada Pro Plus (kalo kita menyertakan sensor Time-of-Flight sebagai jenis kamera).

Di antara beragam jenis komponen hardware yang sudah ditawarkan, sekali lagi Huawei mencuri perhatian berkat kemampuan kamera. Dengan banderol Rp 8,5 juta, HP Huawei P40 jadi salah satu produk yang paling diburu dan diinginkan banyak penggemar.

Nah, untuk kamu yang tertarik memiliki, penulis sudah siapkan review lengkap Huawei P40. Mulai dari spesifikasi, hardware, sampai performa kamera. Semoga bisa membantumu untuk lebih memahami salah satu seri dari HP Huawei terbaru ini, ya.

Kelebihan dan kelemahan Huawei P40 (Huawei)
Kelebihan dan kelemahan Huawei P40 (Huawei)

Spesifikasi Huawei P40

Seperti produk-produk sebelumnya, Huawei kembali menghadirkan fitur-fitur kamera canggih pada smartphone flagship. Masih didukung kamera dari Leica, Huawei P40 mengulang prestasi yang sudah dicapai seri sebelumnya, yakni Huawei P30 series.

Dan sekalipun jadi varian standar, bukan berarti dalam hal spesifikasi tertinggal jauh. Kamu tetap mendapatkan pengalaman premium dari HP terbaru ini. Lebih lengkap, begini komponen hardware dari Huawei P40.

Desain dan Layar

HP Huawei P40 (TechRadar)
HP Huawei P40 (TechRadar)

Dari belakang, model P40 dan P40 Pro terlihat sangat mirip. Hanya ukurannya saja yang berbeda –dimana P40 berukuran lebih kecil dibandingkan saudaranya. Tapi, begitu kita balik perangkat, perbedaan makin kentara.

Layar melengkung yang terdapat pada P40 Pro nggak bakal kamu temui dari Huawei P40. Sebagai pengganti, frame berbahan alumunium di bagian pinggir. Alhasil, genggaman terasa lebih mantab dan bisa meminimalisir salah pencet ketika menggunakan perangkat.

Meskipun desain sedikit berbeda, tipe layar ternyata sama. Ya, ketiga HP P40 series menggunakan layar bertipe OLED. Hanya, pada P40, lebarnya 6,1 inci saja. Layar ini mampu menampilkan grafis dengan resolusi 1080 x 2340 piksel.

Chipset dan Perangkat Lunak

Chipset Kirin 990 5G (Huawei)
Chipset Kirin 990 5G (Huawei)

Perangkat lunak jadi salah satu bagian yang mendapat jatah peningkatan dari perusahaan. Huawei P40 sudah menjalankan EMUI 10.1. Ini adalah versi teranyar dari UI antarmuka yang dikembangkan perusahaan berbasis Android 10.

Memang, kamu nggak bakal mendapatkan layanan Google Mobile Services (GMS) dari perangkat ini. Hanya saja, layanan Huawei Mobile Services (HMS) pun nggak mengecewakan, kok. Kamu masih bisa memaksimalkan perangkat dengan beragam jenis aplikasi yang serupa milik Google.

Pada bagian dapur pacu, Huawei P40 ditenagai chipset Kirin 990 5G. Ini adalah chipset yang juga diterapkan perusahaan pada HP Mate 30 Pro dan Mate Xs- HP layar lipat Huawei.

Display Huawei P40 (TechRadar)
Display Huawei P40 (TechRadar)

Chipset ini dikembangkan berbasis teknologi 7nm+. Dalam hal kecepatan dan ketangguhan, sudah diakui banyak pengulas dari berbagai negara!

Chipset ini juga sudah didukung koneksi 5G. Artinya, ketika jaringan 5G di Indonesia mulai digunakan, kamu bakal lebih tenang. Menjadikan Huawei P40 bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang, bukan?

Saat Huawei meluncurkan, versi internasional dari P40 tersedia dalam dua pilhan RAM dan ROM. Hanya saja, Huawei Indonesia Cuma menyediakan satu pilihan saja; yakni RAM 8GB dengan ROM 128GB.

Kalo kamu merasa kurang, memori internal masih bisa ditambahi kartu SD dan mendukung pengoperasian hingga kapasitas 256GB.

Kamera Huawei P40

Kamera belakang Huawei P40 (TechRadar)
Kamera belakang Huawei P40 (TechRadar)

Situs penilai performa kamera yang sudah dipercaya banyak pengguna, DxOMark, memberikan poin 112 untuk HP Huawei P40. Bahkan, website yang sudah mengulas ribuan kamera ini juga menyatakan kalo Huawei P40 merupakan HP kelas menengah dengan potensi kamera yang menjanjikan.

Untuk memahami penilaian tersebut, kita cek dulu bagaimana kemampuan dari masing-masing kamera yang sudah ditanamkan. Di bagian belakang, terdapat konfigurasi tiga kamera. Ketiga kamera tersebut memiliki kemampuan 50 MP lensa wide, 8MP lensa telephoto yang memiliki fitur 3x optical zoom, serta 16 MP lensa ultrawide dengan fitur Auto Focus.

Sedangkan untuk bagian depan, terdapat satu lensa berkemampuan 32MP. Ada satu fitur yang membuat kamera depan terlihat canggih; yakni IR TOF 3D yang bisa dipakai untuk sensor biometrik.

Menukil ulasan dari DxOMark, skor 112 yang berhasil dicapai Huawei P40 menempatkan sekelas dengan HP Google Pixel 4.  Pencapaian ini terwujud berkat keputusan perusahaan untuk tetap menerapkan sensor RYYB –yang memiliki ukuran 1/1.28 inci. FYI, ini adalah ukuran sensor terbesar yang pernah diterapkan Huawei dan bahkan lebih besar ketimbang yang digunakan Samsung pada Galaxy S20 Ultra!

Hanya saja, Huawei P40 cenderung mengurangi pencahayaan untuk foto dengan kontras tinggi. Alhasil, kamu butuh detail bayangan, tapi masih belum cukup untuk melindungi objek yang sudah di-highlight.

Sehingga, rentang dinamis pun bakal berkurang. Selain itu, akurasi warna juga terasa kurang konsisten; terutama pada kondisi dengan pencahayaan rendah.

Fitur Canggih Huawei P40

Fitur tambahan Huawei P40 (Huawei)
Fitur tambahan Huawei P40 (Huawei)

Sudah bukan rahasia kalo fotografi dan videografi jadi dua fitur penting yang diharapkan para calon pembeli. Dan berbekal minat pasar itulah perusahaan meluncurkan Huawei P40. Performa dari SoC (System on Chipset) Kirin 990 5G dirancang agar mampu mengubah pengalaman pengguna.

Didukung fitur Ultra Vision Leica Triple Camera yang dibekali kemampuan AI (Artificial Intelligence), kamera Huawei P40 sudah ditingkatkan agar mampu merevolusi cara fotografi dan videografi pengguna. Bahkan, menurut klaim perusahaan, mampu menghasilkan gambar dan video terbaik di kelasnya!

Kamera ini juga dikembangkan agar mampu menemani kegiatan pengguna dalam beragam kondisi. Baik saat siang maupun malam hari. Baik untuk memotret objek dekat maupun yang dari jarak jauh. Sehingga, kamu bisa merasakan pengalaman yang benar-benar berbeda; yang nggak akan ditemukan dari perangkat lainnya.

Harga Huawei P40 di Indonesia Terupdate

Harga Huawei P40 di Indonesia (TechRadar)
Harga Huawei P40 di Indonesia (TechRadar)

Dibekali beragam teknologi canggih, tentu wajar kiranya kalo Huawei P40 dibanderol dengan harga terbilang tinggi. Saat pertama kali diluncurkan, perusahaan membanderol Huawei P40 mulai Rp 10 jutaan.

Kini, delapan bulan kemudian, harga Huawei P40 di Indonesia sudah turun banyak, lho. Tenang, ini bukanlah produk bekas. Berdasarkan penelusuran penulis, toko resmi Huawei yang terdapat pada beberapa e-commerce sudah menjualnya dengan harga mulai dari Rp 8 jutaan.

Nah, kalo kamu tertarik beli, penulis sudah siapkan tautan yang menghubungkanmu langsung ke halaman penjualan Huawei P40. Langsung cek tautan di bawah untuk mendapatkan harga terbaik dari masing-masing website toko online, ya.

Kelebihan dan Kelemahan Huawei P40

Desain dan tampilan Huawei P40 (Huawei)
Desain dan tampilan Huawei P40 (Huawei)

Harus kita akui kalo Huawei P40 adalah ponsel yang bertenaga. Kamu, baik pengguna pemulai Huawei maupun penggemar lama, bakal mendapatkan peningkatan pengalaman untuk beragam fungsi dan penggunaan.

Meskipun begitu, bukan berarti smartphone canggih ini hadir tanpa kelemahan. Dan agar kamu merasa nggak salah beli, wajib memahami bagaimana kelebihan dan kelemahan Huawei P40. Simak uraian ini, ya.

Kelemahan

  • Harga terlalu mahal dengan fitur canggih yang terlalu sedikit jika dibandingkan dengan model P40 Pro.
  • Hanya mampu mengoperasikan kartu SD nano, alih-alih kartu SD mikro.
  • Tanpa isi ulang daya nirkabel
  • Tanpa Google Mobile Services, pengguna baru butuh waktu untuk adaptasi dengan Huawei Mobile Services
  • Nggak ada pembaruan dari fitur foto mode malam
  • Kualitas video 4K kurang memuaskan
Desain Body Belakang (TechRadar)
Desain Body Belakang (TechRadar)

Keunggulan

  • Tampilan dan desain kece
  • Layar OLED yang mampu menghasilkan grafis menawan
  • Performa premium dengan daya tahan teruji
  • Daya baterai bisa diandalkan dengan fitur fast charging memuaskan
  • Kualitas foto cukup memuaskan; baik saat siang maupun malam hari
  • Hasil foto maupun video dari kamera depan mengagumkan
  • Mampu terhubung dengan beragam jenis jaringan; mulai dari 2G sampai 5G

Spek Detail Huawei P40

Desain

  • Frame alumunium dengan body belakang dari material kaca
  • Dimensi HP 148.9 x 71.1 x 8.5 mm
  • Berat 175 g
  • IP53 anti debu dan air
  • Warna: Silver Frost, Deep Sea Blue, Black, Blush Gold, Ice White

Layar

  • Tipe OLED
  • Ukuran layar 6,1 inci dengan rasio layar ke body 86,3%
  • Resolusi layar 1080 x 2340 piksel

Dapur Pacu

  • Chipset HiSilicon Kirin 990 5G
  • RAM 8GB
  • ROM 128GB
  • GPU Mali-G76 MP16
  • Octa-core (2×2.86 GHz Cortex-A76 & 2×2.36 GHz Cortex-A76 & 4×1.95 GHz Cortex-A55)

Kamera

  • Konfigurasi tiga kamera belakang

+ 50 MP, f/1.9, 23mm (wide), 1/1.28″, 2.44µm, omnidirectional PDAF, OIS
+ 8 MP, f/2.4, 80mm (telephoto), PDAF, OIS, 3x optical zoom
+ 16 MP, f/2.2, 17mm (ultrawide), AF

  • Sensor Leica, LED Flash, Panorama, Mode HDR
  • Video 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps, 720p@960fps; gyro-EIS
  • Kamera depan 32 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
  • IR TOF 3D untuk sensor biometrik
  • Mode HDR
  • Video 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps

Baterai

  • Li-Po 3800 mAh, non-removable
  • Fitur fast charging 22,5 W

Fitur Tambahan

  • Pengenal wajah berbasis infrared
  • Sensor sidik jari teknologi under display dan optik
  • Akselerometer
  • Gyro
  • Proximity
  • Kompas
  • Color spectrum

Harga

  • Rp 8.499.000,- (8GB/128GB)

Kesimpulan

Review Huawei P40 (TechRadar)
Review Huawei P40 (TechRadar)

Resmi dirilis di Indonesia pada bulan Juni, Huawei P40 sukses mencuri perhatian pengguna HP fotografi. Dukungan sensor kamera Leica membuat HP Huawei terbaru ini nggak diragukan lagi kemampuan serta performanya.

Akan tetapi, dalam hal harga, bisa dibilang kalo perusahaan nggak memberikan peningkatan berarti dibanding varian sebelumnya. Dengan harga yang hampir sama, kamu bisa membeli Huawei P30 dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda.

Bahkan, menurut analisa GSMArena, performa Huawei P40 masih kalah dibandingkan P30! Meskipun dalam hal hardware sedikit berbeda, fakta tersebut tentu bisa dijadikan bahan pertimbangan yang penting, bukan?

Usai sudah uraian mengenai HP Huawei P40 hari ini. Meskipun ada beberapa kelemahan yang membuatnya kurang menawan, penulis mengakui kalo Huawei P40 layak dijadikan idaman. Sekali lagi, untuk kamu yang tertarik memiliki, langsung klik tautan yang sudah penulis siapkan di atas, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, tips HP Android dan iOS yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like