Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y19, HP RAM Besar Bikin Kinerja Multitasking Makin Lancar

Review Vivo Y19 (Selular)
Review Vivo Y19 (Selular)

Pada bulan Desember lalu, salah satu HP China paling laris, Vivo, meluncurkan produk terbarunya. Diberi nama Vivo Y19, seri ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang gemar multitasking. Artinya, melakukan beberapa aktivitas sekaligus dalam satu waktu. Dan buat kamu yang tertarik, tim Droila sudah merangkumkan kelebihan dan kekurangan Vivo Y19. Mau tahu?

HP Vivo ini resmi dijual pada hari Jumat (06/12/2019). Memang, sampai saat ini kita sudah melihat ada banyak pilihan yang mengisi segmen HP harga 3 jutaan.

Hanya saja, jika kamu memahami kelebihan dan kekurangannya, ada beberapa tawaran yang sulit didapat dari perangkat sekelas. Bahkan, Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma, menyebutkan jika HP ini hadir bagi pengguna yang ingin smartphone dengan harga bersaing dan fitur canggih.

Kelebihan dan kekurangan Vivo Y19 (Tstatic)
Kelebihan dan kekurangan Vivo Y19 (Tstatic)

“Desain terkini, baterai besar, kamera cerdas, dan fitur berkualitas khas Vivo pada Y19 kami harapkan dapat maksimal memenuhi kebutuhan target konsumen,” jelas Edy dalam siaran pers seperti dilansir dari Tirto, Rabu (11/03/2020).

Maka, langsung aja, ya. Untuk pembaca yang tengah mempertimbangkan ganti HP baru, tim Droila sudah menyiapkan review kelebihan dan kekurangan Vivo Y19. Langsung cek aja, ya.

Spesifikasi dan Harga

Spesifikasi Vivo Y19 (Tokopedia)
Spesifikasi Vivo Y19 (Tokopedia)

Agar mampu memenuhi kegiatan pengguna yang gemar multitasking, ada beragam fitur canggih dengan spesifikasi terkini yang sudah ditanamkan perusahaan. Dalam hal daya tahan, Vivo Y19 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Eits, kamu nggak perlu khawatir bakal kehabisan daya di tengah kegiatan. Soalnya, sudah ada dukungan fitur pengisian cepat berjenis Dual-Engine Fast Charging 18W.

Fitur tersebut juga sudah dilengkapi dengan 9 lapis proteksi keamanan; sehingga menjadikan smartphone lebih aman meskipun ketika isi daya.

HP Vivo Y19 spek (Pemmzchannel)
HP Vivo Y19 spek (Pemmzchannel)

Sementara itu, untuk urusan performa, Vivo Y19 ditenagai chispet MediaTek MT6768 Helio P65 dengan tambahan GPU Mali-G52 MC2. Seperti sudah kita tahu, ini adalah jenis chipset kelas menengah MediaTek yang diakui mampu bersaing dengan chipset milik Qualcomm.

Hasilnya, kamu pun bisa memainkan beragam game-game berat kekinian. Contohnya seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Mobile Legends, sampai game MMORPG Android yang seringkali membutuhkan jumlah ruang penyimpanan besar.

Semua spesifikasi ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp2,999 juta saja. Ini adalah banderol harga untuk perangkat yang ditanami RAM 6GB dengan ROM 128GB. Masih kurang apa, coba?

Kekurangan Vivo Y19

Spesifikasi dan harga Vivo Y19 (ABP200)
Spesifikasi dan harga Vivo Y19 (ABP200)

Sebelum beranjak ke sisi kelebihan, penulis bakal uraikan terlebih dulu kekurangan Vivo Y19. Dan kekurangan pertama yang bakal kamu rasakan ada pada sektor kamera selfie. Seperti kita tahu, kamera depan sering jadi fitur unggulan produk-produk Vivo.

Dan kali ini, tampaknya perusahaan lebih memilih mengejar performa dan daya tahan. Alhasil, resolusi kamera depan pun terpaksa turun –jika dibandingkan dengan HP Vivo lain di segmen yang sama.

Spek Vivo Y19 (WP)
Spek Vivo Y19 (WP)

Ya, HP Vivo terbaru ini hanya dibekali kamera 16MP saja. Selain itu, nggak ada tambahan LED Flash di bagian depan.

Selain itu, masalah speaker jadi catatan penting yang disampaikan David dari Gadgetin. Menurutnya, suara dari HP Vivo terdengar kurang kuncang –sama seperti kualitas suara dari Vivo Y17.

Dan yang terakhir yakni HP ini nggak dibekali fitur NFC. Padahal, ini merupakan fitur penting yang sering dicari banyak pengguna terkini.

Kelebihan Vivo Y19

Spesifikasi lengkap Vivo Y19 (Dok.Istimewa)
Spesifikasi lengkap Vivo Y19 (Dok.Istimewa)

Seperti sudah disinggung di atas, Vivo Y19 memiliki dukungan fitur dan spesifikasi yang sulit dicari bandingannya di segmen sekelas. Dan ini pula yang menjadi poin utama ketika penulis menguraikan kelebihan Vivo Y19.

Keunggulan pertama tentu saja dari bagian penyimpanan. Harus kamu sadari, sulit untuk mencari HP di bawah Rp3 juta yang sudah dibekali RAM 6GB dengan ROM 128GB. Maka, untuk kamu yang cari perangkat dengan memori besar, Vivo Y19 bisa jadi pilihannya.

review vivo y19 (MSPImages)
review vivo y19 (MSPImages)

Selain itu, dukungan baterai berkapasitas besar tentu jadi satu poin yang wajib disebutkan. Soalnya, baterai yang awet dan memiliki daya tahan panjang menjanjikan kenyamanan untuk kamu yang punya banyak aktivitas di luar.

Itulah uraian singkat terkait kelebihan dan kekurangan Vivo Y19. Menurut kamu, dengan harga 3 jutaan, apakah bekal spesifikasi dan fitur yang didapat terasa imbang? Coba deh bagikan opini kalian di kolom komentar Droila, ya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like