Review Lengkap Samsung M30S: HP 3 Jutaan yang Pas Buat Game Berat

Review Galaxy M30s (Android Authority)
Review Galaxy M30s (Android Authority)

Cari HP yang pas buat memainkan game berat? Kalo iya, coba deh pertimbangkan Samsung Galaxy M30s. HP kelas menengah Samsung ini dibekali baterai raksasa, lho! Simak uraian review lengkap Samsung M30s di bawah aja, ya.

Samsung mengakhiri tahun 2019 lalu dengan meluncurkan seri Galaxy M. Ini adalah produk yang dirancang khusus untuk milenial; muda, punya segudang aktivitas, serta aktif di media sosial. Dijual dengan harga terjangkau, HP 3 jutaan Samsung ini cepat meraih popularitas dan kepercayaan.

Meskipun dua tahun sudah lewat, bukan berarti peminat berkurang. Buktinya, berdasarkan pencarian Google Trends, masih banyak calon pembeli yang penasaran dengan Samsung M30S.

Dan untuk pembaca Droila, tim penulis sudah menyiapkan review lengkap Samsung M30s. Di bawah, kamu bakal mendapat uraian spesifikasi, harga terbaru, sampai kelebihan dan kelemahannya. Penasaran? Langsung scrolling aja, ya.

HP Samsung Galaxy M30s (Medcom)
HP Samsung Galaxy M30s (Medcom)

Harga dan Spesifikasi Samsung M30s

Dibanderol harga 3 jutaan dengan performa maksimal, tentu saja tawaran yang bikin penggemar menginginkannya. Apalagi, seperti seri M lainnya, Samsung Galaxy M30s juga dibekali baterai berkapasitas besar. Aktivitas pun bisa lebih lancar tanpa gangguan baterai yang cepat habis, bukan?

So, kalo kamu masih penasaran bagaimana uraian harga dan spesifikasi M30S, simak uriaan di bawah ini, ya.

Display, Desain, dan Kamera

Bagian belakang Samsung M30s (Android Authority)
Bagian belakang Samsung M30s (Android Authority)

Jujur, penulis nggak menyangka kalo produk yang dibekali baterai berkapasitas 6000 mAh bisa begitu ramah di kantong. Dan yang mengejutkan, HP Samsung kelas menengah ini punya berat 188 gram –lebih ringan dibanding HP yang punya baterai 4.000 mAh lainnya.

Dan memang, nyaman di genggaman bukan berarti tanpa penyesuaian. Soalnya, keunggulan tersebut diperoleh berkat penggunaan material plastik untuk bagian body. Tapi tenang saja, tak terlalu kentara berkat penggunaan panel layar berteknologi Super AMOLED.

Untuk bagian depan, layar berukuran 6,4 inci mampu menampilkan gambar berkualitas 1080 x 2400 piksel. Layar ini memiliki kerapatan 411 ppi. Hasilnya, pengguna pun bisa mendapatkan tampilan lebih cerah serta grafis game yang lebih detail.

Sementara itu, untuk bagian kamera, ada tiga kamera di bagian belakang. Komposisinya terdiri dari 48MP lensa wide, 8MP lensa ultrawide, dan 5MP sensor kedalaman. Sedangkan untuk kamera depan, ada lensa yang terletak di notch berkemampuan 16MP.

Dapur Pacu dan Perangkat Lunak

Performa Galaxy M30s untuk gaming (Smartprix)
Performa Galaxy M30s untuk gaming (Smartprix)

Beruntungnya, Samsung M30s mendapat peningkatan berskala besar. HP kelas menengah Samsung ini ditenagai oleh chipset terbaru yang lebih bertenaga; yakni Exynos 9611. SoC yang dikembangkan sendiri oleh Samsung ini memiliki 8 inti dengan clock speed puncak mencapai 2.3GHz.

CPU Samsung M30s juga didukung versi clocked yang lebih tinggi dari GPU Mali G72 MP3. Fyi, ini adalah chipset yang juga dipakai untuk versi lebih mahal, lho. Tak lain adalah Galaxy A50s.

Perangkat unggulan Samsung untuk segmen kelas menengah ini hadir dengan dua pilihan RAM dan ROM. Kedua pilihan tersebut yakni RAM 4GB/6GB dan ROM 64GB/128GB. Dan kalo kamu merasa penyimpanan masih belum cukup, masih ada tambahan slot kartu SD yang mendukung pengoperasian sampai kapasitas 512GB, kok.

Di bagian perangkat lunak, perusahaan sudah meningkatkan software dari Samsung Experience UI 9.5 yang sebelumnya digunakan pada seri Galaxy M30. Ya, untuk varian ini, perusahaan membekalinya dengan dukungan sistem operasi Android 9.0 Pie dan tampilan antar muka One UI.

Harga Samsung M30s Terbaru

Display Galaxy M30s (Android Authority)
Display Galaxy M30s (Android Authority)

Saat pertama kali diluncurkan akhir tahun lalu, perusahaan memberi harga Samsung M30s sebesar Rp3,299 juta. Bukan harga yang terlampau mahal jika kita menilik kemampuan serta keunggulan yang ditawarkannya. Apalagi, pengguna pun mendapatkan dukungan dari tiga kamera dan baterai berkapasitas raksasa!

Kini, berdasarkan penelusuran penulis di beberapa toko online, Galaxy M30s harga sudah turun, Gan. Ya, kamu bisa membelinya di rentang Rp2 juta hingga yang paling mahal mendekati Rp4 juta. Ingin mendapatkan harga paling tepat dan sesuai dana? Cek aja dari toko online di bawah, ya.

Cek Harga

Tokopedia

Cek Harga: Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M30s

Spesifikasi Galaxy M30s (Dok.Istimewa/Droila)
Spesifikasi Galaxy M30s (Dok.Istimewa/Droila)

Penggemar Samsung tentu masih ingat ramainya pengguna dari luar negeri yang menuntut perusahaan agar tak menggunakan Exynos lagi. Alasannya, SoC bikinan perusahaan ini dianggap terlalu lemot, konsumsi daya berlebihan, dan kurang efektif menjalankan program aplikasi.

Tapi, di balik itu, masih ada beberapa kelemahan Samsung M30s yang perlu kamu ketahui. Pula, ada berbagai kelebihan yang membuatnya patut dipertimbangkan.

Kelemahan Samsung Galaxy M30s

Tampilan Galaxy M30s (Smartprix)
Tampilan Galaxy M30s (Smartprix)
  • Mudah panas kalo dipakai gaming
  • Peforma kamera kurang memuaskan
  • Fast charging Cuma 15W
  • Desain pakai material plastik
  • Minus pelindung layar

Kelebihan M30s

Kamera Galaxy M30s (AndroidAuthority)
Kamera Galaxy M30s (AndroidAuthority)
  • Baterai berkapasitas raksasa; 6.000 mAh
  • Kualitas audio cukup
  • Layar Super AMOLED dengan harga terjangkau
  • Performa cukup untuk gaming berat

Review Samsung M30s

Kelengkapan Samsung M30s (OkeTekno)
Kelengkapan Samsung M30s (OkeTekno)

Bisa dibilang, inilah produk paling agresif yang ditawarkan Samsung untuk segmen kelas mid-en. Seiring peningkatan seri S, kita juga melihat kalo perusahaan turut meningkatkan performa dan spesifikasi kelas menengah. Semua ini dilakukan demi melampaui capaian dari HP China.

Fitur-fitur unggulan seperti baterai berkapasitas raksasa, software terbaru dengan fitur lengkap, chipset performa tinggi, dan kamera 48MP, bisa dipastikan bikin banyak pengguna menginginkannya.

Ditambah, ini merk Samsung, lho. Dan harus kita akui, branding perusahaan akan produk-produk terbaik terbilang berhasil. Apalagi di Indonesia. Hasilnya, banyak dari penggemar pun menantikan waktu untuk bisa memilikinya.

Apakah kamu juga merasakan hal yang sama? Jika pilihanmu saat ganti HP adalah Galaxy M30s, langsung aja klik tautan yang sudah penulis siapkan di atas, ya. Dengan begitu, kamu bakal mendapatkan harga terbaik untuk dana yang sudah disiapkan.

Usai sudah review lengkap Samsung M30s hari ini. Bagaimana pendapatmu mengenai HP kelas menengah Samsung ini? Coba deh bagikan opini dan pengalaman kalian lewat kolom komentar di media sosial Droila, ya.

Jangan lewatkan berbagai rekomendasi handphone terbaik setiap hari dari Droila. Klik di sini agar kamu mendapat pemberitahuan jika ada artikel terbaru seputar teknologi, games, aplikasi, dan tips HP.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like