BerandaGadgetsReview Tablet Xiaomi Pad 5: Performa Kencang dengan Snapdragon 860

Review Tablet Xiaomi Pad 5: Performa Kencang dengan Snapdragon 860

Xiaomi kembali merilis tablet pada 10 Agustus 2021, yaitu Xiaomi Pad 5. Tablet Rp5 jutaan ini mengalami peningkatan dari versi sebelumnya, yaitu Mi Pad 4. Oleh karena itu, kami tertarik untuk review Mi Pad 5.

Semenjak pandemi Covid-19, produksi tablet kian melonjak. Berbagai vendor pun memproduksi tablet untuk keperluan SWH maupun WFH. Tak heran jika Xiaomi kembali dengan merilis Xiaomi Pad 5.

Tentu saja Xiaomi tak ingin kalah saing dengan merek lain. Dibuatlah tablet yang memiliki fitur yang lebih baik dari pesaingnya. Seperti apa spesifikasinya? Yuk, review Mi Pad 5 dari Droila berikut!

Spesifikasi Xiaomi Pad 5

Xiaomi Pad 5 memiliki spesifikasi yang menarik. Terutama bagian desain dan performanya. Berikut ulasan detailnya.

Tablet Xiaomi Pad 5
Tablet Xiaomi Pad 5

Desain dan Layar

Dilihat sekilas, tampilan tablet ini mirip iPad Pro. Bezelnya tipis. Bagian belakang terlihat frosted, padahal aslinya terbuat dari plastik. Namun, frame yang terbuat dari aluminium membuat tampilannya lebih premium.

Tablet ini memiliki dimensi 254,7 x 166,25 x 6,85 mm. Beratnya hanya 511 gram. Ada dua warna warna pilihan: Pearl White dan Cosmic Gray. Kedua varian ini sudah support Smart Pen yang dijual terpisah.

Tablet Android ini sangat tipis sehingga kamu tidak akan menemukan jack audio 3,5 mm. Apalagi slot kartu micro-SD dan jaringan seluler. Tablet ini pun tidak mendukung fitur GPS dan tidak ada sensor sidik jari.

Layarnya memiliki lebar 11 inci dengan rasio 82,8%. Jenis layarnya IPS LCD sehingga tampilan grafiknya sudah cukup bagus. Ditambah kemampuannya menampilkan lebih dari 1 miliar warna dengan kecerahan hingga 500 nits.

Layar ini mampu menampilkan grafik WQHD+ yang resolusinya mencapai 1600 x 2560 piksel. Bahkan, sudah mendukung DCI-P3. Selain itu, refresh rate 120 Hz tentu saja membuat transisi layar superhalus.

Mi Pad 5 harga
Mi Pad 5 harga

Performa dan Kamera

Untuk urusan performa, Xiaomi memercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 860 (7nm). CPU Octa-core memiliki 8 inti. Kecepatan maksimalnya hingga 2,96 GHz.

GPU yang digunakan adalah Andreno 640. Memang bukan yang terbaik, bahkan masih kalah dibandingkan Galaxy Tab S7. Namun, tampilan yang dihadirkan Xiaomi Pad 5 sudah memuaskan.

Tablet yang resmi dihadirkan di Indonesia memiliki RAM 6GB. Kapasitas penyimpanannya mencapai 256 GB. Dengan kapasitas tersebut, kamu bisa memasang banyak aplikasi dan menyimpan banyak file.

Tablet Xiaomi ini rupanya memiliki kapasitas baterai 8.720 mAh. Kapasitas ini termasuk besar di kelasnya. Penggunaan ringan bisa bertahan hingga 2 hari. Untuk pengisiannya sendiri sudah mendukung fast charging 33W.

Secara keseluruhan, performa Xiaomi Pad 5 sudah mumpuni di kelasnya. Chipset Snapdragon 860 tentu saja membuat performa lebih kencang. Bahkan, lebih baik dibandingkan kompetitornya, Galaxy Tab S6.

Kamu juga bisa menggunakan tablet ini untuk main game. Game populer, seperti Mobile Legend bisa dimainkan lancar dengan setting grafik tinggi. Ditambah layar yang luas tentu saja main game lebih nyaman.

Soal kamera, Xiaomi membenamkan kamera belakang 13MP, f/2.0. Kamera ini memiliki fitur Dual LED Flash, HDR, dan panorama. Kamera belakang ini mampu merekam video berkualitas hingga 4K di 30 fps.

Kamera depannya memiliki resolusi 8MP, f/2.0. Kamera ini cukup oke. Kualitas perekaman videonya mencapai 1080p di 30 fps.

Xiaomi Pad 5
Xiaomi Pad 5

Fitur Unggulan

Spesifikasi tablet ini memang menarik. Di antara beberapa fitur-fitur yang disematkan, ada beberapa fitur unggulan. Oleh karena itu, pada review tablet Xiaomi Pad 5 kali ini, kami akan mengulasnya.

Salah satu fitur unggulan Xiaomi Pad 5 adalah speakernya. Jika di smartphone umunya memiliki 2 speaker, tablet ini memiliki 4 speaker. Agar lebih mantap, tablet ini juga didukung Dolby Atmos dan Hi-Res Audio.

Xiaomi Smart Pen dapat diandalkan. Dengan pengisian daya magnetis, pengisian daya berlangsung 18 menit. Sensivitasnya  mencapai 4096 sehingga responsif saat digunakan untuk menulis maupun menggambar.

Xiaomi Pad 5 menggunakan sistem operasional Android 11. Dukungan MIUI 12.5 memberikan performa baik. Dukungan jendela mini, layar terpisah, dan laci terpisah membuat aktivitas multitasking lancar.

Harga Xiaomi Pad 5 Terbaru

spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Pad 5
spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Pad 5

Kamu bisa membeli Xiaomi Pad 5 secara online dan offline. Berdasarkan website resminya, harga Xiaomi Pad 5 terbaru adalah Rp5.099.000,00. Di beberapa toko online, mungkin kamu akan mendapatkan harga lebih murah.

Dalam paket penjualannya nanti, kamu akan mendapatkan Xiaomi Pad 5. Selain itu, ada pula adaptor, kabel USB tipe C, buku panduan, dan kartu garansi.

Tertarik beli? Tak perlu pindah ke lain tempat. Penulis sudah siapkan tombol yang akan membawamu ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa cek harga Xiaomi Pad 5 terbaru setiap bulannya.



Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5

SpesifikasiMi Pad 5
DesainFrame alumunium
Body belakang material plastic
Berat511 gram
Dimensi254.7 x 166.3 x 6.9 mm
Layar11.0 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 82.8%
Stylus support
Resolusi1600 x 2560 piksel
Refresh rate 120Hz
HDR10
Dolby Vision
ChipsetQualcomm Snapdragon 860
GPUAdreno 640
RAM6GB
ROM256GB
OSAndroid 11
MIUI 12.5
Kamera Belakang13 MP, f/2.0
FiturDual-LED flash HDR
Panorama Video [email protected]
Kamera Depan8 MP, f/2.0
FiturVideo [email protected]
BateraiLi-Po 8720 mAh, non-removabler
Fast charging 33W
Power Delivery 3.0
WarnaCosmic Gray
Pearl White
Green
HargaRp 5.099.000 (Website Resmi)
Spesifikasi lengkap Tablet Xiaomi Mi Pad 5 (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, lebih baik kamu juga tahu kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 5.

Kekurangan

  1. Tidak ada fingerprint
  2. Tidak mendukung jaringan seluler
  3. Tidak ada slot micro-SD

Kelebihan

  1. Desain oke
  2. Performa kencang
  3. Harga cukup murah di kelasnya

Review Xiaomi Mi Pad 5

Mi Pad 5 spesifikasi
Mi Pad 5 spesifikasi

Sebagai penunjang produktivitas, Xiaomi Pad 5 bisa dikatakan terbaik di kelasnya. Terutama bagian performanya yang kencang. Mau digunakan untuk multitasking pun udah dijamin lancar.

Sayangnya tablet ini tidak mendukung jaringan seluler. Jadi, ketika jaringan Wi-Fi tidak stabil, kelancaran streaming dan main game online pun akan terganggu.

Spesifikasi yang dimiliki Xiaomi Pad 5 mirip dengan Galaxy Tab S6. Hanya saja, di Galaxy Tab S6 sudah support jaringan 4G. Maklum, harganya saja Rp9 jutaan.

Tak heran jika Xiaomi Pad 5 memiliki performa terbaik di kelasnya. Tablet ini cocok digunakan untuk menunjang produktivitas sehari-hari maupun untuk untuk hiburan. Sekian review Mi Pad 5. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga tablet Android di atas bisa membantumu, ya.

5/5 - (1 vote)
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik