Review Oppo A92 2020: Perangkat yang Pas Kalo Kamu Cari HP RAM Besar

Unboxing Oppo A92 (YouTube)
Unboxing Oppo A92 (YouTube)

Hari Jumat (8/05/2020) lalu, Oppo Indonesia resmi memperkenalkan perangkat terbarunya; yakni Oppo A92. Peluncuran produk unggulan untuk kelas menengah dari Oppo ini dilakukan secara live streaming. Dan kini, untuk kamu yang penasaran dengan performa HP Oppo terbaru ini, tim Droila sudah merangkumkan uraian review Oppo A92 2020 untuk spesifikasi dan harga. Penasaran?

Tampaknya, modul kamera yang membungkus kamera belakang tengah jadi tren di kalangan produsen smartphone. Diawali oleh iPhone melalui seri iPhone 11 beserta varian, disusul seri Samsung Galaxy S20, kini kita bisa menemui beberapa produk dengan modul serupa.

Dan tak ingin ketinggalan, perusahaan asal China ini pun meluncurkan produk dengan desain dan tampilan yang hampir mirip. Selain modul, tawaran layar bezelless dengan hiasan punch-hole menjadikannya terlihat kekinian.

Ya, kalo kita mempertimbangan desain dan tampilan saja, harga Oppo A92 yang dibanderol Rp4,2 juta tentu bukan tawaran yang buruk, bukan? Tapi, agar pembaca lebih memahami seluk-beluk perangkat ini, simak dulu aja uraian spesifikasi melalui review Oppo A92 2020 di bawah ini.

Tampilan Oppo A92 (Oppo)
Tampilan Oppo A92 (Oppo)

Spesifikasi dan Harga Oppo A92

Diluncurkan sebagai penerus HP Oppo A9 2020, produk teranyar ini tentu saja diluncurkan dengan beragam pembaruan. Selain di segmen tampilan yang begitu kentara, pembaruan juga diberikan untuk bagian mesin hingga fitur-fitur unggulan.

Desain, Display, dan Kamera

Tampak samping Oppo A92 (OppoID)
Tampak samping Oppo A92 (OppoID)

Jika kita membandingkan HP Oppo terbaru ini dengan seri sebelumnya, tentu saja ada banyak perbedaan yang bakal kamu temukan. Modern dan elegan. Dua kesan itu bakal kamu dapat begitu melihatnya.

Tawaran punch-hole yang berfungsi sebagai wadah dari kamera selfie 16MP menjadikan Oppo A92 sebagai yang pertama dengan konsep display tersebut. Oleh perusahaan, konsep layar ini disebut sebagai Neo-display.

Sementara itu, body belakang menggunakan material polikarbonat. Kesan glossy dari material inilah yang menjadikan Oppo A92 terlihat lebih premium dibandingkan seri sebelumnya. Dan di bagian belakang, empat lensa dibungkus modul berbentuk persegi.

Pilihan warna Oppo A92 (Oppo)
Pilihan warna Oppo A92 (Oppo)

Keempat lensa tersebut masing-masing memiliki kemampuan 48MP sensor wide, 8MP sensor ultrawide, 2MP sensor kedalaman, dan 2MP untuk kamera mono. Terakhir, ada fitur yang bikin Oppo A92 makin menawan.

Ya, kamu bisa merasakan fitur smartphone canggih dari HP ini. Soalnya, fitur pemindai sidik jari yang umumnya diletakkan di bagian belakang, bisa kamu temukan di bagian sisi pada HP Oppo A92. Keren, bukan?

Dapur Pacu dan Fitur-Fitur Unggulan

Spesifikasi lengkap Oppo A92 (MSPImages)
Spesifikasi lengkap Oppo A92 (MSPImages)

Di bagian dapur pacu, HP Oppo terbaru ini didukung chipset legendaris milik Qualcomm, yakni seri Snapdragon 665. Seperti sudah kita tahu, chipset ini mampu bikin performa HP lebih kencang dengan konsumsi daya yang lebih efisien.

Performa prosesor masih didukung oleh GPU Adreno 610 dengan penyimpanan RAM 8GB dan ROM 128GB. Performa gahar dengan desain elegan tentu menjadi tawaran yang sulit banget ditolak, bukan?

Eits, jangan kagum dulu sampai di sini. Soalnya, kecanggihan fitur-fitur yang sudah ditanamkan produsen pun nggak kalah memukau. Contohnya yang sudah disebutkan di atas adalah penerapan sensor sidik jari (fingerprint) di bagian sisi samping perangkat.

Baterai berkapasitas 5.000 mAh yang masih didukung fitur fast charging 18W, dukungan UI ColorOS 7.1 –yang dikenal sebagai salah satu user interface terbaik saat ini-, serta fitur-fitur kamera khas Oppo yang menarik. Contohnya seperti fitur Digital Zoom, Auto Flash, deteksi wajah, touch to focus, dan masih banyak lagi.

Harga HP Oppo A92 Terbaru di Indonesia

kamera belakang Oppo A92 (Kumparan)
kamera belakang Oppo A92 (Kumparan)

Untuk pembaca yang tertarik membelinya, bisa memilih satu di antara tiga warna yang disediakan. Ketiga pilihan warna tersebut yakni Shining White, Aurora Purple dan Twilight Black. Dan kalo seri Oppo A91 dan A52 hanya bisa kamu beli secara online, produk Oppo A92 juga disediakan secara offline, kok.

Jadi, kamu bisa mendatangi toko resmi kalo pengin beli. Oleh perusahaan, harga Oppo A92 terbaru dibanderol Rp4,199 juta saja. Di samping itu, HP Oppo A92 juga tersedia di beberapa toko online, lho. Tentu bisa memudahkan untuk kamu yang sedang terjebak karantina mandiri di rumah saja, bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A92

Tabel spesifikasi Oppo A92 (Dok.Istimewa)
Tabel spesifikasi Oppo A92 (Dok.Istimewa)

Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan agar kamu nggak merasa kecewa setelah menggunakan barangnya, baiknya sih ketahui dulu kelebihan dan kekurangan Oppo A92. So, scrolling lagi aja, ya.

Kelebihan Oppo A92

Dimensi Oppo A92 (Kumparan)
Dimensi Oppo A92 (Kumparan)

Bagi sebagian besar tech-geeks, penggunaan layar Full HD+ tentu terkesan biasa saja. Tapi, perlu kamu ketahui, ini adalah hal yang nggak biasa untuk HP seri A Oppo. Peningkatan ini tentu saja menjadi penanda betapa perusahaan ingin memberikan produk terbaik bagi pengguna setianya.

Kelebihan kedua yakni dukungan dari sistem operasi Android 10. Seperti kita tahu, ini adalah sistem operasi paling baru dan tercanggih dari perusahaan. Tentu saja, ada banyak fitur-fitur canggih yang bisa lebih memudahkan kegiatan pengguna.

Ketiga, lapisan user interface ColorOS 7.1 tentu saja salah satu poin yang nggak boleh dilewatkan. Soalnya, antarmuka yang dikembangkan Oppo ini sudah dikenal memiliki fungsi serta utilitas yang terbilang lengkap.

Terakhir tentu saja persoalan RAM. Penggunaan RAM 8GB untuk hp 4 jutaan tentu saja jadi tawaran yang sulit dielakkan, bukan? Apalagi kalo kamu penggemar setia Oppo yang sudah gatal ingin ganti HP baru. Ya, seri Oppo A92 adalah pilihan paling tepat.

Kekurangan Oppo A92

Bagian belakang Oppo A92 (OppoID)
Bagian belakang Oppo A92 (OppoID)

Barangkali, satu-satunya kekurangan Oppo A92 adalah pemilihan chipset oleh perusahaan. Memang, performa Snapdragon 665 sudah diakui; baik dari segi kecepatan maupun efisiensi daya. Hanya saja, jika dibandingkan dengan seri lainnya yang diluncurkan hampir bebarengan, yakni Oppo A52, tentu saja terasa sayang.

Soalnya, kedua HP Oppo terbaru tersebut sama-sama dibekali chipset Snapdragon 665. Sedangkan untuk selisih harga, hampir Rp1 jutaan! Selisih yang lebih jauh bakal kamu dapatkan jika membandingkannya dengan produk dari vendor lain.

Hanya saja, terlepas dari kelebihan maupun kekurangan HP Oppo terbaru ini, patut diakui jika seri Oppo A92 adalah produk yang solid dengan fitur komplit. Ya, berbagai kegiatan bisa dilakukannya tanpa gangguan maupun hambatan. Lancar jaya!

Display Oppo A92 (OppoID)
Display Oppo A92 (OppoID)

Usai sudah uraian hari ini mengenai review Oppo A92 2020. Setelah mengetahui spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Oppo A92, bagaimana tanggapanmu mengenai produk ini? Coba deh bagikan di kolom komentar media sosial Droila, ya.

Jangan lewatkan rekomendasi handphone terbaik lainnya dari Droila. Cukup tekan subscribe, maka kamu bakal mendapat pemberitahuan berbagai informasi teknologi, games, aplikasi, serta tips HP yang menarik dan asik diikuti.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like