Review Oppo Reno4 Pro: Spesifikasi, Harga Terbaru, Kelebihan dan Kekurangan

Review Oppo Reno4 Pro (Stuff)
Review Oppo Reno4 Pro (Stuff)

Apakah HP mid-range bisa memiliki desain kece, layar dengan refresh rate 90Hz, serta fitur fast charging? Jawabannya, sangat IYA! Kamu bisa mendapatkannya dari Oppo Reno4 Pro. Dan agar lebih kenal, simak uraian review Oppo Reno4 Pro di bawah, ya.

Pertengahan tahun 2020 lalu, Oppo Indonesia memperkenalkan seri Reno3 Pro. Dan saat penulis mendapati kabar tersebut, penulis memberikan harapan besar. Sederhana aja, ini handphone Oppo, lho!

Tapi, begitu penulis berkesempatan mencoba, timbul sedikit rasa kecewa. Tak diragukan kalo Oppo Reno3 layak jadi salah satu ponsel idola. Tapi, konfigurasi spesifikasi dan performa keseluruhan masih di bawah harapan.

Maka dari itu, saat perusahaan memperkenalkan seri Reno4 Pro, harapan kembali memuncak. Dan benar saja, HP harga Rp 7 jutaan ini terbilang lebih dari cukup untuk beragam pemakaian.

Penasaran bagaimana hasil review Oppo Reno4 Pro dari Droila? Simak yuk uraian di bawah. Pahami bagaimana spesifikasi Reno4 Pro dan harga terbarunya. Selain itu, kenali juga kelebihan dan kekurangan HP Oppo terbaru ini.

Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 Pro (Root-Nation)
Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 Pro (Root-Nation)

Spesifikasi Oppo Reno4 Pro

Tahun 2020 menjadi tahun membludaknya HP mid-end. Masing-masing OEM nggak kenal lelah dalam menghadirkan HP terbaik untuk kelas ini. Termasuk salah satunya Oppo. Melalui seri Reno4 Pro, perusahaan bertekad meneguhkan posisinya pada kelas tersebut.

Pertanyaannya, apakah perangkat ini memiliki kemampuan itu? Simak dulu ya uraian spesifikasi Oppo Reno4 Pro di bawah.

Desain dan Layar

Layar Oppo Reno4 Pro (Stuff)
Layar Oppo Reno4 Pro (Stuff)

Seperti umumnya HP kelas menengah, sebagian besar bagian body Reno4 Pro dibungkus material plastik. Baik pada frame maupun body belakang. Meskipun begitu, nggak mengurangi kesan premium yang terpancar kuat.

Berat perangkat dijamin nggak bakal bikin kamu pegal. Cuma 161 gram aja. Dibalut warna matte, membuat HP Oppo Reno4 Pro tampak seperti mutiara yang menawan –terutama varian Silky White. Sayangnya, plastik tetaplah plastik. Mudah slip dari tangan. Baiknya sih kamu bungkus dengan hard atau soft case, ya.

Di bagian layar, Reno4 Pro menggunakan tipe AMOLED dengan lebar 6,55 inci. Layar ini mampu menghasilkan resolusi FHD+, tepatnya 1080 x 2400 piksel. Yang mengagumkan, kamu bisa mendapatkan grafis dengan refresh rate 90Hz –bisa dikurangi jadi 60Hz.

Terdapat lubang kecil di bagian atas sebelah kiri layar. Ini merupakan lubang yang menjadi wadah dari kamera selfie. 

Dapur Pacu dan Performa

Performa Reno4 Pro untuk gaming (BGR)
Performa Reno4 Pro untuk gaming (BGR)

Begitu diaktifkan, Oppo Reno4 Pro sudah menjalankan OS Android 10 dengan UI Customization Color OS 7 –sistem operasi interface yang dikembangkan Oppo. Perlu dicatat, Oppo sudah memberi banyak sekali peningkatan pada Color OS 7.

Membuatnya nggak ribet dan dipenuhi bloatware yang nggak terlalu berguna. Dibandingkan UI milik Oppo Reno 10X Zoom, penulis mengakui kalo ColorOS 7 lebih sederhana dan kaya fitur.  Dan beruntungnya, Oppo Reno4 Pro termasuk dalam perangkat uji coba beta ColorOS11.

Di bagian dapur pacu, Reno4 Pro dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Sementara itu pada bagian penyimpanan, HP Oppo terbaik 2020 ini dibekali RAM 8GB dengan ROM 128GB.

Skor Benchmark Reno4 Pro (Root-Nation)
Skor Benchmark Reno4 Pro (Root-Nation)

Cukup lapang dan membuatmu tenang jika terbiasa menyimpan file dalam jumlah besar, bukan?

Sayangnya, ini bukanlah chipset terbaik yang bisa kamu dapatkan pada HP 7 jutaan. Akan tetapi, cukup mumpuni dan bertenaga untuk mengoperasikan beragam fitur canggih dari kamera milik Reno4 Pro.

Di samping itu, pemakaian sehari-hari pun sudah mumpuni. Kamu bebas menggunakan Oppo Reno4 Pro untuk browsing atau sekadang chat dengan teman.

Review Kamera Oppo Reno4 Pro

Kamera Oppo Reno4 Pro (Oppo)
Kamera Oppo Reno4 Pro (Oppo)

Sejak awal diluncurkan, Oppo Reno4 Pro disebut-sebut sebagai salah satu HP kamera terbaik untuk kelas Mid-end. Tapi ingat, itu adalah klaim perusahaan. Tapi pertanyaaan, apa yang membuat Oppo berani menyampaikan pernyaaan tersebut?

Oppo Reno4 Pro dibekali empat kamera belakang. Terdiri dari sensor Sony IMX586 lensa utama, sensor 8MP lensa ultra wide, sensor 2MP lensa makro, serta 2MP lensa mono-color.

Review Kamera Oppo Reno4 Pro (Stuff)
Review Kamera Oppo Reno4 Pro (Stuff)

Hasil uji coba kamera Oppo Reno4 Pro yang dilakukan penulis, hasil untukfotografi pada siang hari terbilang memuaskan. Kamu bisa menangkap gambar yang lebih detil dan penuh warna. Selain itu, tanpa saturasi berlebih.

Sayangnya, performa kamera Oppo Reno4 Pro cenderung nggak stabil jika digunakan malam hari. Begitu pula saat dipakai pada ruangan dengan pencahayaan kurang. Dan untuk kamera depan, terdapat lensa berkemampuan 32MP yang menjanjikan kepuasan paripurna!

Harga Oppo Reno4 Pro Terbaru

Spesifikasi Oppo Reno4 Pro (Root-Nation)
Spesifikasi Oppo Reno4 Pro (Root-Nation)

Oppo Indonesia memperkenalkan Reno4 Pro pada bulan September lalu. Ya, baru beberapa bulan usia HP Oppo terbaik ini. Maka dari itu, harfa Oppo Reno4 Pro pun belum mengalami banyak penurunan.

Melansir website resmi Oppo indonesia, Reno4 Pro kini dibanderol Rp 7,999 juta. Dan kalo kamu pengin mendapatkan harga terbaik, bisa kok cek tautan di bawah.

Kesimpulan: Bagaimana Reno4 Pro Dibandingkan Upper Mid-range Lainnya?

Spek detail Oppo Reno4 Pro (Dok.Istimewa Droila)
Spek detail Oppo Reno4 Pro (Dok.Istimewa Droila)

Setelah beberapa minggu mencoba perangkat ini, banyak kejutan yang penulis dapatkan dari Oppo Reno4 Pro. Meskipun orang China percaya kalo angka 4 merupakan angka yang penuh pertanda sial, HP Oppo terbaru ini malah terbilang sukses dibandingkan pendahulunya, yakni Reno3 series.

Meneruskan tradisi dari Reno series, Oppo Reno4 Pro cukup potensial untuk bersaing di kelas menengah. Terutama saat persaingan makin ketat akibat suburnya pertumbuhan smartphone di kelas ini, spesifikasi dan performa yang kompetitif bisa menjadi daya tarik Oppo Reno4 Pro.

Harga tujuh jutaan dengan segudang fitur-fitur nan canggih tentu bakal membuatmu sayang untuk menolak, bukan? Apalagi, selain fitur yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa fitur unggulan yang sudah ditanamkan perusahaan.

Mulai dari fitur pemindai sidik jari in-display, performa memuaskan untuk gaming, daya tahan baterai yang cukup lama, serta performa empat kamera yang begitu mengagumkan. Maka, untuk kamu yang sudah menyediakan dana tujuh jutaan, bisa lho menjadikan Reno4 Pro sebagai salah satu pilihan.

Harga Reno4 Pro terbaru (Root-Nation)
Harga Reno4 Pro terbaru (Root-Nation)

Kekurangan

  • Body belakang dibungkus material plastik
  • Fotografi cukup memuaskan, tapi seharusnya bisa lebih baik
  • Tanpa dukungan Protokol IP68 anti debu dan percikan air
  • Harga terlalu tinggi

Kelebihan

  • Ringan dan cukup tangguh dibanding kompetitor
  • Daya tahan baterai panjang
  • Grafis dari layar mengagumkan
  • Hasil foto maupun video cukup memuaskan
  • Desain terlihat premium
  • Refresh rate 90Hz
  • Port colokan headphone

Nah, usai sudah review Oppo Reno4 Pro hari ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam memantapkan pilihan sebelum beli HP baru, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like