Review Poco M3 di Indonesia: Spesifikasi, Pilihan Harga Terbaik, Kelebihan dan Kekurangan

HP Poco M3 (AndroidHeadlines)
HP Poco M3 (AndroidHeadlines)

Hari Rabu lalu, Xiaomi Indonesia akhirnya memperkenalkan HP murah terbarunya. Diberi nama Poco M3, perangkat ini sudah debut terlebih dulu di Eropa pada bulan November. Akankah Xiaomi kembali menguasai pasar HP murah lewat perangkat ini? Yuk simak review Poco M3 di bawah.

Tak salah jika banyak reviewer menganggap Poco M3 sebagai ponsel paling hot di awal tahun ini. Bagaimana tidak, hampir semua orang membicarakan produk dari sub-brand ini.

Kelebihan dan kekurangan Poco M3 (TechRadar)
Kelebihan dan kekurangan Poco M3 (TechRadar)

Pasalnya, Poco dinilai sukses menawarkan berbagai hal yang dibutuhkan agar jadi HP paling laris di Indonesia. Desain kece dan inovatif, layar berukuran besar, daya tahan baterai panjang, speaker stereo, setup kamera menjanjikan, hingga performa yang cukup memuaskan.

Di balik itu, harga Poco M3 di Indonesia cuma dibanderol Rp 1 jutaan aja! Tapi, sebelum kamu berpikir untuk membeli perangkat ini, kenali dulu yuk bagaimana susunan spesifikasi Poco M3, pilihan harga terbaik, serta kelebihan dan kekurangan.

Review Desain dan Layar Poco M3

Desain dan layar Poco M3 (TechRadar)
Desain dan layar Poco M3 (TechRadar)

Saat kita membandingkan Poco M3 dengan perangkat lain di kelasnya, ponsel anyar Xiaomi ini layak mendapat predikat yang terbaik untuk HP 1 jutaan. Baik dari segi kualitas maupun desain benar-benar menjanjikan kenyamanan bagi pengguna.

Sekalipun bagian belakang tak terlihat glossy atau dibungkus material metal, tak mengurangi keindahan dari desain yang ditawarkan perusahaan. Dan finishing berbahan kulit membuatnya nggak terlihat membosankan, sebagaimana umumnya HP murah dari OEM lain.

Dari sisi layar, Poco menerapkan layar panel IPS LCD yang memiliki lebar 6,53 inci. Layar ini mampu menyajikan grafis berkualitas 1080 x 2340 piksel. Di samping itu, masih ada perlindungan Corning Gorilla Glass 3, sehingga membuat Poco M3 lebih aman dan tahan di berbagai cuaca.

Review Chipset Poco M3 dan Performanya

Performa gaming Poco M3 (Gizmochina)
Performa gaming Poco M3 (Gizmochina)

Poco layak mendapat pujian berkat keputusannya mengandalkan chipset kelas menengah dari Qualcomm, yakni Snapdragon 662. Meskipun dari segi usia dan teknologi banyak tertinggal, tidak menutup fakta jika ini adalah salah satu chipset kelas menengah terbaik yang pernah diproduksi Qualcomm.

Dan keputusan menerapkan Snapdragon seri 600 untuk HP 1 jutaan tentu saja terbilang berani. Mengingat ponsel di kelas ini biasanya mengandalkan dapur pacu Qualcomm seri 400 atau MediaTek P series.

FYI, seri Snapdragon 662 merupakan varian peningkatan dari seri Snapdragon 660. Oleh perusahaan, Snapdragon 662 mendapat peningkatan di bagian performa kamera. Tentu keuntungan tersendiri bagi pengguna yang ingin memiliki HP kamera canggih tapi terkendala dana, bukan?

Berdasarkan penjelasan perusahaan, Poco M3 sudah menjalankan OS Android 10 dengan balutan MIUI 12. Menurut rencana, Poco M3 merupakan salah satu perangkat yang bakal mendapat pembaruan MIUI.

Review Kamera Poco M3

Kamera belakang Poco M3 (AndroidHeadlines)
Kamera belakang Poco M3 (AndroidHeadlines)

Pemangkasan harga tentu berdampak besar pada kualitas kamera. Tapi tak perlu khawatir, agar hasil pemotretan lensa utama 48MP tetap optimal, perusahaan memutuskan untuk menerapkan lebih sedikit kamera belakang.

Total terdapat tiga buah kamera belakang yang terbungkus modul berbentuk persegi panjang, memenuhi hampir seperempat bagian body belakang perangkat. Dua kamera lain masing-masing berkemampuan 2MP lensa makro dan 2MP sensor kedalaman.

Di antara tiga kamera yang tersedia, kamera utama adalah jenis yang memberi kejutan. Pasalnya, memotret di kondisi terang, foto yang dihasilkan memiliki warna detail dengan jangkauan dinamis yang cukup memuaskan.

Sayangnya, perusahaan enggan untuk menanamkan teknologi OIS pada ponsel anyar ini. Sehingga, hasil gambar mudah kabur –terutama pada kondisi banyak getaran.

Harga Terbaik Poco M3 di Indonesia

Unboxing Poco M3 (AndroidHeadlines)
Unboxing Poco M3 (AndroidHeadlines)

Terdapat dua pilihan harga dengan dua konfigurasi penyimpanan yang ditawarkan perusahaan. Untuk varian RAM 4GB/64GB, Poco M3 dibanderol Rp 1,799 juta. Sementara varian RAM 6GB/128GB, dijual dengan harga Rp 2,199 juta.

Ada tiga pilihan warna yang disediakan Xiaomi. Antara lain Cool Blue, Poco Yellow, dan Power Black.  

Ingat, HP Xiaomi 1 jutaan ini baru diluncurkan minggu lalu. Alhasil, pilihan harga terbaik yang bisa penulis tawarkan tentu nggak jauh berbeda dari harga resmi yang tertera pada situs Xiaomi Indonesia.

Kesimpulan: Pilihan Terbaik untuk HP 1 Jutaan!

Tabel spesifikasi Poco M3 (Dok.Istimewa Droila)
Tabel spesifikasi Poco M3 (Dok.Istimewa Droila)

Poco M3 sukses menawarkan banyak fitur kelas menengah untuk ponsel kelas entry-level. Memiliki layar dengan resolusi tinggi, kemampuan speaker stereo mengagumkan, serta chipset yang performanya nggak perlu diragukan.

Tak salah jika banyak pihak menyebut Poco M3 sebagai calon HP paling laris di Indonesia tahun ini. Perusahaan berhasil menawarkan ponsel yang bisa mengatasi beragam kebutuhan dengan harga yang benar-benar terjangkau.

Meskipun begitu, bukan berarti perangkat ini hadir tanpa kelemahan. Lebih lengkap, berikut ini daftar kelebihan dan kekurangan Poco M3 yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk beli.

Kekurangan

  • MIUI 12 masih belum stabil dan seri lag
  • Hasil kamera makro yang biasa saja
  • Tanpa dukungan kamera ultrawide
  • Hasil perekamanan video nggak memuaskan
  • Tanpa didukung fitur NFC
Spesifikasi Poco M3 (TechRadar)
Spesifikasi Poco M3 (TechRadar)

Kelebihan

  • Layar besar dengan resolusi 1080 piksel
  • Desain unik
  • Daya tahan baterai panjang
  • Speaker stereo dengan hasil audio yang mengagumkan
  • Kualitas foto memuaskan
  • Bisa dipakai untuk memainkana game berat

Nah, usai sudah uraian kali ini  mengenai review Poco M3. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam menentukan keputusan sebelum beli HP baru, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like