Review Realme 7i: HP RAM 8GB Harga 2 Jutaan Terbaik!

Review Realme 7i (Smartprix)
Review Realme 7i (Smartprix)

Seri HP Realme terbaru terasa kurang komplit tanpa kehadiran HP murah yang menawarkan spesifikasi tak jauh berbeda dari varian standar. Dan seri Realme 7 juga memiliki varian itu –diberi naman Realme7i. Nah, kali ini, tim Droila berkesempatan mengulas HP RAM 8GB harga 2 jutaan terbaik ini. Kalo kamu pengin tahu lebih lengkap, simak review Realme 7i di bawah, ya.

HP Realme terbaru ini hadir dengan spesifikasi paling rendah di antara kedua varian lain; yakni Realme 7 dan Realme 7 Pro (review). Namun, kalo kita melihat harga dan spesifikasi yang sudah ditanamkan, Realme 79 menawarkan sesuatu yang sulit untuk kamu tolak.

Bagaimana tidak, display dengan refresh rate 90Hz, konfigurasi quad-camera, chipset Snapdragon 662, serta baterai berkapasitas 5000 mAh. Semua tawaran itu bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 2 jutaan aja (berdasarkan harga terbaru produk ini yang diperoleh penulis dari beberapa situs e-commerce).

Jika dibandingkan sekilas, Realme 7i membawa banyak peningkatan dibandingkan pendahulunya, yakni seri Realme 6i. Akan tetapi, apakah peningkatan tersebut sejalan dengan harga serta performa yang dihasilkan?

Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana performa HP Realme terbaru ini, simak uraian review Realme 7i di bawah, ya. Kita bakal kupas tuntas bagaimana spesifikasi Realme 7i, kelebihan dan kekurangan, serta harga terupdatenya saat ini.

Review Desain Realme 7i (Smartprix)
Review Desain Realme 7i (Smartprix)

Spesifikasi Realme 7i

Jika kita membaca keterangan produk pada website resmi, Realme 7i menjelma sebagai perangkat terbaik dengan harga paling menarik. Tapi, apakah bahasa promosi yang disampaikan perusahaan benar-benar merepresentasikan kemampuan HP Realme termurah ini?

Daripada terjebak dalam perkiraan, lebih baik simak langsung bagaimana spesifikasi Realme 7i dulu, yuk.

Review Layar dan Desain Realme 7i

Layar Realme 7i (Smartprix)
Layar Realme 7i (Smartprix)

Realme merancang seri 7i dengan desain split-tone; kamu bisa melihat adanya garis pemisah yang membagi perangkat jadi dua sisi yakni sisi berkilau dan matte. Kamu bisa menemukan berkas cahaya yang pada body belakang. Membuat bagian ini seakan-akan dibuat dari material glossy.

Sayangnya, body belakang gampang kotor. Terutama akibat sidik jari yang membuat kilaunya tampak kurang menawan. Nah, kamu bisa kok membungkus body belakang dengan case. Sehingga perangkat lebih aman saat terjatuh maupun dari debu.

Dimensi HP Realme 7i (Smartprix)
Dimensi HP Realme 7i (Smartprix)

Meskipun dibungkus case, ponsel ini tetap terasa nyaman di genggaman. Apalagi, beratnya Cuma 188 grams. Menggunakannya cukup lama; baik untuk chatting, browsing, atau gaming –nggak bakal bikin tangan gampang pegal.

Layar IPS LCD berukuran 6,5 inci sama seperti yang ditanamkan perusahaan pada Realme 7. Selain itu, juga mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate 90Hz dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Keamanan layar lebih terjaga berkat lapisan Corning Gorila Glass 3.

Review Chipset dan Dapur Pacu Realme 7i

Realme 7i untuk gaming (YouTube)
Realme 7i untuk gaming (YouTube)

Perbedaan mulai terlihat ketika kita mengulik bagian performa. Realme 7i didukung chipset kelas menengah Qualcomm, yakni Snapdragon 660. Selain itu, juga ada dukungan GPU Adreno 610 yang menjanjikan grafis lebih detail dibandingkan chipset lain di kelasnya.

Pada bagian penyimpanan, Realme 7i hadir dengan konfigurasi memori RAM 8GB dan ROM 128GB. Kapasitas yang cukup besar dan menjamin HP Android jadi lemot akibat terlalu banyak sampah, bukan?

Tampilan Realme UI pada Realme 7i (Smartprix)
Tampilan Realme UI pada Realme 7i (Smartprix)

Sedangkan pada bagian perangkat lunak, Realme 7i sudah menjalankan Realme UI –sistem operasi UI bikinan perusahaan yang didasarkan pada Android 10.

Beberapa fitur menarik yang bisa kamu gunakan antara lain Clone App, Super Power Saving Mode, Smart Sidebar, App Lock, Game Space, dan fitur eksperimen seperti Dual Mode Audio dan Super Nightime Standby.

Berdasarkan uji coba Smartprix, Realme 7i bisa menjalankan berbagai jenis game. Mulai dari game Among Us, Genshin Impact, sampai PUBG Mobile atau Mobile Legends. Hanya saja, untuk PUBG Mobile, baiknya sih kamu mainkan dengan grafis menengah atau Low.

Review Kamera Realme 7i

Kamera belakang Realme 7i (Smarprix)
Kamera belakang Realme 7i (Smarprix)

Di bagian depan, kamu bakal menemukan punch-hole yang berisi kamera berkemampuan 16MP. Kamera dari  lensa wide ini memiliki bukaan f/2.1 serta mampu mengaktifkan fitur fotografi HDR. Untuk merekam video, kamu bisa menghasilkan gambar gerak berkualitas 1080.

Membalik perangkat, terdapat empat kamera yang dibungkus modul berbentuk persegi panjang. Terdiri dari 64MP lensa wide, 8MP lensa ultrawide, 2MP lensa makro, dan 2MP sensor kedalaman. Fitur-fitur pendukungnya antara lain LED Flash, mode HDR, dan mode panorama.

Kamera selfie Realme 7i (Smartprix)
Kamera selfie Realme 7i (Smartprix)

Di bawah cahaya yang cukup, hasil foto Realme 7i terbilang sangat memuaskan. Mampu menambahkan tone warna yang hangat dan pas untuk dibagikan di media sosial. Tapi, begitu kamu menggunakannya pada kondisi gelap, kamera ini jadi kurang menawan.

Review Harga Realme 7i

Unboxing Realme 7i (Smartprix)
Unboxing Realme 7i (Smartprix)

Berdasarkan harga yang penulis dapat dari website resmi, Realme 7i masih dibanderol Rp 3,099 juta. Bisa dibilang harga yang cukup rendah untuk komposisi komponen yang ditawarkan.

Beruntungnya, harga Realme 7i yang penulis temukan dari beberapa toko online cukup beragam. Bahkan, ada beberapa toko yang sudah melepas Realme 7i dengan harga Rp 2,5 juta. Tentu jadi tawaran tambahan yang sulit ditolak, bukan?

Nah, kalo kamu tertarik beli Realme 7i, penulis sudah menyiapkan tautan yang mengarah ke masing-masing toko online. Tinggal pilih harga yang paling menarik buatmu, lalu checkout dari keranjang pembelian.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Kelebihan dan kekurangan Realme 7i (Selular)
Kelebihan dan kekurangan Realme 7i (Selular)

Meskipun diluncurkan sebagai penerus seri Realme 6i, perusahaan memberi banyak lompatan pada teknologi. Ya, kalo melihat komponen hardware yang sudah ditanamkan, tampaknya kurang tepat jika penulis menyebutnya sebagai peningkatan saja.

Akan tetapi, bukan berarti HP kelas menengah ini hadir tanpa kekurangan. Nah, agar kamu nggak merasa salah beli pada akhirnya, simak dulu yuk bagaimana kelebihan dan kekurangan Realme 7i.

Kekurangan

  • Layar HD yang performanya cenderung lemah
  • Mode Malam yang nggak terlalu mencuri perhatian
  • Audio terdengar biasa aja

Kelebihan

  • Realme UI yang memiliki banyak fitur menarik
  • Refresh rate 90Hz
  • Daya tahan baterai Panjang

Spek Detail Realme 7i

Desain

  • Frame dan body belakang dibuat dengan desain glossy
  • Dimensi 164.1 x 75.5 x 8.9 mm
  • Berat 188 gram
  • Dua pilihan warna: Aurora Green dan Polar Blue

Layar

  • Tipe IPS LCD
  • Lebar 6,5 inci dengan rasio body ke layer 82,3%
  • Resolusi 720 x 1600 piksel
  • Refresh rate 90Hz
  • Corning Gorilla Glass 3

Dapur Pacu

  • Chipset Qualcomm Snapdragon 662
  • GPU Adreno 610
  • RAM 8GB
  • ROM 128GB
  • CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • OS Android 10
  • Realme UI

Kamera

  • Konfigurasi quad-camera

+ 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF

+ 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm

+ 2 MP, f/2.4, (macro)

+ 2 MP, f/2.4, (depth)

  • Fitur kamera belakang: LED flash, HDR, panorama, video [email protected], gyro-EIS
  • Punch-hole single kamera  16 MP, f/2.1, 26mm (wide), 1/3″, 1.0µm
  • Fitur kamera depan: mode HDR, video [email protected], gyro-EIS

Baterai

  • Li-Po 5000 mAh, non-removable
  • Fast charging 18W

Harga

  • Resmi: Rp. 3.099.000,-

Kesimpulan Review Realme 7i

HP Realme 7i (HungryGeeks)
HP Realme 7i (HungryGeeks)

Buat penggemar HP Realme garis keras, tentu bisa melihat sedikit perbedaan antara Realme 7i dengan pendahulunya; yakni Realme 6i. Realme 7i mampu menghasilkan refresh rate 90Hz, sementara Realme 6i memiliki kemampuan yang sama.

Di sisi lain, Realme 7i memiliki kamera utama 64MP, sementara Realme 6i memiliki sensor utama 48MP. 7i didukung chipset Snapdragon 660, sedangkan 6i ditenagai chipset MediaTek Helio G90T. Dan terakhir, kapasitas baterai Realme 7i sebesar 5000mAh, sedangkan 6i 4300 mAh.

Kini pertanyaannya, apakah harga Rp 3,099 juta yang ditawarkan perusahan merupakan tawaran yang membuat Realme 7i benar-benar makin menarik? Jangan ambil kesimpulan terlebih dulu. Apalagi, kalo kita ingat, kompetisi di HP harga 2 jutaan semakin ketat.

Perlu kamu ingat, Redmi kembali hadir dengan Redmi Note 9 series serta Poco X2 Pro NFC (review). Tiga buah produk yang tentunya dibekali spesifikasi lebih mumpuni ketimbang Realme 7i. Sehingga, membuat Realme 7i makin terlihat pucat jika dibandingkan secara langsung, bukan?

Jadi, untuk keputusan akhir, tentu saja kembali ke pilihan pembaca.

Jangan sampai ketinggalan rekomendasi handphone terbaik lainnya dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan pemberitahuan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iOS yang hadir setiap hari.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like