BerandaGadgetsReview Realme PAD Mini WiFi: Tablet Terjangkau yang Mantap!

Review Realme PAD Mini WiFi: Tablet Terjangkau yang Mantap!

Punya budget terbatas tapi mau punya tablet berkualitas untuk gaming dan pembelajaran daring? Salah satu opsi yang layak kamu perhitungkan adalah hadirnya realme Pad Mini. Tablet ini sudah tersedia di Indonesia sejak akhir bulan Agustus 2022 dan memiliki banderol harga terjangkau.

Gimana enggak? Hanya dengan mengeluarkan dana sekitar Rp2 jutaan aja, realme Pad Mini sudah bisa kamu bawa pulang. Hadir dengan ukuran layar 8 inci, realme Pad Mini akan menjadi teman setia kamu saat harus beraktivitas di luar rumah.

Bobotnya yang ringan, desain kompak, serta dimensinya yang ringkas membuatnya mudah diselipkan di tas. Ditambah, performanya juga nggak kalah dengan tablet lain di kelas harga yang sama. Produktivitas lancar, hiburan nyaman, isi dompet pun tetap terjaga.

Spesifikasi Realme PAD Mini WiFi

Nah, kalau kamu tertarik ingin menjadikan realme Pad Mini sebagai tablet untuk mempermudah pekerjaan, sebaiknya simak terlebih dahulu review Droila berikut ini, ya!

Review Realme PAD Mini WiFi
Dok.Istimewa/Droila

Desain

Dari segi desain, realme Pad mini terlihat seperti sebuah tablet dengan kelas harga yang cukup premium. Terlihat sangat modern dan kompak. Meski punya layar yang tergolong besar.

Secara detail, tablet pertama realme Indonesia ini memiliki ketebalan 7,6mm. Bobotnya hanya 372 gram. Cukup ringan dan nyaman untuk dibawa dengan satu tangan sehingga pas untuk dipakai membaca buku digital meski berada di kendaraan umum seperti busway atau kereta.

Bodinya menggunakan material aluminum alloy dan memang terasa premium di tangan. Sayangnya, cukup licin dan kurang pas untuk pemiliki telapak tangan yang cenderung mudah berkeringat.

Harga Realme PAD Mini WiFi
Dok.Istimewa/Droila

Performa

Ukuran layar realme Pad mini cukup luas. Bentangnya mencapai 8,7 inci, dengan resolusi WXGA+ yang tergolong standar di kelasnya. 

Bezel kiri dan kanan juga sangat tipis, sementara atas dan bawah sedikit lebih tebal untuk alasan pijakan ibu jari saat menggenggamnya dengan dua tangan pada posisi landscape.

Realme Pad mini dilengkapi dengan dua kamera, masing-masing satu untuk tiap sisi. Di depan, ada sebuah sensor 5MP yang disematkan ke bezel atasnya dalam posisi portrait. Kualitasnya sudah sangat cukup untuk sekadar panggilan video saja, atau sesekali swafoto dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Realme PAD Mini WIFI
Dok.Istimewa/Droila

Sementara kamera belakangnya punya resolusi 8MP dengan autofokus. Tanpa lampu kilat, juga tanpa mode malam. Namun setidaknya ada mode portrait meski tidak ada depth sensor. Bahkan ada mode profesional dengan ISO dan shutter speed yang bisa disesuaikan secara manual.

Untuk menjalankan performa tersebut, Realme Pad mini dibekali dengan baterai 6,400 mAh. Selain baterai besar, realme Pad mini punya dukungan fast charging 18W. Mengisi daya dari hampir habis sampai penuh hanya memerlukan waktu kurang lebih dua jam.

Secara spesifikasi, chipset yang dibenamkan pada realme Pad mini adalah Unisoc Tiger T616 dengan 8 inti CPU dan fabrikasi 12nm. Frekuensi CPU tertinggi dengan konfigurasi Cortex-A75 mencapai 2GHz, alias lebih kencang dari tablet sekelasnya.

Dipadukan dengan kapasitas RAM sampai 4GB dan penyimpanan internal berjenis UFS 2.1 sampai 64GB, performa realme Pad mini terbilang cukup. Untuk akses aplikasi media sosial, memilah tontonan di aplikasi seperti YouTube dan Netflix, membaca buku lewat Google Play Books masih sangat nyaman.

Performa Realme PAD Mini WiFi
Dok.Istimewa/Droila

Fitur Unggulan

Dengan dimensi layar yang besar, kamu bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus lewat Multi-Window mode. Bisa juga diakses secara mudah lewat menu multitasking. 

Selain itu, realme menghadirkan fitur Google Kids Space ke dalam realme Pad mini. Fitur tersebut mampu memberikan kendali penuh orang tua terhadap aktivitas anaknya yang dilakukan di tablet. Mulai dari batas waktu akses aplikasi, daftar apa saja yang bisa diakses, hingga memberikan laporan ke smartphone secara langsung.

Meski dimensinya tipis dan kompak, setup speaker stereo milik realme Pad mini cukup lantang untuk memenuhi satu ruangan. Bukan yang terbaik secara kualitas karena bass yang tergolong tipis. Setidaknya sudah pas untuk konten seperti film ataupun konten populer lainnya seperti podcast.

Fitur Unggulan Realme PAD Mini WiFi
Dok.Istimewa/Droila

Harga Realme PAD Mini WiFi

Untuk realme Pad mini versi LTE (3GB+32GB) dipasarkan dengan harga Rp2.699.000. Sementara versi Pad mini versi LTE (4GB+64GB) dijual dengan harga Rp2.999.000. Keduanya bisa didapatkan secara offline di seluruh realme Brand Store mulai tanggal 26 Agustus 2022.

Selain official e-commerce partner realme, semua varian realme Pad mini WiFi sudah tersedia secara online di situs resmi realme Indonesia.

Tertarik beli? Nggak usah pindah ke lain tempat, gaes. Tim Droila sudah siapkan sejumlah tombol yang akan mengarahkanmu ke toko online. Sehingga kamu bisa cek harga Realme PAD Mini WiFi terbaru setiap saat. So, langsung cek aja, ya.



Kelebihan dan Kekurangan Realme PAD Mini WiFi
Dok.Istimewa/Droila

Kelebihan dan Kekurangan Realme PAD Mini WiFi

SpesifikasiRealme PAD Mini WiFi
DesainFrame alumunium
Body belakang material logam
Berat372 gran
Dimensi211.8 x 124.5 x 7.6 mm
Layar8.7 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 81.5%
Resolusi800 x 1340 piksel
ChipsetUNISOC Tiger T616
GPUMali-G57 MP1
RAM3GB
4GB
ROM64GB
OSAndroid 11
Kamera Belakang8MP, f/2.0
FiturVideo [email protected]
Kamera Depan5 MP, f/2.2
Fitur
BateraiLi-Po 6400 mAh, non-removable
18W wired
5W reverse wired
WarnaGray
Blue
HargaRp 2.999.000
Tabel spesifikasi Realme PAD Mini (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah menyimak spesifikasi dan harga realme Pad mini, mari kita simak kelebihan dan kekurangannya!

Kekurangan

Di luar kelebihanya, ada beberapa hal lain yang juga mesti jadi perhatian sebelum kamu membeli, yakni sebagai berikut:

  • Fitur Multi-Tasking yang Kurang Variatif
  • Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Kelebihan

Kendati demikian, tablet anti-boncos besutan realme ini akan menjadi sarana produktivitas dan entertainment yang nyaman, terlebih bagi kamu yang suka berpergian. Penasaran dengan kelebihannya? Simak poin-poin di bawah ini!

  • Performa Chipset Unisoc T616 yang Memadai
  • Layar yang Cukup Oke di Kelasnya
  • Baterai Awet yang Dilengkapi Fast Charging 18 W
  • Konektivitas Serba Modern
  • Hadir dengan Memori Internal UFS
  • Desain Bodi Kekinian dengan Bobot Ringan dan Bezel Tipis
  • Sistem Operasi yang Bersih dan Ramah untuk Anak
  • Kamera Cukup Layak

Review Realme PAD Mini WiFi

Desain Realme PAD Mini WiFi
Dok.Istimewa/Droila

Secara keseluruhan, realme Pad Mini adalah tablet yang terbilang nyaman dipakai untuk bermain game dan sarana penunjang hiburan lainnya seperti nonton Drakor atau siaran streaming. Bahkan bisa kamu gunakan untuk hal pekerjaan seperti mengetik dan mengedit dokumen. Performa chipset yang dihadirkan tergolong mengejutkan karena sanggup mengangkat frame rate memadai di kelas harganya.

Desain bodinya yang keren dan kece juga tidak akan menjadi halangan saat kamu ingin tampil sebagai yang terbaik di kalangan social circle kamu. Sebab, material yang digunakan adalah feel aluminium yang terasa begitu premium dan kokoh. Tampak seperti tablet mahal sehingga realme Pad Mini ini tergolong layak untuk menunjang gaya hidup kamu.

Usai sudah uraian kali ini mengenai review Realme PAD Mini WiFi. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga tablet murah di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik