Review Samsung Galaxy A01 Core: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan HP 1 Jutaan Ini

Spesifikasi Galaxy A01 Core (TribunNews)
Spesifikasi Galaxy A01 Core (TribunNews)

Kompetisi HP low-end kian memanas. Meski dalam komponen hardware masih kalah dibandingkan Realme dan Redmi, produk Samsung tetap menjanjikan kenyaman; terutama bagi pengguna setia. Dan dalam rekomendasi handphone terbaik kali ini, tim Droila bakal mengulas lebih lengkap dalam review Samsung Galaxy A01 Core.

Diluncurkan secara global oleh Samsung pada bulan Juli, Galaxy A01 Core hadir tanpa pembaruan. Bisa dibilang standar untuk ukuran HP harga murah.

Akan tetapi, kehadiran Galaxy A01 Core mengisyaratkan hal lain; yakni minat perusahaan untuk berpartisipasi dalam kompetisi HP murah. Dibanderol harga 1 jutaan, HP Samsung Galaxy murah ini pas untuk penggemar yang ingin mendapatkan perangkat Samsung terbaru tapi memiliki dana terbatas.

Dan kali ini, tim Droila berkesempatan mencoba HP Samsung Galaxy A01 Core warna hitam. Nah, di bawah ini adalah hasil review Samsung Galaxy A01 Core, spesifikasi, serta kelebihan dan kekurangan perangkat ini. Cekidot, ya.

Desain Galaxy A01 Core (Twitter @evleaks)
Desain Galaxy A01 Core (Twitter @evleaks)

Spesifikasi Galaxy A01 Core

Dijual secara Flash Sale pada beberapa e-commerce, Galaxy A01 Core sukses mencuri perhatian penggemar. Dan sebagai versi lebih murah dari seri Galaxy A01 yang sudah lebih dulu dipasarkan, tentu saja ada banyak perbedaan –terutama dalam hal hardware. Lebih lengkap, berikut ini uraiannya.

Layar dan Kualitas Grafis

Layar Galaxy A01 Core (Samsung)
Layar Galaxy A01 Core (Samsung)

Perusahaan merancang produk ini dengan desain yang mungil. Body polos tanpa hiasan yang umumnya kamu temui dari HP kelas menengah Samsung. Untuk hiasanya, cuma ada garis-garis diagonal yang memenuhi bodi belakang perangkat.

Menurut penjelasan dari perusahaan, desain tersebut disebut sebagai rhytmical pattern. Konsep desain tersebut menjadikan tekstur body perangkat terasa lebih kesat. Keuntungannya, tentu saja genggaman jadi lebih mantab. Cocok untuk kamu yang aktivitas di luar ruangan.

Ukuran layar yakni 5,3 inci. Dan pada HP murah ini, Samsung lebih memilih menggunakan layar jenis PLS TFT. Namun, nggak perlu khawatir untuk kualitas grafis. Layar Samsung Galaxy A01 Core mampu menyajikan gambar berkualitas 720 x 1480 piksel.

Sayangnya, kamu harus lebih hati-hati ketika menggunakan perangkat ini. Soalnya, Galaxy A01 Core nggak dibekali perlindungan Corning Gorilla Glass. Debu dan lecet jadi musuh yang senantiasa mengancam.

Kamera

Kamera Galaxy A01 Core (Samsung)
Kamera Galaxy A01 Core (Samsung)

Dalam hal kamera, total terdapat dua kamera pada perangkat ini. Masing-masing bagian didukung satu kamera saja. Dan menurut penulis, jumlah kamera inilah yang menjadikan Galaxy A01 Core terlihat kurang menggoda.

Untuk HP di kelasnya serta harga jual satu jutaan, kamu bisa mendapatkan dukungan kamera yang lebih banyak. Contohnya adalah produk dari Advan atau Infinix. Tapi sekali lagi, hal itu tentu nggak terlalu jadi persoalan bagi penggemar, bukan?

Kamera belakang memiliki kemampuan 8MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.2. Untuk fitur dukungan, kamera belakang ini juga dibekali fitur Auto Focus, kok. Hasilnya, kamu bisa lebih mudah mengoperasikan kamera untuk menangkap gambar terbaik, bukan?

Sementara di bagian depan, ada satu lensa yang terletak pada bezell atas. Kamera depan ini memiliki kemampuan 5MP dengan bukaan f/2.4. Fitur-fitur dukungan pun juga diberikan untuk menghasilkan foto-foto selfie yang menawan.

Chipset dan Sistem Operasi

Performa Galaxy A01 Core untuk streaming video (Samsung)
Performa Galaxy A01 Core untuk streaming video (Samsung)

Kekaguman penulis dapat ketika mencoba performa Galaxy A01 Core. Kencang! Dan kecepatan ini tentu nggak bisa kita lepaskan dari perang sistem operasi Android 10 Go Edition.

Beruntunglah kamu yang bisa memiliki perangkat ini. Sekalipun desain dan komponen hardware nggak terlalu menggoda, performa Galaxy A01 Core bisa diandalkan, kok. FYI, Android 10 Go Edition merupakan versi Android Go dari sistem operasi terbaru; yakni Android 10.

Dalam hal fitur, memang versi ini nggak bisa dibandingkan dengan versi asli. Tapi setidaknya tetap terasa memuaskan, karena kamu bisa mencicipi beragam fitur canggih dari Android 10.

Untuk bagian hardware, ada dukungan chipset MediaTek MT6739 yang ditemani GPU PowerVR GE8100. Untuk media penyimpanan, perusahan menyiapkan dua varian: yakni 1GB/16GB dan 1GB/32GB.

Nggak perlu mengkhawatirkan memori penuh atai Android lambat. Semua itu sudah teratasi berkat kecanggihan versi Android Go. Sehingga, menurut penulis, Galaxy A01 Core menjadi pilihan tepat bagi pengguna smartphone pemula atau pas untuk kamu yang ingin membelikan HP untuk orang tua.

Harga Galaxy A01 Core Terbaru

Kelebihan dan kekurangan Galaxy A01 Core (kontan)
Kelebihan dan kekurangan Galaxy A01 Core (kontan)

Untuk kamu yang tertarik membeli, ada tiga pilihan warna dari produk ini. Yakni biru, hitam, dan merah. Di samping itu, banderol harga pun berbeda; tergantung kombinasi RAM dan ROM yang kamu inginkan.

Melansir dari website resmi Samsung, untuk harga Galaxy A01 Core varian 1GB/16GB sebesar Rp 1,099 juta saja. Sementara varian 1GB/32GB dijual dengan harga Rp 1,349 juta.

Seperti biasa, tim Droila sudah menyiapkan daftar harga Galaxy A01 Core terbaru yang disusun dari beberapa toko online. Kalo tertarik beli, langsung klik salah satu tautan di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A01 Core

Tabel spesifikasi Galaxy A01 Core (Dok.Istimewa Droila)
Tabel spesifikasi Galaxy A01 Core (Dok.Istimewa Droila)

Sebelum membeli, baiknya sih kamu mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan Galaxy A01 Core. Setidaknya bisa sedikit mengurangi rasa kecewa jika di masa depan menghadapi kendala. Dan berdasarkan pengalaman penulis, begini kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 Core.

Kekurangan

  • Jumlah kamera kalah bersaing dengan HP 1 jutaan lainnya
  • Performa sedikit lambat
  • Mudah panas dan lag
  • Cuma dibekali media penyimpanan 16GB/32GB
Pilihan warna Samsung Galaxy A01 Core (Samsung)
Pilihan warna Samsung Galaxy A01 Core (Samsung)

Kelebihan

  • Baterai berkapasitas 3000 mAh
  • Dukungan slot kartu SD
  • Harga sangat terjangkau
  • Android Go yang mendapatkan pembaruan versi selama tiga tahun

Kesimpulan dan Review Galaxy A01 Core

Unboxing Galaxy A01 Core (Liputan6)
Unboxing Galaxy A01 Core (Liputan6)

Menurut penulis, Galaxy A01 Core adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang mencari HP Samsung murah. Tawaran Android 10 Go Edition pun menjanjikan pengalaman yang lebih optimal bagi pengguna. Ya, seperti sudah disinggung, Android Go Edition bisa menjauhkanmu dari HP Android lemot dan lelet.

Maka dari itu, perangkat ini sangat disarankan untuk kamu yang ingin membelikan HP anak atau orang tua. Yang nggak terlalu memperhatikan performa, kecepatan, serta tampilan. Perangkat ini adalah jawaban paling tepat.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai review Samsung Galaxy A01 Core. Semoga bisa membantumu sebelum ganti HP baru, ya.

Jangan sampai ketinggalan berbagai rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari di Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, dan tips HP Android atau iOS yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like