Review Samsung Galaxy A12: HP Memori Besar Harga Cuma Rp 2 Jutaan!

Review Samsung Galaxy A12 (YouTube)
Review Samsung Galaxy A12 (YouTube)

Menutup tahun 2012, Samsung membuat kejutan dengan meluncurkan HP memori besar. Diberi nama Galaxy A12, ini merupakan produk penerus seri Galaxy A11 yang sudah diluncurkan bulan Maret lalu. Pengin tahu spesifikasi dan harga Samsung A12? Yuk simak review Samsung Galaxy A12 di bawah.

Seperti tak ingin ketinggalan dalam persaingan, Samsung akhirnya meluncurkan produk yang terbilang kompetitif di harga 2 jutaan.

Dukungan setup quad-camera dengan lensa utama 48MP, memori yang cukup lapang, serta kapasitas baterai raksasa, membuat Galaxy A12 cukup menjanjikan

Dan dari komposisi komponen tersebut, bisa kita tangkap keinginan perusahaan untuk tetap eksis di kelas entry-level. Lalu, bagaimana performa Samsung A12 di kelas HP harga 2 jutaan?

Kalo kamu pengin tahu lebih lengkap, yuk simak review Samsung Galaxy A12 berikut.

Pilihan warna Galaxy A12 (Samsung)
Pilihan warna Galaxy A12 (Samsung)

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Nggak salah jika Samsung menjadikan Galaxy A12 penerus dari seri A11. Bagaimana tidak, dukungan spesifikasi yang sudah ditanamkan seakan ingin mengulang kesuksesan seri A11 di masyarakat.

Dan menurut penulis, Samsung A12 memiliki berbagai hal yang diinginkan masyarakat. Dukungan memori besar, RAM 4GB, serta baterai berkapasitas raksasa tentu bakal jadi daya tarik yang sulit dilupakan.

Lebih lengkap, begini uraian spesifikasi Samsung Galaxy A12 yang perlu kamu ketahui.

Review Desain dan Layar

Display Samsung A12 (Samsung)
Display Samsung A12 (Samsung)

Seperti umumnya HP low-end, Galaxy A12 hadir dengan balutan body belakang berbahan plastik. Demikian pula bagian kerangka yang dibikin dari material plastik.

Dan seperti kita tahu, bahan tersebut tentu terasa licin di pegangan. Tapi nggak perlu khawatir. Bisa kelemahan tersebut bisa diatasi dengan menutup body belakang menggunakan case –baik hard case maupun soft case.

Sementara itu, bagian belakang terlihat lebih elegan berkat penerapan modul berbentuk persegi yang membungkus konfigurasi empat kamera.

Tampilan yang memang sedang nge-tren ini terbilang berhasil meningkatkan daya tarik Samsung A12.

Membalik perangkat, layar Galaxy A12 menggunakan panel PLS IPS dengan lebar 6,5 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis dengan resolusi 720 x 1560 piksel.

Sedangkan untuk rasio body ke layar sebesar 83%, sehingga bezell terlihat lebih tipis.

Sayangnya, Galaxy A12 menggunakan layar dengan notch berbentuk waterdrop di bagian atas. Padahal, saat ini layar punch-hole tengah jadi tren dan –menurut penulis, konsep tersebut jadi salah satu alasan di balik kesuksesan Galaxy A11.

Review Chipset dan Dapur Pacu Galaxy A12

Dapur Pacu Galaxy A12 (Samsung)
Dapur Pacu Galaxy A12 (Samsung)

Begitu kamu mengaktifkan perangkat setelah beli, Galaxy A12 langsung menjalankan sistem operasi Andrdoi 10.

Tentu kamu sudah tahu kan fitur canggih yang ditawarkan OS Android terbaru ini? Yang jelas, banyak fitur yang bakal memudahkan aktivitasmu selama online.

Di bagian dapur pacu, Galaxy A12 ditenagai chipset MediaTek Helio P35 yang memiliki empat prosesor inti dan berkecepatan 2,3GHz. Bagian grafis didukung GPU PowerVR GE8320.

Seperti yang sudah sedikit disinggung dari judul, keunggulan utama dari HP Samsung Galaxy A12 adalah memori besar.

Bagaimana tidak, konfigurasi penyimpanan dengan RAM 4GB/6GB dan ROM 128GB tentu bikin pengguna mudah tergiur, bukan?

Ya, konfigurasi yang terbilang cukup agar HP bisa menjalankan berbagai HP berat. Di samping itu, kamu pun nggak perlu mengkhawatirkan penyimpanan yang mudah penuh. 128GB sudah lebih dari cukup!

Review Kamera Samsung A12

Kamera belakang Galaxy A12 (Samsung)
Kamera belakang Galaxy A12 (Samsung)

Menjadi HP pertama yang diperkenalkan Samsung pada tahun 2021, Galaxy A12 menawarkan sesuatu yang benar-benar baru untuk kelas HP 2 jutaan.

Untuk pertama kalinya, Samsung menanamkan setup empat kamera pada HP low-end! Apalagi, kemampuan kamera yang sudah ditanamkan pun cukup kompetitif dengan HP terbaru 2020 lainnya.

Keempat kamera tersebut masing-masing memiliki kemampuan 48MP lensa wide yang didukung fitur Auto Focus (AF), 5MP lensa ultrawide, 2MP lensa makro, dan 2MP sensor kedalaman.

Selain itu, kamera belakang Galaxy A12 juga mendukung fitur Digital Zoom 10X. Ya, kamu bisa memperbesar gambar tanpa khawatir resolusi pecah atau buram!

Sementara itu kamera depan disimpan pada notch berbentuk waterdrop. Kamera depan Galaxy A12 memiliki kemampuan 8MP lensa wide dengan bukaan f/2.2.

FYI aja nih, kalo kamu merekam video pakai kamera depan, hasilnya bisa mencapai resolusi 1080 piksel pada 30FPS.

Tawaran yang sangat menarik kalo kamu hobi bikin konten di TikTok atau media sosial lainnya, bukan?

Harga Samsung Galaxy A12

Kelebihan Samsung A12 (Samsung)
Kelebihan Samsung A12 (Samsung)

HP Samsung Galaxy A12 baru saja diluncurkan perusahaan. Bahkan baru beberapa hari yang lalu. Maka dari itu, untuk harga, penulis menjadikan angka yang tertera di website resmi sebagai patokan.

Terdapat dua varian RAM yang bisa kamu pilih dengan harga yang berbeda. Untuk Samsung A12 RAM 4GB/128GB dibanderol Rp 2,399 juta.

Sementara spesifikasi yang lebih tinggi, yakni Galaxy A12 6GB/128GB, dijual dengan harga Rp 2,699 juta.

Karena masih baru, harga yang penulis temukan dari toko online pun belum terlalu variatif. Tapi, kalo kamu tertarik untuk memiliki, langsung klik tautan di bawah aja, ya.

Penulis sudah menyiapkan daftar harga Galaxy A12 terbaru dari beberapa toko online.

Kesimpulan Review Samsung Galaxy A12

SpesifikasiSamsung Galaxy A12
DesainFrame dan body dari material plastik
Berat205 gram
Dimensi164 x 75.8 x 8.9 mm
LayarPLS IPS dengan lebar 6,5 inci
ResolusiHD 720×1600 piksel
ChipsetMediaTek Helio P35
GPUPowerVR GE8320
RAM4GB/6GB
ROM128GB
OSAndroid 10
Kamera Belakang48 MP, f/2.0, 26mm (wide), AF5 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide)2 MP, f/2.4, (macro)2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED Flash, panorama, HDR
Kamera Depan8MP, f/2.2
Fitur[email protected]
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableFast charging 15W
WarnaBlack, White, Blue, Red
HargaRp. 2.399.000,- (4GB/128GB)Rp. 2.699.000,- (6GB/128GB)
Tabel Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A12 (Tim Droila)

Untuk sementara waktu, Samsung Galaxy A12 layak menyandang predikat sebagai HP low-end terbaik 2021. Dukungan baterai 5000 mAh dengan memori besar menjadikannya begitu menggoda. Tapi, bukan berarti OEM lain nggak bakal memberi peningkatan pada produk mereka tahun depan, bukan?

Apalagi, kompetisi low-end dan mid-end diperkirakan bakal makin sengit. Realme sebagai pemain baru sukses menarik perhatian masyarakat luas dan bisa dipastikan kalo bakal menghadirkan banyak perangkat entry-level dan low-end yang lebih menggoda.

Begitu pula dengan Vivo, Oppo, dan Xiaomi yang selalu menawarkan sesuatu yang baru pada produk-produk anyarnya. Lalu, bagaimanakah nasib Galaxy A12 di tengah persaingan ini? Baiknya biarkan waku yang menjawab pertanyaan itu.

Kelebihan

  • RAM besar 4GB dan 6GB
  • ROM besar 128GB
  • Baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung
  • Quad-camera
  • Performa MediaTek Helio P35 cukup mulus dan memuaskan
Fitur pendukung Galaxy A12 (Samsung)
Fitur pendukung Galaxy A12 (Samsung)

Kekurangan

  • ­Performa chipset masih kalah dengan Snapdragon 665, padahal SoC tersebut sudah dipakai pada produk lain oleh kompetitor
  • Layar 1600 x 720 dirasa kurang untuk HP harga 2 jutaan
  • Kamera selfie cuma 8MP
  • Agar berat, yakni 205 gram

Usai sudah review Samsung Galaxy A12 dari Droila hari ini. Semoga review di atas bisa membantumu dalam menentukan keputusan akhir sebelum beli Samsung A12, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar ketinggalan informasi teknologi terupdate lainnya, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like