Review Samsung Galaxy M51: Spesifikasi, Harga di Indonesia, Kelebihan dan Kekurangan

HP Galaxy M51 (Smartprix)
HP Galaxy M51 (Smartprix)

Penasaran bagaimana review Samsung Galaxy M51 ala Droila? Kali ini, penulis bakal mengupas tuntas bagaimana spesifikasi, harga di Indonesia, kelebihan dan kekurangan, serta perbandingan Galaxy M51 dengan perangkat lainnya. Cekidot, ya.

Lewat ponsel terbarunya ini, kita bisa menilai kalo Samsung mulai percaya diri dengan seri Galaxy M. Diperkenalkan sebagai HP kelas menengah harga terjangkau yang menyasar anak muda, seri Galaxy M terbaru mulai mendekati seri Galaxy A; mulai dari spesifikasi hingga harga.

Nggak salah juga kok kalo ada sebagian pengguna yang menilai Galaxy M51 merupakan salah satu produk paling ambisius dari perusahaan.

Nah, kalo kamu tertarik beli, jangan lupa untuk baca review Samsung Galaxy M51 di bawah. Penulis sudah menyiapkan berbagai hal yang perlu kamu ketahui dari Galaxy M51; mulai dari spek, harga di Indonesia dan beberapa toko online, kelebihan dan kekurangan, serta perbandingan spek Galaxy M51 dengan perangkat lain. Cek langsung aja, ya.

Review Samsung Galaxy M51 (Samsung)
Review Samsung Galaxy M51 (Samsung)

Spesifikasi Galaxy M51

Diluncurkan pada awal bulan Oktober lalu, HP Samsung terbaru ini dibekali formula memberi kesuksesan pada Galaxy M31 dan M31s; baterai berkapasitas besar, teknologi kamera yang canggih, layar tipe AMOLED, dan masih banyak lagi.

Konfigurasi itu pula yang membuat Galaxy M51 cukup kompetitif; apalagi saat dibandingkan dengan ponsel lain sekelasnya; seperti Vivo V20, Oppo F17 Pro, atau OnePlus Nord.

Lebih lengkap, simak uraian di bawah ini.

Desain dan Layar

Layar Galaxy M51 (Samsung)
Layar Galaxy M51 (Samsung)

Saat diperkenalkan di India, kita hanya bisa melihat dari gambar. Kesan yang penulis dapatkan, elegan dan premium! Akan tetapi, begitu penulis berkesempatan memegang perangkat; rasanya berat!

Ya, soalnya HP Samsung terbaru ini memiliki berat 213 gram dengan ketebalan 9,3mm. Alhasil, tangan kecil masyarakat Indonesia mungkin bakal kesulitan untuk menggenggamnya berlama-lama. Bikin cepat pegal!

Ukurannya yang terbilang besar itu bukan tanpa alasan. Dan alasan utama di baliknya yakni kapasitas baterai raksasa; 7.000mAh! Menjadikan Samsung Galaxy M51 sebagai salah satu perangkat dengan baterai besar dan daya tahan yang bisa diandalkan.

Dalam hal desain, bagian depan kamu bisa menemukan lubang punch-hole yang menjadi wadah dari kamera serta layar Super AMOLED. Untuk bagian belakang, terdapat konfigurasi empat kamera yang dibungkus modul persegi panjang.

Chipset dan Dapur Pacu

Dapur Pacu Galaxy M51 (Samsung)
Dapur Pacu Galaxy M51 (Samsung)

Samsung harga Rp 5 jutaan mungkin masih terasa mahal untuk sebagian masyarakat Indonesia. Akan tetapi, kalo kamu cari HP yang berumur panjang, Galaxy M51 merupakan jawaban yang tepat.

Faktor yang memengaruhinya tentu berasal dari performa komponen dapur pacu. Ya, Galaxy M51 didukung chipset dari Qualcomm; yakni Snapdragon 730G. Ini merupakan chipset yang terbilang kompetitif selama dan dijamin tangguh untuk pemakaian panjang.

Sementara itu, ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 10. Dukungan OS Samsung One UI 2.1 yang dibangun untuk versi tersebut menjanjikan kecanggihan fitur yang memudahkan pengguna dalam dalam kegiatan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M51 (Samsung)
Kelebihan dan Kekurangan Samsung M51 (Samsung)

Contoh fitur yang bisa kamu gunakan yakni Always On Display, Game Booster, sistem navigasi berbasis gestur, Integrasi PC, tampilan layar yang lebih lebar, Messenger dual, serta masih banyak lagi fitur unggulan lainnya.

Berdasarkan percobaan penulis, game dengan grafis tinggi seperti Call of Duty Mobile atau PUBG Mobile bisa berjalan tanpa banyak kendala. Bahkan kamu bisa mengaktifkan mode HD yang menghasilkan gambar lebih detail dan tajam. So, siap-siap sering Chicken Dinner aja selama menggunakan perangkat ini.

Hasil uji coba performa chipset Galaxy M51 menggunakan beberapa aplikasi benchmark, kita bisa melihat kalo ponsel ini cukup bertenaga. Untuk hasil AnTuTu, Snapdragon 730G yang dipakai Galaxy M51 memiliki nilai di atas Snapdragon 720G dan di bawah 732G.

Kamera Samsung M51

Desain Samsung M51 (Smartprix)
Desain Samsung M51 (Smartprix)

Sektor kamera selalu jadi salah satu keunggulan utama HP Samsung. Namun, kamu berhak merasa kecewa begitu melihat konfigurasi kamera Samsung Galaxy M51. Soalnya, nggak jauh berbeda dari seri M31s yang dijual jauh lebih murah!

Yang berbeda hanyalah spesifikasi dan kemampuan sensor saja. Di bagian belakang, modul berbentuk persegi panjang diisi konfigurasi empat kamera. Keempat kamera ini terdiri dari 64MP f1.8 lensa utama, 12MP f2.2 lensa ultrawide, 5MP f2.5 lensa makro, dan 5MP sensor kedalaman.

Kamera Samsung Galaxy M51 (Samsung)
Kamera Samsung Galaxy M51 (Samsung)

Sedangkan kamera depan dibungkus lubang punch-hole dan memiliki memiliki kemampua 32MP. Kamera depan ini mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 4K serta memiliki fitur slow-motion.

Selain peningkatan di bagian spesifikasi komponen, perusahaan juga menambahkan fitur-fitur canggih yang bakal membuat pengalamanmu makin menyenangkan. Antara lain fitur Single Take, Super Steady, Night Hyperlapse, Super Slow Motion, AR Emoji, AR Sticker, dan Stamp. Tawaran yang sulit ditolak, bukan?

Samsung Galaxy M51 Harga di Indonesia

Unboxing Galaxy M51 (Unbox)
Unboxing Galaxy M51 (Unbox)

Berdasarkan keterangan yang penulis peroleh dari website resmi Samsung, Harga Galaxy M51 di Indonesia dibanderol Rp5,499 juta. Dari harga tersebut membua Galaxy M51 cukup bersaing dengan Vivo V20, Oppo F17 Pro, atau OnePlus Nord yang dijual sedikit lebih tinggi.

Sementara itu, untuk persaingan Galaxy M51 vs A51 atau vs A71, menurut penulis kamu juga masih diuntungkan, kok. Soalnya, spesifikasi yang jauh lebih tinggi tentu jadi daya tawar yang paling sulit ditolak ketika mempertimbangkan perangkat ini.

Nah, kalo kamu pengin beli, penulis sudah siapkan tautan menuju beberapa toko online. Di dalamnya, kamu bisa memilh sendiri toko mana untuk beli HP Samsung terbaru ini. Yang jelas, cukup bersaing!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M51

Kelebihan Samsung Galaxy M51 (Samsung)
Kelebihan Samsung Galaxy M51 (Samsung)

Berdasarkan pengalaman penulis selama uji coba, Samsung Galaxy M51 layak kalo disebut sebagai all-rounder. Spesifikasi dan tawaran fitur yang komplit dengan harga jual yang lebih terjangkau. Akan tetapi, tetap ada beberapa kekurangan yang wajib diketahui. Lebih lengkap, berikut daftar kelebihan dan kekurangan Samsung M51.

Kekurangan

  • Belum bisa menghasilkan refresh rate berkualitas tinggi
  • Ukurannya cukup besar dan berat. Sehingga bikin tangan mudah merasa pegal
  • Body belum dilindungi sertifikat tahan air atau debu
  • Kamera depan nggak didukung LED Flash
Kapasitas baterai Samsung M51 (Samsung)
Kapasitas baterai Samsung M51 (Samsung)

Kelebihan

  • Hasil layar Super AMOLED cukup memuaskan
  • Daya tahan baterai panjang
  • Fitur kamera yang canggih dan mudah digunakan
  • Fitur dari OS interface yang komplit

Spek Detail Galaxy M51

Desain

  • Body belakang berbahan plastik
  • Dimensi HP 163.9 x 76.3 x 9.5 mm
  • Berat 213 g
  • Dua pilihan warna: Celestial Black dan Electric Blue

Layar

  • Tipe Super AMOLED
  • Lebar 6,7 inci dengan rasio body ke layar 86,7%
  • Resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Corning Gorilla Glass 3

Dapur Pacu

  • Chipset Qualcomm Snapdragon 730G
  • RAM 8GB
  • ROM 128GB (bisa ditingkatkan hingga 512GB)
  • GPU Adreno 618
  • CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)

Kamera

  • Konfigurasi empat kamera

+ 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF

+ 12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide)

+ 5 MP, f/2.4, (macro)

+ 5 MP, f/2.4, (depth)

  • Fitur kamera belakang: LED flash, panorama, HDR
  • Kamera depan 32 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
  • Fitur kamera depan: HDR, mampu menghasilkan video berkualitas 4K

Baterai

  • Li-Po 7000 mAh, non-removable
  • Fast charging 25W, 100% in 115 min (iklan)
  • Fitur Reverse Charging

Harga

  • Rp. 5.499.000,-

Review Samsung Galaxy M51: Apakah Menguntungkan?

Samsung Galaxy M51 (Smartprix)
Samsung Galaxy M51 (Smartprix)

Sudah banyak pengulas teknologi yang mengakui ketangguhan Galaxy M51. Bukan bermaksud mengekor pendapat sebelumnya, tapi memang begitulah kenyataan dari pengalaman yang bakal kamu dapatkan.

Ya, kamu benar-benar bisa menggunakan HP kelas menengah Samsung ini untuk beragam kegiatan. Baik itu untuk browsing, chatting, hingga aktivitas berat seperti gaming, streaming, atau vlogging.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai review Samsung Galaxy M51. Menurut pembaca, bagaimana performa serta ketangguhan perangkat ini? Coba deh bagikan komentar kalian lewat media sosial Droila.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android atau iPhone yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like