BerandaGadgetsReview Samsung Galaxy Tab S8 5: Performa Lebih Kencang & Mulus

Review Samsung Galaxy Tab S8 5: Performa Lebih Kencang & Mulus

Samsung akhirnya mengumumkan kehadiran Galaxy Tab S8 series 5G terbaru pada Jumat (11/2) lalu di Indonesia. Produk tersebut terdiri dari Galaxy Tab S8 dan S8+ dengan kualitas layar yang besar dan tajam.

Dirancang untuk para milenial, Galaxy Tab S8 series menawarkan pengalaman video conferencing yang disempurnakan dengan hadirnya kamera depan ultra-wide, tiga mikrofon, dan teknologi auto-framing cerdas untuk menikmati pengalaman video call yang diklaim profesional.

Nggak cuma itu, perangkat ini menawarkan kemampuan multitasking revolusioner dengan fitur Multi-active Windows dan Samsung DeX yang lebih canggih lagi. Sementara kemampuan berbagi filenya juga makin aman dan mudah dengan Quick Share yang terproteksi password.

galaxy tab s8 harga
Dok.Istimewa/Droila

Penasaran apa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S8 5G? Simak review Droila berikut.

Spesifikasi Galaxy Tab S8 5G

Hadir sebagai varian termurah dan paling “sederhana” dibandingkan dengan kedua varian lainnya, Samsung Galaxy Tab S8 tetaplah sebuah tablet berkualitas yang bisa menyaingi tablet-tablet kelas dunia lainnya, seperti Huawei MatePad Pro ataupun iPad Pro. Nah, penasaran seperti apa spesifikasi tablet Samsung ini? Mari simak ulasannya berikut ini!

Desain

samsung tab s8 harga
Dok.Istimewa/Droila

Bukan cuma yang paling murah, Galaxy Tab S8 juga jadi yang paling kecil dibanding kedua saudaranya. Ukuran layarnya hanya 11 inci dengan bezel yang masih bisa dianggap tipis untuk ukuran tablet. Bodinya dibuat flat persegi dengan sudut-sudut yang cukup ergonomis.

Dengan bodi yang ramping ini, Samsung Galaxy Tab S8 5G sangat nyaman untuk dibawa bepergian. Sebab, gampang masuk ke dalam tas, bahkan ketika terpasang keyboard cover sekalipun. 

Menemani desain yang ramping ini, Galaxy Tab S8 mengadopsi material metal yang premium. Tidak ada aksen-aksen tertentu yang membuatnya tampil beda. Bisa dibilang, desainnya tidak terlalu berbeda dengan generasi pendahulunya. Di bagian belakang, kamu akan kembali menemukan area bermagnet untuk menempelkan S Pen.

samsung tab s8 spesifikasi
Dok.Istimewa/Droila

Beralih ke segi layar, tablet ini mengusung layar LTPS TFT dengan resolusi 2560 x 1600 dan refresh rate hingga 120Hz. Walaupun panelnya belum Super AMOLED tapi tingkat kecerahan dan sajian warnanya patut diacungi jempol.

Performa

Samsung mempersenjatai tablet ini dengan chipset paling kencang dari Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 8 Gen 1 4nm. Nggak heran kalau performanya super gesit. Membuka dan beralih antar aplikasi terasa begitu cepat. Urusan produktivitas, multitasking, maupun hiburan bisa dijalankan dengan mulus tanpa masalah. Termasuk untuk bermain game.

samsung tab
Dok.Istimewa/Droila

Kamu juga nggak perlu khawatir soal suhu panas ketika menjalankan aplikasi berat seperti game dalam durasi yang lama. 

Sementara untuk baterainya sendiri, Galaxy Tab S8 dibekali daya 8.000 mAh serta sudah didukung teknologi Fast Charging 45W. Meski sayangnya, Samsung lagi-lagi tidak menyediakan charger bawaan dalam dus tablet ini. 

Fitur Unggulan

performa galaxy tab s8 5g
Dok.Istimewa/Droila

Fitur unggulan Galaxy Tab S8 Series adalah S Pen generasi terbaru yang punya latency lebih rendah. Dengan upgrade yang lumayan signifikan dari S Pen terdahulu, pengalaman menulisnya pun semakin mirip dengan mengguratkan pena di atas kertas.

Nggak cuma untuk menulis, S Pen Galaxy Tab S8 juga bisa dimanfaatkan untuk selfie, mengontrol presentasi, dan memainkan music atau film favorit.

Selain S Pen, tablet berbasis Android 12 ini dibekali kamera utama 13 MP yang ditemani kamera 6 MP ultra-wide. Di depan, Samsung menanamkan kamera 12 MP ultra-wide. Bagi kamu yang sering menggunakan aplikasi konferensi video seperti Zoom, Samsung membenamkan fitur Auto Framing yang dapat memastikan posisimu selalu berada di tengah layar.

kelebihan dan kekurangan galaxy tab s8 5g
Dok.Istimewa/Droila

Harga Galaxy Tab S8 5G

SpesifikasiSamsung Galaxy Tab S8 5G
DesainFrame alumunium
Body belakang material logam
Berat507 gram
Dimensi253.8 x 165.3 x 6.3 mm 
Layar11.0 inci
TFT LCD
Corning Gorilla Glass 5
Rasio body ke layar 83.6%
Resolusi1600×2560 piksel
ChipsetSnapdragon 8 Gen 1
GPUAdreno 740
RAM8GB/12GB
ROM128GB/256GB
OSAndroid 12; Bisa ditingkatkan ke Android 12L
One UI 4.1.1
Kamera Belakang13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.4″, 1.0µm, AF
6 MP, f/2.2, (ultrawide)
FiturLED flash
HDR
Panorama
Video [email protected]/60fps
Kamera Depan12 MP, f/2.4, 120˚ (ultrawide)
FiturHDR
Video [email protected]/60fps
BateraiLi-Po 8000 mAh, non-removable
45W wired, 100% in 80 min (advertised)
WarnaGraphite
Silver
Pink
Gold
HargaRp 9.999.000 (WiFi)
Rp 12.999.000 (SIM)
Tabel spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 5G (Dok.Istimewa/Droila)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tablet ini memang dirancang untuk para anak muda sehingga harganya pun cukup ramah di kantong.

Galaxy Tab S8 dibanderol dengan harga Rp9.999.000 untuk varian Wifi dengan pilihan warna Graphite, dan Rp12.999.000 untuk varian 5G dalam pilihan warna Graphite, Silver, dan Pink Gold.

Tertarik beli? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Kamu bisa cek harga Samsung Galaxy Tab S8 5G terbaru lewat tombol di bawah ini.



Kelebihan dan Kekurangan Galaxy Tab S8 5G

Setelah mengetahui spesifikasinya, mari kita simak kelebihan dan kekurangan tablet ini!

Kekurangan

Terlepas dari beragam kelebihannya, Samsung Galaxy Tab S8 tetap memiliki beberapa kekurangan yang mesti kamu ketahui sebelum membeli.

  • Tidak Menyediakan Charger dalam Boks Pembelian
  • Bodi Terasa Berat untuk Ukuran Tablet 11 Inci
  • Hanya Menggunakan Panel Layar TFT
  • Sensor Sidik Jari di Samping

Kelebihan

Meski hanya varian reguler, tablet ini tetap menawarkan banyak kelebihan yang jarang dimiliki tablet lain. Berikut adalah kelebihan Galaxy Tab S8 yang perlu kamu ketahui.

  • Performa Tablet Android Terbaik Berkat Snapdragon 8 Gen 1
  • Samsung DeX untuk Pengalaman Desktop yang Menyenangkan
  • Desain Bodi yang Kokoh
  • Kamera Depan Gunakan Sensor Ultrawide
  • Konektivitas WiFi 6E
  • Sudah Tersedia dengan S Pen

Review Galaxy Tab S8 5G

samsung tab s8 spesifikasi
Dok.Istimewa/Droila

Meski ada pepatah yang mengatakan “ada uang ada rupa” dan hal ini identik dengan barang berkualitas biasanya dibanderol dengan harga yang mahal, tentu akan dipatahkan dengan hadirnya Galaxy Tab S8. Sebab, yang murah bukan berarti kurang memuaskan. 

Buktinya tablet ini tetap mampu menyajikan pengalaman yang maksimal sebagai sebuah tablet kelas flagship. Performanya kencang, fiturnya canggih, dan tampilannya premium. Sebagai penunjang produktivitas maupun sarana hiburan, Galaxy Tab S8 merupakan salah satu opsi terbaik yang bisa kamu beli di Indonesia saat ini.

Usai sudah uraian kali ini mengenai review Samsung Galaxy Tab S8 5G. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga tablet Android di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik