Review Vivo X50 Pro Harga dan Spek: Teknologi Kamera Gimbal dengan Harga Terjangkau

Desain Vivo X50 Pro (Slashgear)
Desain Vivo X50 Pro (Slashgear)

Minggu lalu, Vivo meluncurkan versi global dari smartphone kelas menengah terbarunya. Nggak tanggung-tanggung, Vivo meluncurkan dua seri sekaligus; yakni Vivo X50 dan X50 Pro. Kali ini, tim Droila bakal review Vivo X50 Pro; mulai dari spesifikasi, harga, kemampuan kamera, serta kelebihan dan kelemahannya.

Inilah smartphone flagship pertama yang diperkenalkan Vivo tahun ini. Dan lagi-lagi, perusahaan memberikan kejutan melalui seri X50 Pro. Tak lain adalah penerapan teknologi kamera gimbal.

FYI, teknologi gimbal merupakan teknologi yang berfungsi untuk menyeimbangkan kamera saat proses pengambilan gambar; baik untuk fotografi maupun video. Dan inilah terobosan paling menarik dari Vivo. Soalnya, biasanya kita menemukan gimbal membungkus kamera atau gadget berukuran 6 inci.

Ya, tak pernah ada sebelumnya teknologi kamera gimbal sebagaimana yang ditunjukkan Vivo X50 Pro: sangat kecil dan terletak di dalam modul kamera berukuran 8mm.

Hasilnya, menukil uraian Ben Sin dari Forbes, pengguna bisa bergerak secara lebih bebas tapi tetap menghasilkan gambar yang stabil alias nggak goyang. Kamu pun bisa menggerakkan kamera dengan tiga axis; x (horisontal), y (vertikal), dan z (dimensi ketiga yang bertumpu pada pengguna –baik menjauh atau mendekati tubuh).

HP Vivo X50 Pro (CNet)
HP Vivo X50 Pro (CNet)

Harga dan Spek Vivo X50

Harus diakui, kejutan ini membuat citra Vivo naik dalam kompetisi HP kamera. Dan nggak cuma gimbal aja yang patut kita perhatikan; masih ada beberapa fitur unggulan yang nggak kalah menarik. So, untuk kamu yang tertarik membeli, simak terus uraian review Vivo X50 Pro di bawah ini, ya.

Desain dan Display

Tampak samping Vivo X50 Pro (Forbes)
Tampak samping Vivo X50 Pro (Forbes)

Desain elegan dan bersaing jika dideretkan dengan smartphone flagship dari vendor lain. Itulah yang bisa penulis tangkap saat pertama kali melihat produk ini. Mengusung material berbahan kaca, Vivo X50 Pro terlihat menggoda.

Nggak cuma itu aja, dimensinya pun terbilang tipis; yakni 158,5 x 72.8 x 8 mm. Beratnya pun cuma 181,5 gram saja. Alhasil, perangkat ini sesuai menemanimu gaming maupun streaming sambil rebahan di kamar. Nggak bikin cepat pegal!

Vivo X50 Pro (Forbes)
Vivo X50 Pro (Forbes)

Bagian layarnya menggunakan tipe AMOLED dengan desain curvy di pinggir. Layar dengan lebar 6,56 inci menjanjikan tampilan yang lebih lapang. Soalnya, untuk bagian kamera depan, Vivo X50 Pro mengandalkan konsep punch-hole yang terletak di sisi kanan atas.

Keunggulan lainnya, layar tersebut mampu menampilkan gambar beresolusi HDR10+ dengan sensor sidik jari yang tertanam atau in-display. Godaan paling besar juga bakal kamu dapat ketika melihat gambar yang ditampilkan. Pasalnya, perangkat ini mendukung refresh rate 90Hz. Ya, bermain game maupun streaming jadi makin mulus dan detail!

Kamera Vivo X50 Pro

Kamera belakang Vivo X50 Pro (Forbes)
Kamera belakang Vivo X50 Pro (Forbes)

Perusahaan membekali smartphone flagship ini dengan empat kamera belakang. Masing-masing memiliki kemampuan 48 MP lensa wide, 8 MP lensa periskot dan telephoto, 13 MP lensa portrait, dan 8 MP lensa ultrawide.

Keempat kamera terseut dibungkus modul berbentuk persegi dan terletak di pojok atas perangkat.Dan umumnya, kamera Vivo X50 Pro bisa menghasilkan foto dengan warna yang lebih akurat dan vibrant lebih mudah.

Hanya saja, berdasarkan uji coba yang dilakukan Sareena Dayaram dari CNet, untuk kondisi pencahayaan tertentu –contohnya saat sunset– hasil jepretan kamera belakang lebih tersaturasi dan padat warna.

Kamera gimbal Vivo X50 Pro (Forbes)
Kamera gimbal Vivo X50 Pro (Forbes)

Di atas, penulis sudah menguraikan kelebihan dari teknologi gimbal yang menjadi tawaran paling menarik dari HP Vivo terbaru ini. Akan tetapi, peningkatkan sektor kamera nggak cuma itu aja. Nyatanya, perusahaan juga menambahkan kemampuan 60x Hyper Zoom.

Memang, hasilnya masih sedikit buram. Bagaimanapun, pembesaran kamera sampai 60x merupakan kemampuan yang luar biasa. Tapi, setidaknya, kamu masih bisa mendapatkan gambar yang detail pada pembesaran sebesar 30 sampai 50x.

Dapur Pacu dan Perangkat Lunak

Layar X50 Pro (Forbes)
Layar X50 Pro (Forbes)

Vivo X10 Pro menjalankan sistem operasi Android 10 dengan kustomisasi tampilan antarmuka berupa UI bikinan perusahaan versi terbaru, yakni Funtouch 10.5. Memang, kamu bakal lebih banyak mengoperasikan perangkat lewat OS Funtouch 10.5. Hanya saja, nggak terlalu banyak perubahan dibandingkan versi asli Android 10 yang bisa kamu coba lewat perangkat lainnya, kok.

Ya, versi terbaru OS untuk UI dari Vivo ini menawarkan navigasi yang serupa dengan versi Android 10. Bahkan, kamu juga bakal mendapatkan App Drawer, fitur yang juga bisa kita gunakan pada Android 10.  Sedangkan untuk mengaktifkan Google Assistant, cukup tekan dan tahan pojok kanan layar bagian bawah lalu usap ke atas.

Peningkatan ini tentu saja jadi kabar gembira untuk pengguna Vivo pemula. Mengingat, versi-versi OS Funtouch sebelumnya memberikan navigasi yang benar-benar berbeda. Alhasil, banyak pengguna yang terpaksa meluangkan waktu untuk beradaptasi dengan perangkat dan navigasi.

Vivo X50 Pro untuk gaming (Smartprix)
Vivo X50 Pro untuk gaming (Smartprix)

Untuk bagian dapur pacu, menurut penulis, banyak pengguna yang bakal kecewa. Soalnya, Vivo lebih memilih menggunakan chipset Snapdragon 765G, alih-alih mengandalkan chipset seri flagship lain. Bisa dilihat, perusahaan lebih menitikberatkan pada performa dan fitur-fitur fotografi.

Meskipun begitu, performa seri Snapdragon 765G terbilang memuaskan lewat perangkat ini. Bahkan, bisa dibilang kalo chipset ini merupakan pilihan paling tepat; soalnya harganya yang lebih murah tapi menawarkan pengolahan grafis serta performa yang maksimal.

Nggak cuma itu aja, Vivo juga menambahkan fitur-fitur yang menunjang performa gaming. Kumpulan fitur tersebut terangkum dalam fitur Ultra Game Mode. Begitu kamu mengaktifkan fitur ini, maka akan muncul jendela Game Assistant yang bisa membantumu meningkatkan pengalaman gaming.

Harga HP Vivo X50 Pro

Ketebalan Vivo X50 Pro (Forbes)
Ketebalan Vivo X50 Pro (Forbes)

Dibandingkan saudaranya yang diluncurkan bebarengan, memang harga Vivo X50 Pro cenderung lebih mahal. Pengamatan penulis dari website resmi Vivo, selisihnya mencapai Rp3 juta! Tapi, kalo kita mempertimbangkan berbagai keunggulannya, selisih tersebut bisa dimaklumi, bukan?

Untuk harga Vivo X50 Pro, harga yang tertera pada website resmi adalah Rp9,999 juta. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan perangkat yang didukung RAM 8GB serta ROM 256GB. Bahkan, untuk seri X50 Pro, sudah mendukung koneksi 5G, lho!

Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan harga lebih miring, penulis sudah menyiapkan beberapa pilihan dari tiga toko online. Kalo tertarik beli, langsung masuk ke tautan di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo X50 Pro

Tabel spesifikasi Vivo X50 Pro (Dok.Istimewa/Droila)
Tabel spesifikasi Vivo X50 Pro (Dok.Istimewa/Droila)

Smartphone flagship terbaru dari Vivo ini menandai dua inovasi dari perusahaan. Keduanya yaitu smartphone pertama yang dibekali teknologi kamera gimbal serta salah satu smartphone yang diluncurkan bersamaan secara global.

Memang, dalam hal harga jual, ada beberapa produk lain yang nggak kalah menggoda. Tapi, harus diakui kalo Vivo X50 Pro memiliki kenuikan yang nggak dimiliki smartphone lain di kelasnya. Tak lain adalah teknologi kamera gimbal.

Nah, agar penilaian kamu makin sempurna, ketahui juga apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo X50 Pro. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan pemahaman dan gambaran yang lebih utuh mengenai smartphone flagship Vivo ini.

Kekurangan

  • Harga dirasa terlalu mahal. Kamu bisa mendapatkan HP dengan chipset high-end seperti Snapdragon 865 dengan harga lebih murah.
  • Nggak didukung fitur anti air dan debu.
  • Nggak dibekali slot kartu SD dan colokan headset 3,5 mm.

Kelebihan

  • Desain menarik dan elegan
  • Layar OLED dengan tampilan HDR10+ serta refresh rate 90Hz
  • Mendukung koneksi 5G
  • Chipset Snapdragon 765G terbukti tangguh untuk gaming
  • Smartphone pertama yang menggunakan teknologi kamera gimbal

Review Vivo X50 Pro

Dimensi Vivo X50 Pro (Cnet)
Dimensi Vivo X50 Pro (Cnet)

Apa saja yang bisa kamu harapkan dari HP harga 9 juta? Tentu saja desain elegan, performa tangguh, fitur-fitur canggih, serta bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama. Dan beberapa dari poin tersebut bisa kamu dapatkan dari Vivo X50 Pro.

Akan tetapi, lain soal jika kamu lebih mementingkan sektor performa dibandingkan kamera. Masih ada pilihan lain yang sudah didukung chipset high-end dan dijual dengan harga lebih murah.

Nah, usai sudah uraian hari ini mengenai review Vivo X50 Pro. Setelah membaca uraian di atas, bagaimana pendapatmu mengenai perangkat ini? Coba deh bagikan pendapat kalian di kolom komentar media sosial Droila, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik dari Droila, Gan. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, software, games, dan tips HP Android atau iOS setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like