Review Vivo Z1 Pro: HP RAM Besar yang Bakal Memanjakan Pemain PUBG Mobile

gambar vivo z1 pro (GSMarena)
gambar vivo z1 pro (GSMarena)

Berkat popularitas industri eSport di Indonesia, banyak vendor mulai meluncurkan produk yang bersahabat untuk gaming. Vivo adalah salah satu vendor yang melakukannya. Lewat produk Vivo Z1 Pro, perusahaan asal China ini kembali ke dalam kompetisi. Kali ini, tim Droila bakal review Vivo Z1 Pro Indonesia untuk mencari tahu apa yang bikin HP RAM besar ini layak dipilih buat kamu yang hobi gaming.

Strategi perusahaan dalam menyasar perangkat gaming terbukti berhasil. Tahun 2019 lalu, Vivo masuk dalam lima besar smartphone paling laris di Indonesia. Berdasarkan riset dari lembaga Canalys, Vivo berhasil menjual 1,9 juta perangkat dan menduduki peringkat keempat; di atas Realme.

Vivo Z1 Pro jadi salah satu produk unggulan perusahaan tahun 2019 lalu. Diluncurkan pada bulan Agustus, HP Vivo terbaru ini dibekali beragam peningkatan di berbagai lini. Prosesor dan harga terjangkau jadi dua faktor yang bikin Z1 Pro laris di pasaran.

review vivo z1 pro indonesia (SmartPrix)
review vivo z1 pro indonesia (SmartPrix)

Untuk pembaca yang tertarik beli; tim Droila rangkumkan berbagai kelebihan maupun kekurangan HP RAM besar ini dalam review Vivo Z1 Pro. Mau tahu? Scrolling lagi, ya.

Spek Vivo Z1 Pro

Keseriusan Vivo untuk mengakomodasi hobi gaming para pengguna diwujudkan dalam pemilihan komponen hardware. Nggak cuma itu saja, perusahaan juga turut mempertimbangkan desain serta kemampuan kamera. Menjadikan HP Vivo Z1 Pro jadi salah satu HP kelas menengah yang penuh tenaga.

Desain dan display

Kelebihan Vivo Z1 Pro (SmartPrix)
Kelebihan Vivo Z1 Pro (SmartPrix)

Hal pertama yang bakal kita kita memancing perhatian adalah ukurannya. Terbilang besar dan berat. Kurang lebih beratnya mencapai 201 gram. Memang terbilang cukup di genggaman. Tapi juga bisa bikin lelah kalo dipakai terlalu lama.

Hanya saja, persoalan berat ini tertutupi dengan desain trendi. Perusahaan menerapkan desain punch-hole sebagai wadah kamera selfie di layar depan. Lubang kamera ini juga bikin layar terlihat lebih lebar; hasilnya tampilan bisa mencapai aspek rasio 90,77%.

Untuk body bagian belakang, Vivo Z1 Pro dibungkus material polycarbonate dengan balutan glossy. Menjadikan Z1 Pro terlihat lebih mengkilap dan mengaburkan unsur plastik.

Masuk ke bagian layar, display HP Vivo terbaru ini menggunakan tipe IPS LCD dengan lebar 6,53 inci. Layar ini mampu menampilkan gambar dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Hasilnya, kamu bisa mendapat tampilan game yang lebih ciamik dan memuaskan penglihatan.

Dapur Pacu

review vivo z1 pro indonesia (91mobiles)
review vivo z1 pro indonesia (91mobiles)

Popularitas Vivo Z1 Pro didapatkan berkat penggunaan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 712. Ini merupakan seri yang melanjutkan versi terdahulunya; yakni Snapdragon 710.

Ada banyak peningkatan yang dibawa chipset kelas menengah ini. Salah satunya yakni mempercepat pemrosesan hingga 10%. Didukung dua pilihan RAM 4GB dan 6GB, Vivo Z1 Pro terbukti mampu menawarkan performa multitasking.

Ya, kamu bisa berpindah aplikasi dengan cepat dan mulus. Tanpa khawatir ada aplikasi yang crash. Dengan kelebihan ini, bisa mempermudah kamu yang menggunakan HP untuk hiburan, bekerja, atau cari informasi.

Keunggulan tersebut bukanlah bahasa iklan semata. Pun nggak terlalu berlebihan. Soalnya, kamu benar-benar bisa mendapatkan pengalaman ini.

Bahkan, ketika kamu pakai untuk memainkan game PUBG Mobile di HP ini, bisa menampilkan gambar berkualitas paling tinggi tanpa mengurangi performa multitasking.

Kamera

harga vivo z1 pro (GSMArena)
kamera vivo z1 pro (GSMArena)

Oleh perusahaan, HP kelas menengah terbaik ini dibekali tiga kamera belakang. Ketiga kamera tersebut berkemampuan 16MP lensa utama, 8MP lensa ultrawide, dan 2MP sensor kedalaman yang bisa kamu pakai untuk mode portrait.

Sedangkan untuk fitur-fitur kamera, nggak jauh berbeda dengan HP Vivo lainnya. Hasil jepretan kamera menggunakan Vivo Z1 Pro pun terbilang cukup. Baik dari segi warna, kontras, sampai detail; bisa dikatakan memuaskan.

Sedangkan untuk kamera depan, ada lensa berkemampuan 32MP. Ya, kamu bisa mengambil selfie dengan hasil yang benar-benar memuaskan. Untuk vlogging atau main TikTok pun juga aman. Soalnya, kamera depan ini bisa merekam video dengan resolusi 1080p 60FPS.

Review Vivo Z1 Pro

spesifikasi vivo z1 pro (91mobiles)
spesifikasi vivo z1 pro (91mobiles)

Setelah kita mengetahui bagaimana spek Vivo Z1 Pro, kini saatnya menguraikan bagaimana kelebihan dan kelemahannya. Dengan begitu, kamu bisa mendapat gambaran yang lebih terang dari HP untuk game PUBG Mobile ini.

Kelebihan Vivo Z1 Pro

harga vivo z1 pro 6gb (GSMArena)
harga vivo z1 pro 6gb (GSMArena)

Seperti sudah berulangkali disampaikan di atas, ini adalah HP yang diluncurkan untuk memanjakan para gamer. Terlebih kalo kamu pemain PUBG Mobile, Vivo Z1 Pro bisa menampilkan grafis yang detail dan mengagumkan!

Hal ini bisa dicapai berkat pemilihan komponen hardware. Performa Snapdragon 712 benar-benar mampu bikin Vivo Z1 Pro penuh tenaga. Di samping itu, dukungan RAM besar juga menjadikan pemrosesan aplikasi berjalan mulus.

Komponen baterai juga jadi salah satu keunggulan HP Vivo Z1 Pro. Oleh perusahaan, produk unggulan kelas menengah ini dibekali baterai berkapasitas raksasa: 5.000 mAh! Daya tahan pun bakal jadi lebih panjang berkat dukungan teknologi Dual Engine Fast Charging.

Terakhir, perusahaan juga membekali HP Vivo terbaru ini dengan Mode eSport. Ini adalah mode yang dikhususkan untuk pemain AoV dan game battle-royale.

Menurut perusahaan, kelebihan dari mode ini adalah optimalisasi CPU dan GPU serta mengukur temperatur HP agar menghindari masalah mesin yang terlalu panas.

Vivo Z1 Pro Kelemahan

review vivo z1 pro 6gb 128gb (Dok.Istimewa)
review vivo z1 pro 6gb 128gb (Dok.Istimewa)

Untuk kelemahan, sebenarnya nggak terlalu jadi persoalan. Soalnya, nggak memengaruhi performa HP secara keseluruhan.

Kelemahan pertama yang kerap jadi sorotan yakni kemampuan merekam video dirasa kurang. Hasil merekam videonya dirasa kurang stabil. Selain itu, kamera depan nggak dibekali mode kedalaman atau portrait. Jadi, kamu nggak bisa menghasilkan foto-foto kekinian dengan efek bokeh.

Terakhir yakni pemilihan USB port. Soalnya, sebagian besar HP dengan harga 3 jutaan, sudah dibekali port USB-C. Keunggulannya tentu saja proses pengisian baterai yang lebih cepat.

Terlepas dari kelemahan yang sudah penulis sebutkan, tetaplah nggak terlalu memengaruhi performa Vivo Z1 Pro secara keseluruhan. Sejak awal, ini adalah HP yang ditujukan untuk para gamer. Wajar kiranya jika sisi kamera nggak terlalu mendapat perhatian.

Harga Vivo Z1 Pro Terbaru April 2020

Tabel spesifikasi Vivo Z1 Pro (Dok.Istimewa)
Tabel spesifikasi Vivo Z1 Pro (Dok.Istimewa)

Harga jadi salah satu faktor yang bikin HP Vivo Z1 Pro banyak dicari pengguna. Ya, kombinasi mesin dengan performa yang mengagumkan dengan harga terjangkau tentu godaan yang sulit dihilangkan dari pikiran, bukan?

Saat pertama kali diluncurkan, HP Vivo Z1 Pro dibanderol Rp3,099 juta (4GB/64GB) dan Rp3,699 juta (6GB/128GB). Beruntunglah, harga Vivo Z1 Pro terbaru bulan April 2020 sudah turun, lho. Melihat dari website resmi Vivo, kini harganya menjadi Rp2,699 juta (4GB/64GB) dan Rp3,499 juta (6GB/128GB).

Itu adalah harga resmi Z1 Pro. Jika kamu mencari di toko online, barangkali harga penjualannya bisa lebih murah atau bahkan lebih tinggi. Namun, perbedaannya nggak terlalu jauh dengan harga resmi yang sudah disebutkan di atas, kok.

HP Vivo Z1 Pro (91mobiles)
HP Vivo Z1 Pro (91mobiles)

Usai sudah uraian kali dari tim Droila kali ini mengenai review Vivo Z1 Pro. Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk beli HP Z1 Pro, semoga artikel ini bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Untuk pembaca yang masih ingin mendapatkan beragam referensi handphone terbaik lainnya, jangan lupa untuk subscribe, ya. Setiap hari, juga ada berbagai informasi teknologi terupdate seputar startup, handphone, games, sampai tutorial yang asik diikuti.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like