Spesifikasi Google Pixel 4 dan Harga Terbaru, Pilihan Menarik untuk HP Kamera Terbaik

Kamera selfie Pixel 4 (Slashgear)
Kamera selfie Pixel 4 (Slashgear)

Sudah hampir setahun Google meluncurkan handphone unggulannya, yakni Pixel 4. Meskipun kini Google berencana untuk menghentikan produknya, bukan perarti produk spesifikasi Google Pixel 4 biasa aja. Sebaliknya, mengagumkan dan bikin kamu menginginkannya!

Penulis masih ingat bagaimana antusias penggemar ketika menantikan peluncuran smartphone flagship Google ini. Bocoran demi bocoran yang menyebar di Twitter, diskusi serta komentar yang disampaikan warganet, menjadi bumbu dan gimmick yang bikin Pixel 4 makin terkesan mengagumkan.

Hingga akhirnya, pada bulan Oktober 2019, Google pun meluncurkan HP unggulan ini. Dan seperti yang sudah diperkirakan, pujian serta kepuasan disampaikan banyak pengguna yang berkesempatan mencicipi kala rilis Google Pixel 4 di New York.

Kelebihan dan kekurangan Pixel 4 (Endgadget)
Kelebihan dan kekurangan Pixel 4 (Endgadget)

Memang, perusahaan berencana untuk menghentikan produksi Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL. Melansir dari The Verge, hal ini berkaitan dengan kesuksesan Pixel 4A dalam menambal kelemahan varian sebelumnya serta persiapan perusahaan untuk meluncurkan Google Pixel 5 dan Pixel 5G.

Hanya saja, harus diakui jika perangkat ini merupakan salah satu yang terbaik dalam hal performa kamera. Dan hal itu pula yang membuat banyak pengguna mendambakannya.

Tertarik memilikinya? Sebelumnya, baca dulu uraian spesifikasi Google Pixel 4 dan harga terbaru di bawah ini, ya. Kamu juga bisa mengetahui bagaiaman kelebihan dan kekurangan Pixel 4, lho.

Spek Google Pixel 4

Menawarkan dukungan hardware yang mumpuni, inovasi bagian software yang bakal memudahkan kegiatan, dan kamera HP terbaik yang bisa kamu dapatkan dari handphone pintar. Itulah pandangan sekilas yang penulis dapat dari perangkat ini. Lebih lengkap, simak uraiannya di bawah ini.

Desain dan Layar HP

Tampilan Google Pixel 4 (Slashgear)
Tampilan Google Pixel 4 (Slashgear)

Harus kita akui kalo sisi desain merupakan kelemahan dari Pixel. Sudah jadi rahasia umum dan diakui banyak pihak. Dan contoh paling nyata tentu saja bisa kita lihat dari seri Pixel 3 XL. Maka, kemunculan generasi keempat yang punya desain lebih segar ini tentu saja menjadi kabar baik bagi penggemar.

Di samping itu, Google pun menghilangkan panel sensor sidik jari di panel belakang; desain yang sudah digunakan banyak vendor sejak tahun 2016. Hasilnya, body belakang terlihat lebih lapang dan elegan; hanya dihias panel kamera berbentuk persegi dan dibungkus material glossy.

Bagi sebagian pengguna, absennya fitur sensor sidik jari mungkin dirasa mengkhawatirkan. Tapi, nggak perlu merasa demikian. Sebagai pengganti, Google sudah menyiapkan fitur keamanan sensor pendeteksi wajah atau facial recognition. Apalagi,  Google sudah mengembangkan agar fitur ini bisa responsif dan cepat.

Dari bagian desain, Pixel 4 dibungkus frame berbahan alumunium serta perlindungan Gorilla Glass 4 di bagian depan dan belakang. Dngan begitu, kamu nggak peru khawatir layar HP tergores, bukan? Pun jika itu dialami, bisa kok langsung menerapkan cara mengatasi layar HP tergores yang sudah dibahas Droila sebelumnya.

Spesifikasi dan Hasil Kamera Google Pixel 4

Desain Pixel 4 (Endgadget)
Desain Pixel 4 (Endgadget)

Beruntunglah kalo kamu merasa risih atau terganggu dengan layar berponi. Soalnya, kamu nggak bakal menemukannya dari perangkat ini. Sebagai pengganti, bezell tebal yang menjadi wadah dari dual-camera selfie.

Masing-masing kamera berkemampuan 8 MP lensa wide dengan bukaan f/2.0 serta ToF 3D. Untuk lensa ToF 3D, juga dilengkapi dengan kemampuan kedalaman dan sensor biometrik yang berfungsi pada fitur pengenalan wajah.

Membalik perangkat, kamu bakal menemukan panel berbentuk persegi yang menjadi wadah dari dua kamera serta dual-LED Flash. Satu kamera berkemampuan 12.2 MP lensa wide yang juga memiliki fungsi dual-PDAF. Sementara satunya berkemampuan 16MP lensa telephoto serta memiliki fungsi PDAF, OIS, dan 2x optical zoom.

Ya, sekali lagi, Google ingin memberikan kenyamanan pengguna sekaligus menyaingi pencapaian Samsung dan Apple. Lewat kamera depan ini, kamu bisa lebih bebas dalam mengambil foto selfie maupun bikin konten vlog. Sesuai dengan aktivitas milenial terkini, bukan?

Dan bisa kita lihat dari hasil kamera Google Pixel di atas, benar-benar memuaskan! Warna jadi lebih tajam dan detail. Apalagi Google juga menambahkan mode malam atau juga disebut Night Sight. Mode ini dibekali fitur long-exposure astrophotography. Ya, kamu bisa menangkap obyek langit dengan hasil yang lebih detail!

Performa HP, Chipset, dan Fitur Unggulan

Spek Pixel 4 (Endgadget)
Spek Pixel 4 (Endgadget)

Untuk pertama kalinya setelah Google memperkenalkan produk Pixel, perusahaan mengakui kalo perangkat ini butuh peningkatan ruang penyimpanan. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan perangkat yang didukung RAM –dengan pilihan 4GB hingga 6GB- serta dua pilihan ROM; yakni 64 GB dan 128 GB.

Sementara itu, dalam hal pemrosesan, Google mempercayakan Pixel 4 untuk ditenagai chipset high-end dari Qualcomm. Tak lain adalah seri Snapdragon 855. Didampingi GPU Adreno 640, sisi pengolahan grafis, gambar, dan tampilan pun akhirnya lebih maksimal.

Memang, untuk efisiensi daya, Snapdragon 855 diakui sebagai chipset yang mampu menghemat konsumsi. Akan tetapi, Google tampaknya terlalu mempercayakan hal itu pada Qualcomm. Alhasil, perusahaan pun hanya membekali Pixel 4 dengan baterai berkapasitas 2.800 mAh.

Fitur Motion Sense Pixel 4 (Slashgear)
Fitur Motion Sense Pixel 4 (Slashgear)

Ya, jumlah yang terbilang kecil dan bikin pengguna meragukan daya tahan perangkat. Apalagi, Google juga nggak membekali seri ini dengan fitur flash charging –jenis fitur yang sudah jamak kita temui pada HP flagship.

Kelemahan ini terasa fatal dan bikin kecewa banyak pengguna. Namun, akhirnya nggak terlalu diperhatikan. Soalnya, Google menambahkan fitur canggih dalam pengoperasian navigasi. Ya, tak lain adalah Motion Sense.

FYI, ini adalah fitur yang dikembangkan Google melalui Project Soli. Singkatnya, melalui fitur ini kamu bisa mengoperasikan perangkat tanpa menyentuh layar. Ya, cukup menggerakkan tangan dengan gestur mengusap di depan layar, maka konten atau tampilan sudah bergeser dengan sendirinya. Canggih, bukan?

Harga Pixel 4 Terbaru di Indonesia

Kamera belakang Pixel 4 (Slashgear)
Kamera belakang Pixel 4 (Slashgear)

Saat pertama kali dirilis, Google memberi pengguna tiga pilihan warna. Antara lain warna hitam, oranye, dan putih. Sementara itu untuk harga, awalnya Google membanderol harga Pixel 4 di kisaran angkar Rp 11 jutaan.

Melihat kecanggihan, peningkatan software, serta fitur-fitur yang ditawarkan, harga tersebut terbilang masuk akal. Apalagi Google benar-benar membekali HP flagship Pixel ini dengan spesifikasi mumpuni.

Kini, hampir setahun kemudian, serta di tengah ancaman penghentian produksi, harga Pixel 4 pun turun. Berdasarkan pantauan penulis pada beberapa toko online, harga Google Pixel 4 terbaru sudah di kisaran angka Rp 7 jutaan saja.

Sulit dipercaya? Hmm, kalo gitu lebih baik kamu langsung cek sendiri aja lewat alamat yang sudah disiapkan penulis di bawah. Cekidot, Gan.

Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 4

Tabel spesifikasi Google Pixel 4 (Dok.Istimewa/Droila)
Tabel spesifikasi Google Pixel 4 (Dok.Istimewa/Droila)

Sampai saat ini, komplain pengguna sebagian besar di seputar daya tahan. Banyak yang mengeluhkan baterai jadi lebih boros dan mudah panas. Meskipun begitu, tak dipungkiri jika hasil jepretan kamera terbilang paling menawan di kelasnya. Maka dari itu, sebelum kamu beli, ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan Pixel 4. Begini rangkumannya.

Kekurangan

  • Daya tahan baterai paling rendah untuk HP high-end
  • Performa benchmark terendah untuk spesifikasi harfware
  • Nggak didukung kamera ultra-wide, padahal HP lain di kelas yang sama menggunakannya.
  • Ketersediaan di pasar terbatas.

Kelebihan

  • Pengalaman layanan Android yang utuh.
  • Refresh rate layar sebesar 90Hz
  • Dukungan lensa telephoto
  • Hasil kamera mengagumkan, baik kamera utama maupun selfie
  • Fitur merekam video bakal bikin kamu kecanduan

Kesimpulan

Google Pixel 4 (Slashgear)
Google Pixel 4 (Slashgear)

Penulis mengakui, Google Pixel 4 layak masuk dalam jajaran HP terbaik saat ini. Kencang dan diisi dengan layanan Android paling murni. Di samping itu, tentu saja hasil jepretan kamera yang begitu mengagumkan.

Memang, dalam hal spesifikasi, Pixel 4 sudah banyak ketinggalan dibanding produk-produk terkini. Tapi tetap saja, Pixel 4 layak untuk disertakan dalam daftar handphone terbaik. Apalagi, Google sudah memberikan beragam peningkatan; mulai dari sisi desain, display, sampai fitur-fitur fotografi.

Nah, usai sudah uraian spesifikasi Google Pixel 4 kali ini. Setelah membaca review ala Droila di atas, bagaimana pendapatmu mengenai perangkat ini? Coba deh bagikan pendapat kalian lewat kolom komentar media sosial Droila.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik yang terbit setiap hari di Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadgets, handphone, software, games, dan tips HP Android atau iOs yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like