4 Startup Kesehatan di Asia Tenggara yang Bisa Jadi Pemandu Lawan Hoax Virus Corona

Startup kesehatan di Indonesia (PropellerHealth)
Startup kesehatan di Indonesia (PropellerHealth)

Seiring penyebaran virus COVID-19 yang makin berdampak pada perekonomian dunia, memengaruhi kegiatan sehari-hari, dan kesehatan manusia, perubahan drastis ini juga menciptakan lingkungan yang penuh ketakutan serta rasa cemas.

Di tengah kondisi saat ini, sumber informasi yang tepat guna jadi salah satu hal yang dibutuhkan masyarakat. Yang bisa menjadi penyejuk sekaligus solusi ketika menghadapi serbuan penyakit yang mulai menyerang pikiran ini.

Pengobatan coronavirus (PBG)
Pengobatan coronavirus (PBG)

Selain media, platform startup kesehatan menjelma sebagai garda terdepan perlawanan missleading informasi di masyarakat. Beruntungnya ada beberapa startup bidang kesehatan di Asia Tengara yang bisa jadi sumber rujukan.

Menjadi pelita di tengah simpang siur informasi yang tak pasti. Terutama, menjadi penunjuk mana informasi yang bisa diandalkan, serta mana jenis informasi yang hanya hoax semata.

Startup Kesehatan di Asia Tenggara

Ilustrasi virus corona (Republika)
Ilustrasi virus corona (Republika)

Dalam kondisi seperti saat ini, informasi ibarat buah simalakama. Mengetahui bisa mempengaruhi diri, pikiran, sampai imunitas kita. Sedangkan jika mengabaikan, kita bisa dibuat makin gelap terhadap fakta yang berpotensi besar menyerang.

Padahal, tak semua jenis informasi yang kita dapatkan bisa diandalkan. Entah itu informasi di media sosial, web forum, sampai media online. Sedangkan informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun pihak berwenang seringkali kurang lengkap atau terlambat.

Nggak perlu risau. Ada startup kesehatan yang kini semakin menunjukkan perannya. Dilayani oleh para tenaga medis dan pihak-pihak yang bergerak di bidang kesehatan, startup kesehatan bisa jadi pemandu masyarakat awam di tengah derasnya arus informasi seputar virus corona.

Untuk membantumu menentukan sumber informasi, tim Droila sudah menyiapkan empat startup bidang kesehatan yang bisa dijadikan panduan. Terutama untuk mencegah distorsi informasi terkait penyebaran virus COVID-19 dan bagaimana cara menghadapinya.

Whitecoat

Aplikasi Whitecoat (HardwareZone)
Aplikasi Whitecoat (HardwareZone)

Ini adalah platform kesehatan digital yang menawarkan layanan seperti diagnosa online, perawatan, rujukan kesehatan, serta menawarkan pengantaran obat-obatan di seluruh Singapura.

Terutama selama masa krusial social distancing seperti saat ini, layanan Whitecoat bisa diandalkan terutama buat kamu yang tengah singgah atau menetap di Singapura.

Untuk mendapatkan layanan dari platform kesehatan digital ini, kamu cukup mengunduh dan memasang aplikasinya. Bisa lewat HP iPhone atau Android. Kemudian, daftar, pilih gejala-gejala yang tengah kamu rasakan; lalu pilih doktor yang sudah ditentukan.

Usai konsultasi singkat yang dilakukan secara daring, obatpun akan langsung diantarkan. Cuma butuh waktu 90 menit saja, kok.

Halodoc

Virus Corona Halodoc (Halodoc)
Virus Corona Halodoc (Halodoc)

Aplikasi kesehatanbikinan anak negeri ini menawarkan akses kesehatan yang lebih mudah danterjangkau. Bekerja sama dengan laboratorium Prodia, Halodoc bisa memberimu layanan pemeriksaan kesehatan yang lebihmudah; baik itu dari rumah, kantor, atau di mana pun kamu berada.

Berkolaborasi dengan Gojek, Halodoc meluncurkan layanan konsultasi kesehatan online untuk masyarakat Indonesia; baik ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) hingga siapa pun yang mengalami gejala-gejala dari COVID-19.

Pemeriksaan ini bisa dilakukan lewat aplikasi Gojek maupun Halodoc. Layanan ini tentu saja berguna bagi kalian yang meragukan kondisi kesehatannya serta punya riwayat traveling dari negara zona merah virus ini.

Cara cegah corona (TikTok @halodocid)

Nanti, berdasarkan jawaban yang diberikan pengguna, maka diagnosa pun dibuat. Setelah itu, pengguna bisa menggunakan hasil pemeriksaan tersebut sebagai rujukan untuk mendapat layanan dari fasilitas kesehatan yang sudah disiapkan pemerintah.

“Mereka yang sudah menyelesaikan pemeriksaan dan masuk dalam kategori low-risk bakal dapat materi penyuluhan sebagai langkah pencegahan dan bisa mengakses layanan pengobatan dari Halodoc untuk mengatasi gejala lainnya,” ujar perusahaan dalam rilis resmi seperti dilansir dari E27, Jumat (27/03/2020).

DoctorxDentist

Iklan kesehatan DoctorxDentist (DoctorxDentist)
Iklan kesehatan DoctorxDentist (DoctorxDentist)

Bermarkas di Singapura, startup bidang kesehatan DoctorxDentist menyediakan layanan informasi kesehatan gratis untuk mereka yang penasaran dengan kondisi kesehatan. Informasi ini pun dibuat oleh para ahli dan dokter yang sudah tersertifikasi.

Nantinya, siapa pun berhak untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan. Tapi, yang boleh menjawab cuma dokter atau pihak-pihak yang punya wewenang saja.

Agar transparansi tetap terjaga, pasien yang sudah berkonsultasi dengan dokter tertentu bisa memberi rating penilaian. Semua ini bisa dilakukan lewat platform. Dan untuk pengguna yang ingin mendapat layanan, wajib registrasi dengan data-data asli lewat platform ini.

Alodokter

Chatbot Alodokter (Alodokter)
Chatbot Alodokter (Alodokter)

Satu lagi aplikasi kesehatan buatan anak bangsa yang jadi garda terdepan dalam melawan informasi palsu atau hoax seputar virus corona. Seperti Halodoc, startup Alodokter juga berkolaborasi dengan Gojek untuk mengembangkan layanan cek kesehatan terkait virus corona untuk masyarakat.

Selain fitur hasil kolaborasi dengan beberapa startup kesehatan dan Gojek tersebut, Alodokter juga mengembangkan layanan mandiri dalam bentuk chatbot. Fungsinya adalah menyediakan interaksi cepat ketika menjawab berbagai pertanyaan terkait COVID-19.

Chatbot Alodokter ini bertujuan menyampaikan informasi akurat saat pengujian mandiri risiko tertular virus corona. Dan untuk pembaca yang ingin mengaksesnya, bisa klik tautan ini.

Gerakan cuci tangan yang benar (TikTok @alodokter.id)

Ketika masuk halaman tersebut, kamu akan berhadapan dengan chatbot yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar pengujian mandiri.

Itulah dia aplikasi bikinan startup kesehatan di Asia Tenggara yang cukup representatif menurut tim Droila. So, jangan sampai kamu dibikin bingung akibat missinformasi, bray. Dampaknya bisa lebih berbahaya.

Jika kamu ingin selalu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar startup di Indonesia maupun Asia Tenggara, jangan lupa untuk subscribe Droila, ya. Selalu ada informasi menarik yang sayang kalo dilewatkan.

11 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like