Tips Beli HP Baru ala Droila: Panduan Agar Kamu Terhindar dari Rasa Kecewa dan Tertipu

Panduan beli HP baru (Digit)
Panduan beli HP baru (Digit)

Untuk pembaca yang kerap mengikuti tulisan di Droila setiap hari, tentu tahu kalo penulis sudah menyiapkan banyak pilihan HP dari berbagai jenis. Mulai dari yang dibanderol harga 1 jutaan dengan spesifikasi rendah, sampai puluhan juta –tentu dengan spesifikasi yang sangat memuaskan.

Bagi sebagian pembaca, menentukan satu di antara begitu banyak pilihan bukanlah persoalan yang rumit. Tinggal sesuaikan dengan kegiatan, aktivitas, serta budget atau dana yang sudah disiapkan. Tapi, nggak begitu dengan pembeli lainnya.

Apalagi, kini perbedaan harga maupun spesifikasi antara satu produk dengan produk lain makin tipis. Tentu kondisi ini bikin kamu makin bingung: antara menambahkan budget agar dapat spesifikasi yang gahar, atau cukup berpuas dengan produk yang sesuai dana tapi bersiap-siap untuk kecewa.

Di titik inilah kamu butuh panduan beli HP baru. Setidaknya, ada beberapa poin utama yang bisa kamu jadikan pegangan sebelum menentukan pilihan. So, untuk kamu yang ganti HP, simak tips beli HP baru ala Droila yang ada di bawah ini, ya.Terutama untuk kamu yang

Tips beli HP baru (CNBC)
Tips beli HP baru (CNBC)

Tips Membeli HP Baru

Dua poin yang sudah disinggung di atas sebenarnya adalah penilaian standar yang dilakukan sebagian besar orang. Kedua poin tersebut yakni budget serta kebutuhan. Dan menurut pengalaman penulis, masih ada beberapa poin yang wajib kamu ketahui sebagai tips membeli HP baru agar tidak tertipu. Mau tahu?

Display atau Layar

HP kini sudah menjelma jadi kebutuhan utama manusia. Melalui HP, kita bisa melakukan berbagai kegiatan; mulai dari cari hiburan, informasi, atau beli produk tertentu. Menatap layar berwarna hitam  selama berjam-jam kini sudah jadi satu kebiasaan baru.

Maka dari itu, menurut penulis, penting kiranya untuk memperhatikan jenis layar yang digunakan. Dan sebagai panduan, kamu bisa memilih HP yang sekiranya cukup cerah jika digunakan di luar ruangan.

Kalo kamu beli HP yang punya layar lebar, jangan sampai beli yang resolusi layar di bawah 1920 x 1080 piksel. Jika kamu berkenan menambahkan dana, coba deh pertimbangkan untuk beli HP yang punya resolusi layar 2560 x 1440. Hasilnya, berbagai kegiatan pun terasa lebih nyaman dan nggak bikin lelah mata.

Kapasitas Baterai

Tentu mengesalkan jika punya HP tapi berulangkali meminta isi ulang daya. Umumnya, permasalah utama terletak pada baterai yang sudah rusak atau kapasitas yang memang nggak sesuai dengan aktivitas pengguna.

Terutama untuk kamu yang kerap berada di luar ruangan; baiknya beli HP yang minimal punya kapasitas 4.000 mAh. Setidaknya, kamu lebih aman dan nyaman selama kegiatan.

Di samping itu, luangkan waktu untuk membaca keterangan produk. Lalu, cari produk yang dibekali fitur Fast Charging. Fitur ini sangat berguna, karena mampu meningkatkan kecepatan isi ulang daya. Artinya, bisa bikin baterai cepat penuh ketika di-charge.

Kualitas layar (TomsGuide)
Kualitas layar (TomsGuide)

Media Penyimpanan

Ya, sebagian besar dari kita lebih memilh HP murah dengan pertimbangan sederhana; yang penting sesuai dengan dana! Sayangnya, kita jarang memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Dan media penyimpanan jadi salah satu pertimbangannya.

Menurut penulis, paling aman beli HP yang dibekali ROM 32GB. Dengan jumlah itu, kamu bisa menyimpan lebih banyak foto, video, serta dokumen pribadi. Di samping itu, pilihlah RAM minimal 3GB.

Soalnya, menurut pengalaman penulis, kini menjalankan aplikasi chat saja membutuhkan banyak sekali resource. Belum aplikasi lain yang ingin kamu gunakan, bukan? Dan dengan RAM 3GB, setidaknya kamu bisa mendapatkan pengalaman online yang lebih nyaman serta jauh dari pemrosesan yang lambat.

Kamera HP (TomsGuide)
Kamera HP (TomsGuide)

Kamera

Sudah bukan rahasia umum lagi, kamera merupakan salah satu komponen paling utama yang dilihat calon pembeli sebelum menentukan pilihan. Dan beruntungnya kita, sudah tersedia banyak pilihan produk yang dibekali beberapa lensa kamera tapi dibanderol terlampau murah.

Jika kini persaingan dalam jumlah kamera sedang ramai, maka yang perlu kamu perhatikan adalah fitur-fitur bawaan. Salah satu fitur kamera yang penting yakni AI atau Kecerdasan Buatan. Menggunakan fitur ini, kamera HP bakal lebih mudah digunakan.

Ya, kamu bisa mendapatkan hasil jepretan yang lebih optimal tanpa banyak upaya. Dengan begitu, pengalaman fotografi smartphone pun jadi lebih menyenangkan dilakukan, bukan?

Fitur-fitur Unggulan

Sejauh ini, kita sudah mengetahui kalo ada tiga jenis HP. Yakni HP entry-level, kelas menengah, serta high-end. Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa membaca mengenai perbedaan klasifikasi smartphone ini.

Masing-masing jenis memiliki kelebihan maupun kekurangan. Dan yang paling kentara adalah fitur-fitur tambahan. Antara lain fitur keamanan (sidik jari atau pengenalan wajah), anti debu atau anti air, serta fitur spesifik seperti game booster, komponen audio, serta kecanggihan kamera.

tips membeli hp baru agar tidak tertipu (TomsGuide)
tips membeli hp baru agar tidak tertipu (TomsGuide)

Nah, untuk yang terakhir ini, kamu bisa menyesuaikan dengan aktivitas. Apakah kamu seorang yang lebih suka gaming dibandingkan fotografi? Atau kamu lebih suka aktivitas di luar ruangan ketimbang nongkrong bareng teman.

Poin-poin di atas adalah hasil pengalaman penulis dalam memilih dan memilah rekomendasi HP terbaik untuk artikel di Droila. Tentu poin-poin tak lepas dari kekurangan. Maka, jika kamu merasa punya satu poin dan terlewat untuk disebutkan, bagikan deh pendapat kalian lewat media sosial kami.

Usai sudah uraian kali ini mengenai tips beli HP baru ala Droila. Jangan sampai lewatkan rekomendasi handphone terbaik yang terbit setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, tips HP dan iOS setiap harinya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like