10 Tips Membeli Charger HP: Agar Dapat yang Awet, Kencang, & Tahan Lama!

tips beli charger hp
tips beli charger hp

Mendapatkan charger berkualitas yang awet, tahan lama, serta kencang selama mengisi. Barangkali itu adalah keinginan semua orang. Dan kini, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkannya. Cukup ikuti tips membeli charger HP di bawah!

Saat ini, hampir semua produsen HP berinovasi dengan merilis smartphone yang memiliki daya tahan baterai yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan membuat smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar.

Dengan kapasitas baterai yang besar tersebut, tentu saja harus diiringi dengan penggunaan charger yang seimbang sehingga durasi pengisian daya juga tidak memakan waktu yang lama.

Sayangnya, kebanyakan produsen smartphone tidak memberikan charger yang memiliki fitur fast charging, yaitu fitur yang dapat mengisi daya smartphone dengan lebih cepat.

Lalu pada akhirnya, ketika kita membeli handphone terbaru, mau tidak mau kita harus membeli charger lainnya yang sudah mendukung fitur fast charging agar durasi pengisian daya smartphone bisa lebih cepat.

Namun, pembelian charger nggak boleh sembarangan,ya! Sebab, pembelian charger yang asal-asalan akan sangat berbahaya bagi smartphone kita.

Bisa jadi, dengan adapter palsu atau adapter yang tidak jelas asal-usulnya justru membuat baterai smartphone kita jadi gampang rusak.

Nah, biar hal ini tidak terjadi, ada baiknya kita lebih teliti sebelum membeli charger baru. Simak beberapa tips membeli charger baru yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini, ya!

tips beli kabel charger hp
tips beli kabel charger hp

Tips Beli Charger HP

Ingin mendapatkan charger yang tahan lama dan pengisiannya kencang? Tenang. Untuk memudahkanmu, penulis sudah siapkan beberapa tips beli charger HP. Langsung cek aja uraian di bawah dan praktikkan!

Jangan Tergoda Harga Murah

Ada istilah yang menyebutkan, “ada harga, pasti rupa” dan hal ini memang benar adanya. Membeli produk dengan harga yang murah, bisa jadi kualitasnya tidak terjamin.

Contohnya membeli charger murah dengan harga yang sangat miring, tentu kualitasnya patut dipertanyakan.

Mungkin saja charger tersebut cepat rusak, atau malah bisa merusak smartphone karena mereknya abal-abal dan nggak ada garansinya. Jadi, jangan mudah terkecoh oleh harga murah, ya!

Mempertimbangkan Brand Berkualitas dan Terkenal

Sebelum kamu membeli charger, cobalah untuk mempertimbangkan brand atau merek yang sudah terkenal dan memiliki kualitas yang bagus.

Jangan memilih brand yang tidak berkualitas dan tidak memiliki nama di pasaran. Kamu bisa melihat merek tersebut berdasarkan review dari pengguna lain di internet.

Pastikan Memiliki Garansi

Garansi adalah salah satu hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh sebuah produk charger HP atau elektronik lainnya. Tanpa adanya garansi, pembeli akan merasa dirugikan karena tidak ada jaminan kerusakan pada produk tersebut.

Sebelum membeli charger smartphone, cobalah untuk melakukan pengecekan garansi terlebih dahulu. Hal ini penting demi kenyamanan pembeli saat akan membeli produk.

charger hp yang bagus
charger hp yang bagus

Lihat Baterai

Kamu juga perlu mengetahui spesifikasi baterai ponselmu. Buka casing ponsel dan lihat keterangan volt pada baterai. Pada keterangan baterai selalu ada keterangan berapa voltase atau tegangan listrik yang akan masuk ke baterai.

Cek Fitur

Sebelum membeli, coba cek apakah terdapat fitur tambahan lainnya dalam charger tersebut. Jika smartphone kamu sudah mendukung fitur fast charging, pilihlah charger yang juga mendukung fitur yang sama agar pengisian daya smartphone kamu bisa lebih cepat.

Kenali dengan Baik Spesifiknya

Biasakan untuk mencari tahu bagaimana spesifikasi produk yang akan kamu beli. Kalau kamu membeli di marketplace, kamu bisa membaca dengan jelas deskripsi produk yang diberikan.

Hal ini sangat penting, mengingat kamu perlu melakukan sinkronisasi spesifikasi smartphone dengan produk yang akan dibeli. Perhatikan spesifikasi charger HP dengan baik mulai dari voltase, daya, dan kuat arus yang diperlukan dalam pengisian.

Periksa Tegangan

Daya pengisian didasarkan pada tiga hal yaitu daya atau power (P) diukur dalam Watt, arus (I) diukur dalam amp atau milimeter, dan tegangan (V) diukur dalam volt. Jumlah daya ditentukan oleh persamaan P = IV. Dengan kata lain, daya adalah produk dari arus yang dikalikan dengan tegangan.

Saat kamu membeli charger, periksa terlebih dahulu keterangan tegangan yang sudah disebutkan sebelumnya pada kemasan charger.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi ini melalui kepala charger. Charger yang baik memiliki keterangan tegangan pada bagian kepalanya.

merk charger hp yang cepat mengisi
merk charger hp yang cepat mengisi

Baca Keterangan Charger

Input diartikan sebagai tegangan listrik yang bekerja pada charger tersebut. Contohnya, jika input menunjukkan 100-240V – Frekuensi 50-60Hz 0,35 A. Artinya charger bisa digunakan dalam tegangan listrik antara 100-240 Volt.

Standar arus listrik di Indonesia adalah 220V dan frekuensi 50Hz . Jadi charger tersebut aman digunakan. Jika charger digunakan dalam tegangan listrik di atas 240V, maka charger akan rusak.

Sementara frekuensi 0-60Hz menunjukkan bahwa charger bisa digunakan di frekuensi 50Hz sampai 60Hz. 0,35 A berarti jika arus listrik yang masuk 0,35 A, maka charger masih aman digunakan.

Selain input, pada keterangan charger juga terdapat angka output. Contohnya, jika output menunjukkan angka 5.0V , 2.0 A artinya daya yang dihasilkan atau yang akan masuk pada ponselmu adalah tegangan 5 Volt dengan arus 2 Ampere.

Output menunjukkan voltase yang telah diubah dari input yang ada. Dalam contoh di atas dari input 100-240 Volt menjadi 5.0V atau 2.0 A.

Cari yang Multifungsi

Biar efektif dan efisien, cobalah cari produk yang multifungsi. Misalnya kabel USB yang juga bisa digunakan sebagai penghubung antara smartphone dengan charger atau power bank.

Umumnya kamu akan menemui beberapa kabel yang didesain biasa dan didesain fitur fast charging. Cobalah untuk mencari kabel USB yang nggak cuma bisa mendukung pengisian yang cepat, tapi juga bisa digunakan untuk beberapa hal.

tips membeli charger hp android
tips membeli charger hp android

Kecepatan Proses Pengisian

Saat melakukan pengecekan, jangan lupa untuk mengecek persentase kecepatan pengisian. Kamu bisa melakukan pengecekan apakah bisa mengisi dengan cepat 50%, 60%, 70% dan daya pengisi yang lainnya.

Dengan mengetahui kecepatan pengisian ini, kamu bisa tahu seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengechargesan smartphone.

Nah, itulah beberapa tips membeli charger HP yang bisa kamu ikuti. Semoga penjelasan mengenai tips HP Android dan iOS di atas bisa membantumu untuk mengatasi kendala yang dihadapi selama menggunakan ponsel pintar, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like