Tips Membeli HP Android: Dapatkan Handphone yang Murah dan Berkualitas

Tips membeli HP Android (Android Authority)
Tips membeli HP Android (Android Authority)

Hampir semua orang menginginkan kondisi ini: saat beli HP baru, ingin mendapatkan handphone yang murah dan berkualitas. Kamu salah satunya, bukan? Jika begitu, wajib simak tips membeli HP Android berikut ini. Ada beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan!

Kini, sudah tersedia beragam jenis ponsel Android. Mulai dari yang paling murah dengan harga di bawah Rp 1 juta. Hingga HP ultra flagship yang bisa mencapai angka Rp 30 jutaan.

Saat kita fokus pada segmen tertentu, kesulitan belum teratasi. Pasalnya, masih ada banyak sekali pilihan yang tersedia di pasaran. Bahkan, untuk pembeli pemula, wajar jika merasa kebingungan!

Harga HP Android murah (Makeuseof)
Harga HP Android murah (Makeuseof)

Tips Memilih HP Android yang Berkualitas

Nah, untuk membantu pembaca mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan, simak deh rangkuman di bawah. Tim Droila sudah menyiapkan beberapa tips membeli HP Android. Ada lima hal yang wajib kamu perhatikan kala memilih HP baru!

Apa saja faktor-faktor yang wajib kamu pertimbangkan itu? Simak penjelasan di bawah jika kamu berencana beli HP baru. Cekidot, skuy.

Pertama, Tentu Saja Harga

Kalo yang ini, tentu saja wajib kamu jadikan hal pertama yang dipertimbangkan. Bagaimanapun, harga ponsel yang akan dibeli harus disesuaikan dengan budget yang sudah kamu siapkan.

Perlu diulangi, berdasarkan segmen pasar sasaran dan harga, ponsel dibagi ke dalam tiga kategori. Yakni HP entry-level, kelas menengah, serta high-end (yang juga dikenal flagship).

Jika masih penasaran, penulis sudah pernah membahas perbedaan HP entry-level, mid-range, dan high-end pada artikel lain. Langsung cek aja, ya.

Fitur HP Android (Makeuseof)
Fitur HP Android (Makeuseof)

Ukuran Layar: Tergantung Kondisi dan Kebutuhan

Saat smartphone mulai popular, umumnya dibekali dengan layar berukuran 3,5 inci. Kini, ada beberapa ponsel yang ukuran layarnya mencapai 7 inci!

Lalu, seharusnya ukuran layar sebuah HP tuh berapa inci, sih? Yah, jawabannya ternyata tergantung kebutuhan dan kondisi. Bergantung pada ukuran tangan dan jempol. Serta jenis kegiatan yang kamu jalani lewat ponsel.

Kalo kamu punya tangan yang mungil, layar berukuran 5,5 inci atau 6 incian sudah lebih dari cukup. Sedangkan jika punya tangan agak besar, tentu akan lebih nyaman jika pakai layar berukuran 6 inci ke atas.

Pertimbangkan Fitur Tambahan

Banyak model ponsel Android yang dibekali fitur atau desain khusus. Jenis spesifikasi tambahan yang membuatnya terlihat unik dan berbeda ketimbang produk lain.

Contohnya, beberapa ponsel yang ukurannya mendekati tablet (seperti Galaxy Note), dibekali Stylus Pen. Alat ini berfungsi sebagai alat bantu dalam mengoperasionalkan HP. Sementara itu, produk lain dibekali dengan sensor biometrik sebagai lapisan keamanan.

Berbekal fitur-fitur unggulan tersebut, ponsel pun terlihat makin berbeda dan menawan. Selain itu, juga menawarkan kelebihan ketika dipakai untuk aktivitas tertentu. Misal Galaxy Note yang tentunya menawarkan kenyamanan untuk aktivitas produktif maupun desain.

Ukuran layar HP Android (Makeuseof)
Ukuran layar HP Android (Makeuseof)

Merek (Jika Dirasa Penting)

Sudah tak terhitung lagi jumlah model HP Android yang menyebar di pasaran. Dan semakin hari, merk HP juga makin bertambah. Contohnya seperti merek HP Tecno yang menjadi wajah baru di segmen HP entry-level Indonesia.

Lalu, di tengah pilihan tersebut, bagaimana tips membeli HP Android terbaik? Jika Anda berpendapat bahwa merek itu penting, maka belilah produk milik OEM tertentu yang sesuai selera Anda. Misal Samsung, iPhone, atau Xiaomi.

JIka tidak, Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan. Jangan lupa untuk juga mempertimbangkan kebutuhan dan harga. Dan jika Anda termasuk dalam golongan yang terakhir, tentu pilihan akan semakin banyak, bukan?

Performa

Untuk memilih HP Android terbaik yang pas buat gaya hidup adalah impian semua orang. Dan penulis merekomendasikan tiga spesifikasi kunci yang wajib kamu pertimbangkan. Yakni RAM, CPU, dan penyimpanan internal.

Semakin besar RAM (Random Acces Memory) yang dimiliki perangkat, semakin banyak pula aplikasi yang bisa kamu pasang. Selain itu, kamu juga nggak perlu mengkhawatirkan HP Android lemot atau cepat panas.

Kalo belum tahu apa itu RAM dan fungsinya, penulis pernah membahasnya pada artikel lain. Jangan bosan buat mengecek dan mempelajari spesifikasi kunci ini, ya.

Sedangkan CPU (atau prosesor) merupakan otak dari perangkat. Dua jenis prosesor yang banyak digunakan HP Android adalah MediaTek dan Snapdragon -yang biasanya disertai nomor seri di belakangnya.

Performa HP Android (Makeuseof)
Performa HP Android (Makeuseof)

Sebagai catatam, semakin besar angka seri, semakin bagus pula performanya.

Sedangkan spesifikasi HP terakhir yang wajib kamu pertimbangkan adalah kapasitas penyimpanan internal. Coba deh pahami aktivitasmu. Apakah kamu menggunakan banyak aplikasi sekaligus setiap hari? Apakah kamu sering membuat dokumen atau menyimpan file penting?

Jika dua hal itu merupakan bagian dari rutinitas harian, maka Droila menyarankan agar membeli HP dengan RAM besar dan penyimpanan internal yang juga besar.

Masih merasa bingung? Tenang. Subscribe dan pantengin terus website Droila. Setiap harinya, kamu bisa mendapatkan review serta kelebihan dan kekurangan HP dari berbagai merek. Dan dengan mengetahui informasi dasar tersebut, kamu tentu akan lebih mudah untuk menentukan pilihan.

Usai sudah uraian tips membeli HP Android kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mendapatkan produk terbaik, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like