Tips Memilih Kartu Memori HP yang Bagus dan Murah, 3 Hal yang Wajib Kamu Tahu!

Cara memiih memory card hp yang bagus (The Wire Cutter)
Cara memiih memory card hp yang bagus (The Wire Cutter)

Inilah masa di mana produsen membekali ponsel bikinannya dengan memori berkapasitas besar. Akan tetapi, bukan berarti menjadi akhir dari produk kartu SD. Anda tetap bisa menggunakannya sebagai penyimpanan tambahan pada ponsel atau perangkat lain. Untuk itu, kali ini tim Droila sudah rangkumkan beberapa tips memilih kartu memori HP yang bagus dan murah.

Memang, sudah ada banyak pilihan HP dengan penyimpanan internal berkapasitas besar. Jika 64GB dirasa kurang, Anda bisa memilih HP dengan memori berkapasitas 128GB, 256GB, atau bahkan 512 GB.

Hanya saja, harus diakui jika kita, sebagai pengguna HP, memproduksi data setiap hari. Beragam bentuknya kita buat lalu disimpan. Baik itu file dokumen, foto, video, atau audio.

Sehingga, wajar kiranya jika memori penyimpanan berukuran besar pun bakal habis. Terlalu banyak yang kita buat dan simpan, tapi lalai untuk memilih serta menghapus file yang sudah tak terpakai.

Untuk mengatasinya, kita masih bisa mengandalkan dukungan memori penyimpanan eksternal. Ya, tak lain adalah kartu SD. Dan beruntungnya, teknologi penyimpanan data ini juga terus dikembangkan. Bahkan, kini, kita sudah bisa mendapatkan kartu SD berkapasitas 1TB!

memori hp yang bagus dan murah (Android Central)
memori hp yang bagus dan murah (Android Central)

Tips Memilih Memory Card HP yang Bagus

Masalahnya, memilih kartu memori HP yang bagus bukanlah perkara mudah. Ada terlalu banyak pilihan serta jenis yang harus dipertimbangkan.

Oleh karena itu, untuk membantu pembaca mendapat pilihan terbaik, tim Droila sudah merangkumkan beberapa tips memiliih memory card HP yang bagus, terbaik dan tercepat.

Pengin tahu lebih lengkap? Langsung deh simak uraian di bawah:

Mengenali Jenis Kartu SD yang Paling Tepat untuk Perangkatmu

Cara mengetahui kelas kartu SD (Makeuseof)
Cara mengetahui kelas kartu SD (Makeuseof)

Memang, semua produk kartu SD pasti bisa dipasang pada slot microSD di ponselmu. Tapi, apakah semua kartu SD sama? Jawabannya adalah tidak.

Hingga kini, ada tiga jenis format utama kartu SD. Yakni SD, SDHC, dan SDXC. Atau juga disebut microSD, microSDHC, dan microSDXC. Sementara itu, masih ada satu format lagi tapi jarang digunakan, yakni SDUC.

Masing-masing format mendefinisikan spesifikasi SD. Dan masing-masing tidak bekerja dengan cara yang sama. Hasilnya, keempat jenis kartu SD ini tidak selalu kompatibelpada semua perangkat.

Contohnya, kamu tidak bisa menggunakan kartuSD generasi terbaru pada HP Android lawas. Pasalnya, seri HP lawas biasanya mendukung format yang lebih lawaspula. Lebih lengkap, berikut ini perbedaan di antara keempat format tersebut:

  • microSD               : Memiliki kapasitas hingga 2GB dan bisa dipakai pada semua jenis slot kartu SD
  • microSDHC          : Memilikikapasitas lebih dari 2GB hingga 32GB. Jenis ini cuma bisa bekerja pada perangkat yang mendukung SDHC atau SDXC
  • microSDXC          : Memiliki kapasitas 32GB hingga 2GB. Jenis ini cuma mendukung perangkat yang kompatibel dengan SDXC
  • microSDUC         : Memilikikapastias mencapai 128TB dan cuma bisa dipakai pada perangkat yang kompatibel saja.

Memilih Kartu SD yang Bagus untuk Tugas Tertentu

Jenis kartu SD atau microSD (Makeuseof)
Jenis kartu SD atau microSD (Makeuseof)

Saat kamu membeli kartuSD, penting untuk memilih jenis yang paling tepat berdasarkan kebutuhan. Artinya, menemukan kartuSD yang kapasitas maupun kecepatannya cukup, tapi tidak musti memilih kartuSD dengan kapasitas terbesar.

Jika kamu ingin menggunakan kartuSD untuk menyimpan aplikasi HP, pertimbangkan untuk memilih produk dengan rating Application Performance. Sedangkan jika kamu ingin membuat video berkualitas 4K, jadikan ukuran dan kecepatan sebagai prioritas.

Berdasarkan rekomendasi Asosiasi Kartu SD, produk dengan UHS Speed Class 3 (U3) atau yang lebih tinggi bisamenjadi pilihan terbaik untuk merekam video 4K. Sedangkan kalo ponselmu cuma bisa merekam video berkualitas full HD, maka kartu SD kelas 10 atau kelas 6  pun sudah mencukupi.

Untuk aktivitas fotografi, beberapa pengguna lebih memilih kartuSD dengan kapasitas yang lebih kecil. Ya, bukan yang besar. Pasalnya, untuk meminimalisir risiko kehilangan seluruh file foto ketika kartu SD rusak.

Nah, untuk pengguna yang hobi menjepret foto berkualitas RAW –atau tanpa polesan fitur Kecerdasan Buatan, yang ukurann file-nya bisa mencapai 50MBB atau lebih, bakal lebih menguntungkan jika membeli kartu SD dengan kecepatan antara U1 hingga U3.

Jangan Sampai Membeli MicroSD Palsu

Tips memilih kartu memori HP yang bagus (Makeuseof)
Tips memilih kartu memori HP yang bagus (Makeuseof)

Sudah jadi hukum alam bahwa manusia ingin mendapatkan kualitas terbaik dengan harga paling murah. Dan berkat kebiasaan itu pula, banyak pihak yang memanfaatkannya untuk mendulang keuntungan. Dalam hal ini, kita bisa dengan mudah menemukan kartuSD palsu yang menyebar luas.

Apalagi jika kamu membeli kartu SD dari toko yang tidak resmi. Risiko untuk mendapatkan produk palsu tentu semakin besar. Bahkan, beberapa tahun lalu, teknisi kartuSD di SanDisk melaporkan bahwa sepertiga kartu SD SanDisk yang dijual bebas merupakan produk palsu.

Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi kartu SD palsu di tengah pilihan yang begitu banyak ini?Meskipun cukup sulit, tapi ada satu ciri yang bisa dengan mudah kitaketahui. Biasanya, kartu SD palsu memiliki kapasitas yang jauh lebih kecil ketimbang yang tertera di bungkus.

Naasnya, pengguna tidak akan menyadarinya hingga kartu SD tiba-tiba penuh sendiri. Maka dari itu, sebelum beli, baiknya cek terlebih dulu kapasitas kartu SD tersebut.

Nah, itulah beberapa tips memilih kartu memori HP yang bagus dan murah versi Droila. Semoga penjelasan di atas bisa membantu pembaca untuk mendapatkan kartu SD terbaik dan pas buat aktivitas atau kerja, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like