Tips untuk Mencegah HP iPhone Cepat Panas

Mencegah HP iPhone cepat panas (TechAdvisor)
Mencegah HP iPhone cepat panas (TechAdvisor)

Seiring lama waktu penggunaan, semakin panas pula HP iPhone milikmu. Hal ini sudah jadi rahasia umum. Dan bisa jadi kendala jika panas tersebut meningkat saat main game, apalagi saat main PUBG. Maka jika hal tersebut sedang kamu hadapi, langsung terapkan tips untuk mencegah HP iPhone cepat panas di bawah ini, ya.

Sudah rahasia umum jika suhu dan mesin yang mudah panas jadi kendala terbesar dari HP iPhone. Akan tetapi, fakta tersebut nggak melunturkan keinginan penggemar untuk memilikinya. Buktinya, antrian panjang selalu terjadi manakala Apple meluncurkan produk terbarunya.

Di samping itu, ada juga beberapa tips mencegah iPhone panas yang sudah menyebar luas. Cukup terapkan langkah-langkah di bawah, maka kamu bisa mencegah suhu iPhone meningkat cepat.

Penyebab iPhone Cepat Panas

Baterai iPhone (BusinessInsider)
Baterai iPhone (BusinessInsider)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan HP iPhone cepat panas. Salah satunya adalah akibat suhu di luar ruangan. Jika ini faktor utama penyebabnya, kamu bisa sedikit tenang. Solusinya pun cukup sederhana, langsung matikan perangkat atau berteduh di lokasi yang sejuk.

Kendala muncul jika suhu di sekitar tempatmu bukanlah penyebabnya. Ya, jika yang membuat perangkat cepat panas adalah aktivitas aplikasi dan pemrosesan, kamu harus sedikit waspada. Soalnya, bisa berpengaruh langsung terhadap performa dan kecepatan perangkat.

Dan ada dua penyebab utama yang membuat suhu iPhone cepat meningkat; yakni baterai atau komponen perangkat keras ada yang rusak. Dan umumnya, baterai adalah komponen yang paling mudah rusak. Jika didiamkan, maka akan berpengaruh langsung ke perangkat keras. Bahaya, bukan?

Jadi, kalo perangkatmu menunjukkan gejala-gejala di atas, langsung deh terapkan tips untuk mencegah HP cepat panas di bawah. untuk kamu yang perangkatnya akhir-akhir ini cepat panas, langsung deh terapkan tips untuk mencegah HP iPhone cepat panas di bawah, ya.

Cara Mencegah HP iPhone Panas

Seperti pepatah lama, “Sedia payung sebelum hujan”. Lebih baik mencegah daripada mengatasi, bukan? Maka, kalo kamu nggak pengin HP rusak gegara suhu tinggi dalam jangka waktu lama, terapkan tips pencegahan di bawah aja.

Cara mengatasi iPhone cepat panas (CNET)
Cara mengatasi iPhone cepat panas (CNET)

Hindari Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Hal ini wajib dilakukan kalo kamu pengin menjaga perangkat tetap dingin. Suhu perangkat mungkin nggak terlalu terasa bagi kulitmu. Tapi, begitu panas dari sinar matahari mulai terakumulasi, peningkatannya bisa sangat cepat.

Layaknya pasir di pantai yang menyerap dan menyimpan panas dari sinar matahari, begitu pula HP iPhone milikmu. Jadi, jika cuaca di luar cerah dan matahari bersinar terik, baiknya simpan di kantong atau saku aja, deh.

Jangan Tinggal Perangkat di Mobil

Baik kondisi sedang panas atau dingin, sebisa mungkin, jangan pernah tinggalkan HP iPhone milikmu di mobil. Bahkan ketika suhu begitu rendah! Soalnya, temperatur di dalam mobil tetap bisa lebih hangat dibandingkan di luar ruangan. Dan berkat temperatur itu pula, bisa berpengaruh langsung pada suhu perangkat milkmu.

Case Razer Arctech (RazerZone)
Case Razer Arctech (RazerZone)

Jangan Gunakan Hardcase

Memang, menggunakan hardcase bisa berfungsi untuk melindungi perangkat dari benturan atau ancaman benda asing. Pun mencegah HP iPhone milikmu jadi lecet. Hanya saja, ada konsekuensi yang harus kamu tanggung jika menggunakan case, baik hard maupun soft: suhu handphone cepat meningkat!

Tapi, kalo kamu merasa takut untuk menggunakan handphone yang nggak dilindungi case, bisa lho menggunakan case atau bungkus yang disertai teknologi pendingin. Untuk pengguna iPhone 11, kamu bisa menggunakan case dari Razer Archtech yang juga disertai teknologi pendingin perangkat. Tertarik beli? Cek aja harganya di bawah, ya.

Matikan Bluetooth

Bluetooth adalah sumber panas lainnya pada perangkat iPhone. Maka dari itu, baiknya sih kamu matikan saja jika nggak lagi menggunakannya.

Cara menonaktifkan Bluetooth pada iPhone mudah, kok; cukup buka aplikasi Settings, lalu pilih menu Bluetooth. Lalu, geser toogle yang terletak di samping untuk mematikannya. Untuk cara lebih cepat, kamu bisa melakukannya lewat Control Centre.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Di bawah sinar terik matahari, layar iPhone memang cenderung jadi gelap. Apalagi jika tingkat kecerahan layar begitu rendah. Maka dari itu, sebagian besar pengguna tentu memilih untuk meningkatkannya; agar tampilan bisa terlihat lebih jelas. Padahal, tingkat kecerahan juga berpengaruh langsung pada suhu HP iPhone, lho.

iPhone 11 (TechAdvisor)
iPhone 11 (TechAdvisor)

Jangan Gunakan untuk Main Game Terlalu Lama

Bahkan game sederhana dengan grafis biasa saja juga bisa meningkatkan suhu iPhone. Apalagi jika kamu memainkannya dalam jangka waktu lama.

Jadi, jika suhu iPhone cepat panas saat kamu bermain game, saran penulis, mending matikan saja. Tunggu hingga suhu iPhone sedikit turun, baru deh kamu mainkan lagi. Jika tidak, komponen perangkat keras bakal rusak!

Jangan Isi Ulang Daya Saat Perangkat Panas

Pada HP iPhone, isi ulang daya bisa meningkatkan suhu perangkat. So, baiknya sih kamu jangan charge perangkat saat kondisi panas, ya. Selain itu, pastikan juga untuk nggak meletakkan perangkat di permukaan yang lembut; seperti kusir, sofa, atau kasur- selama isi ulang. Soalnya, juga memengaruhi peningkatan suhu perangkat.

Usai sudah pembahasan mengenai tips untuk mencegah HP iPhone cepat panas hari ini. Setelah membaca uraian di atas, langsung terapkan dan jangan sampai HP milikmu kepanasan, ya.

Jangan ketinggalan beragam tips HP terlengkap lain dari Droila. Klik di sini agar kamu bisa membaca beragam informasi terupdate seputar teknologi, games, aplikasi, serta rekomendasi handphone terbaik lainnya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like