Tips Menyusun Pertahanan Base di CoC, Panduan Buat Pemula Nih

Pertahanan CoC yang kuat (Base of Clans)
Pertahanan CoC yang kuat (Base of Clans)

Kamu adalah pemain yang penasaran dan sedang mencicipi game Clash of Clans? Agar Base milikmu nggak hancur terus gegara diserang lawan, contoh deh tips pertahanan CoC di bawah. Ampuh dan sudah banyak yang membuktikan!

Di antara berbagai judul game strategi, Clash of Clans masih jadi pilihan yang banyak digandrungi gamer mobile di Indonesia. Kombinasi antara aksi dan menyusun strategi sukses membuat CoC bertahan hingga saat ini.

Barangkali, Supercell sendiri pun tak menyangka jika game yang pertama kali diluncurkan tahun 2012 ini masih diminati banyak pemain. Memang, saat awal kemunculannya, CoC menjadi salah satu game paling fenomenal.

Tak ayal, jumlah pemain CoC pun terus meningkat setiap tahunnya. Pula saat ini, kita masih bisa menemui banyak pemain baru yang sibuk mencari trik atau tips memainkan game CoC. Baik lewat forum  resmi maupun browsing informasi pada mesin pencari.

Cara Pertahanan CoC Terbaik untuk Th 3, Th 4, Th 5, dan Th 6

Bagi pemain baru, kehancuran Base adalah persoalan yang wajar. Dan berkat kehancuran demi kehancuran yang dihadapi, membuat pemain berkembang dalam menyusun strategi. Baik strategi untuk menyerang Base lawan atau bertahan.

Beruntungnya, kini sudah tersedia banyak contoh dalam meramu pertahanan CoC yang kuat. Nah, untuk memudahkan pencarianmu, tim Droila sudah merangkumnya dalam penjelasan mengenai tips pertahanan CoC di bawah.

Penasaran? Langsung cek aja, ya.

Pertahanan Th 2

Jika base CoC milikmu masih Th 2, ada beberapa senjata yang bisa meningkatkan pertahanan secara keseluruhan. Kamu bisa menggunakan Canon. Sebisa mungkin, posisikan agar Cannon terletak dalam satu garis lurus dengan Cannon lainnya.

Setelah itu, tempatkan Archer Tower di bagian tengah Base. Pasalnya, Archer Tower bisa melindungi desa terhadap serangan yang dilancarkan dari berbagai sisi.

Sebagai tambahan, jangan tempatkan objek bergerombol dalam satu area saja. Pasalnya, kamu sama saja memberi kemudahan musuh untuk menyerang dari satu sisi. Sedangkan sisi lain tentunya kosong dan tanpa pertahanan.

Pertahanan CoC terkuat (Clasher)
Pertahanan CoC terkuat (Clasher)

Pertahanan Th 3

Sedangkan base dari Townhall level 3, dimulai dengan menempatkan Cannon dalam formasi yang sama. Tegak lurus antara satu Cannon dengan Cannon lainnya. Di samping itu, untuk desa Th 3, kamu sudah bisa mengaktifkan mortar. Maka, gunakan aja!

Ubah Archer Tower yang sebelumnya di tengah menjadi Mortar. Pasalnya, Mortar memiliki jangkauan tembakan yang cukup jauh. Tak hanya itu, senjata ini juga memiliki efek splash damage. Sehingga, setiap tembakan bisa menghancurkan beberapa pasukan lawan sekaligus!

Sementara itu, Archer Tower bisa kalian tempatkan dekat dengan Town Hall. Dengan begitu pertahanan Town Hall pun lebih terjaga dan aman dari serangan, bukan?

Pertahanan Th 4

Pada Town Hall level 4, kamu memilih tambahan senjata baru. Yakni Air Defense. Senjata ini berfungsi untuk melindungi desa dari serangan udara.

Maka, baiknya sih tempatnya Air Defense di bagian terluar. Biar bisa mencegat serangan udara yang dilancarkan musuh sebelum mendekati desa!

Jangan lupa berikan perlindungan ekstra untuk bangunan-bangunan penting. Contohnya seperti menambahkan tembok. Jika dirasa gold nggak cukup , kamu bisa mengelompokkan senjata dalam satu wilayah. Selain menghemat tembok, tentu menghemat gold juga, kan?

Pertahanan CoC th 4 (Lumpia Studio)
Pertahanan CoC th 4 (Lumpia Studio)

Pertahanan Th 5

Di titik ini, pertahanan dan serangan sudah makin beragam. Maka dari itu, kamu perlu mengatur siasat agar setiap senjata dan pertahanan bisa berfungsi optimal.

Kamu bisa menambahkan sistem pertahanan baru yang juga memiliki efek splash damage –sama seperti mortar. Yakni Wizard Tower. Lebih baik sih letakkan Wizard Tower dan Mortar sedekat mungkina dengan Town Hall.

Begitu selesai mengamankan TH, kini tempatkan perlindungan lain di bagian luar. Kamu bisa meletakkan Archer Tower dan Cannon secara menyebar. Pastikan sebarannya mengelilingi desa. Sehingga bisa jadi keamanan ekstra dari setiap serangan.

Tips Merancang Pertahanan CoC yang Kuat dan Sulit Dijebol

Pada dasarnya, sulit untuk merancang pertahanan terbaik. Namun, bukan berarti tidak ada strategi yang bisa kamu contoh untuk mewujudkan hal tersebut.

Merangkum dari berbagai sumber, kamu bisa mencontoh beberapa tips di bawah agar pertahanan desa makin kuat dan sulit dijebol lawan.

Selalu Posisikan Clan Castle di Bagian Tengah dari Base

Ya, ini perlu dan penting kamu lakukan. Selain itu, kelilingi Clan Castle dengan tembok dan persenjataan di sekitarnya.

Tujuan tentu saja biar lawan tidak mudah dalam memancing Clan Castle keluar dari sarangnya. Soalnya, jika mudah terpancing, maka desa pun akan cepat hancur dan serangan cepat berakhir.

Contoh pertahanan CoC th 6 (Clash of Clans Layout)
Contoh pertahanan CoC th 6 (Clash of Clans Layout)

Tempatkan TH di Luar Tembok Base

Barangkali cara ini terlalu riskan dan beresiko tinggi. Soalnya kamu berpotensi kehilangan beberapa trophy. Tapi formasi Base ini sepadang dengan pertahanan yang bakal kamu dapatkan.

Tak hanya itu, Town Hall juga bakal mendapat perlindungan shield selama 12 jam. Alhasil, kamu pun bisa meningkatkan level lebih mudah dan cepat, bukan?

Nah, itulah beberapa tips pertahanan CoC yang bisa kamu tiru. Semoga uraian tips dan trik game CoC di atas bisa membantumu dalam merancang pertahanan base yang nggak mudah dijebol lawan, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like