Setelah Menunggu Lama, Xiaomi Mi 10 Pro Dapat Update MIUI 12… Tapi

Xiaomi Mi 10 Pro (AndroidAuthority)
Xiaomi Mi 10 Pro (AndroidAuthority)

Xiaomi layak disebut sebagai brand jawara karena banyak alasan. Dan salah satunya adalah pembaruan firmware yang cukup sering.

Dan berdasarkan temuan warganet, HP Xiaomi Mi 10 Pro kini mendapat jatah pembaruan MIUI V12.2.2.0 versi stabil. Firmware yang lebih dikenal dengan nama MIUI 12 didapati oleh beberapa pengguna Xiaomi Mi 10 Pro (review).

Menurut temuan warganet, ukuran pembaruan firmware sebesar 576MB. Dan kalo melihat fungsi, MIUI 12 versi stabil menawarkan pengoperasian sistem yang lebih mulus serta peningkatan di bagian stabilitas.

Dan kalo melihat pembaruan ini, tampaknya update MIUI 12 bakal sesegera mungkin diluncurkan pada beberapa HP terbaru. Termasuk di dalamnya yakni HP Xiaomi kelas menengah, dan mungkin –menurut penulis, Xiaomi low-end juga.

Soalnya, beberapa hari lalu perusahaan juga sudah meluncurkan pembaruan serupa untuk HP flagship killer jagoannya, yakni Xiaomi Redmi K30 Pro.

Seperti kita ketahui, Xiaomi memperkenalkan sistem UI Customization MIUI 12.5 saat konferensi Xiaomi Mi 11 yang diselenggarakan tahun lalu. Dan kini, perusahaan sudah membuka tahap Open Beta untuk beberapa jenis perangkat.

Nah, bagi kamu yang sudah mendaftar Open Beta, tentu kamu bakal menemukan pembaruan ini pada menu Pembaruan Aplikasi Sistem. Meskipun konten dari pembaruan belum dibagikan oleh perusahaan, menurut laporan netizen, masih banyak bugs di dalamnya.

HP Xiaomi Mi 10 Pro (USTechPortal)
HP Xiaomi Mi 10 Pro (USTechPortal)

Fitur Unggulan MIUI 12

Sebagai versi UI Customization paling baru, tentu kamu bakal menemukan banyak fitur anyar pada versi ini. Hal itu tentu saja sejalan dengan keinginan perusahaan dalam menghantarkan pengalaman maksimal bagi pengguna.

Nah, bagi yang belum berkesempatan untuk update MIUI 12, mengutip laman resmi MIUI,  berikut ini adalah fitur baru MIUI 12 yang menarik dan layak ditunggu.

Peningkatan Keamanan Data dan Perangkat

keamanan data MIUI 12 (AndroidCentral)
keamanan data MIUI 12 (AndroidCentral)

Sudah lama isu keamanan dan mengumpulkan data pribadi jadi problem yang dihadapi Xiaomi. Seperti menjawab keraguan banyak pihak, perusahaan pun menambahkan fitur baru pada MIUI 12 yang menjamin keamanan data pribadi pengguna.

Ya, perusahaan menambahkan toogle di dalam browser bawaan yang berfungsi untuk membatasi pengumpulan data pribadi. Bagian keamanan data ini memiliki dua bagian:

Stats dan Manage. Bagian Stats atau Status memungkinamu untuk melihat apa saja akses yang dimiliki semua aplikasi –termasuk  data lokasi, kontak, log panggilan, rekamanan audio, hingga penyimpanan. Sementara bagian Manage bakal menunjukkan aplikasi yang memiliki ijin khusus ke fitur tertentu.

Control Center

Control Center MIUI 12 (AndroidCentral)
Control Center MIUI 12 (AndroidCentral)

Salah satu perubahan besar tampilan UI dari MIUI 12 adalah penambahan fitur baru yang disebut Control Center atau Pusat Kontrol. Dan seperti yang bisa kita duga dari namanya, fitur ini mirip dengan fungsi Pusat Kontrol pada iOS.

Kamu bisa mengaksesnya dengan mengusap layar ke bawah pada halaman muka. Sebagai pengganti halaman pemberitahuan, kamu bakal menemukan kotak berisi toogle WiFi, slider kecerahan layar, Bluetooth, serta tombol Data Seluler.

Baik dari segi desain maupun fungsi identik dengan iOS. Tapi pada MIUI 12, kamu bisa mendapat kebebasan untuk mengganti menu yang tampil pada Pusat Kontrol. Sedangkan pemberitahuan, karena membutuhkan ruang yang cukup besar, diletakkan pada panel tersendiri.

Bagian terbaik dari fitur ini adalah bagi kamu yang nggak terlalu suka dengan tampilannya bisa kok mengubah dan mengembalikan ke versi lawas. Ya, versi dimana pemberitahuan bakal muncul begitu mengusap layar pada bagian halaman.

Pengaturan App Drawer

App Drawer pada MIUI 12 (AndroidCentral)
App Drawer pada MIUI 12 (AndroidCentral)

Xiaomi sering mendapat kritikan karena nggak pernah menambahkan fitur App Drawer pada sistem UI Customization miliknya. FYI, App Drawer adalah menu atau halaman pada HP yang menampilkan seluruh aplikasi yang sudah terinstall.

Menjawab kritikan tersebut, akhirnya kini pengguna bisa mengatur tampilan App Drawer sesuai selera dan kebutuhan. Cara mengatur tampilan aplikasi pada HP Xiaomi pun cukup mudah. Cukup buka aplikasi Pengaturan, pilih menu Home Screen , lalu tap menu App Drawer.

Banyak pihak menyebut kalo fitur App Drawer pada MIUI 12 begitu mirip dengan aplikasi launcher Android milik Poco. Termasuk kategori aplikasi yang bisa bekerja secara otomatis mensortir semua aplikasi yang sudah terinstall.

Tapi, terlepas dari keluhan tersebut, kita patut bersyukur karena kini menggunakan HP Xiaomi bakal makin nyaman.

Jendela Mengambang yang Lebih Kaya Fungsi

Tampilan Jendela Mengambang pada MIUI 12 (AndroidCentral)
Tampilan Jendela Mengambang pada MIUI 12 (AndroidCentral)

Jendela mengambang merupakan salah satu fitur anyar pada Android 10. Menggunakan fitur ini, kamu bisa mengecilkan aplikasi sehingga ukurannya nggak memenuhi layar.

Dan bagian terbaik dari fitur ini, jendela mengambang juga bisa muncul menumpuk di atas aplikasi lain.

Tentu saja hal itu bisa memudahkan kamu yang hobi gaming. Soalnya, kamu nggak perlu berpindah aplikasi saat menjawab pesan pada platform lain.

Cukup aktifkan jendela mengambang, maka kamu bisa langsung membalas pesan tanpa harus ketinggalan pertempuran, bukan?

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini lewat pengaturan Jendela Mengambang yang muncul pada panel overview. Di dalamnya, kamu bisa melihat pilihan aplikasi yang mendukung pengoperasian dari Jendela Mengambang.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like