Berkenalan dengan Fungsi RAM Pada HP, Panduan Sebelum Kamu Beli HP Baru

Berapa RAM HP yang dibutuhkan saat ini (Android Central)
Berapa RAM HP yang dibutuhkan saat ini (Android Central)

Banyak yang membicarakan RAM pada HP. Baik untuk ponsel Android maupun iOS. Dan perbincangan ini bakal kerap kamu dengar terutama saat ingin beli HP baru. Nah, agar mendapatkan smartphone yang sesuai kebutuhan, yuk kenali apa saja sih fungsi RAM pada HP serta berbagai informasi seputar komponen telepon pintar ini.

Kini, setiap kali ingin beli HP baru, kapasitas RAM jadi hal pertama yang ditanyakan kepada penjual. Kemudian, barulah pembeli menanyakan memori internal (penyimpanan), baterai, serta fitur-fitur unggulan lain.

Bukan cuma di Indonesia. Tapi di seluruh dunia. Kapasitas RAM menjadi tolak ukur utama yang dipakai para calon pembeli sebelum menentukan pilihan. Sebuah kondisi yang sangat jauh berbeda ketika telepon pertama dikembangkan –cuma dibekali RAM 128MB aja!

Kini, masing-masing vendor memiliki ponsel unggulan dengan spesifikasi tertentu. Ada yang menggunggulkan performa kamera, chipset, hingga daya tahan baterai super panjang. Tapi, apapun kondisinya, RAM tetap jadi pertanyaan pertama yang ingin diketahui pembeli.

 Lantas, apasih fungsi RAM pada HP sehingga banyak ditanyakan. Kemudian, apa perbedaan RAM dan ROM, serta apakah RAM 2GB atau 3GB cukup untuk saat ini?

Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, tim Droila sudah rangkumkan dari berbagai sumber. Sehingga, bisa kamu jadikan panduan sebelum beli HP baru, bukan? Tanpa panjang lebar, langsung aja simak uraian di bawah, ya.

Fungsi RAM pada HP (Gadgethacks)
Fungsi RAM pada HP (Gadgethacks)

Apa Itu RAM HP?

RAM merupakan singkatan dari Random Acces Memory. Komponen pada perangkat komputasi ini berfungsi untuk menyimpan data serta instruksi program secara temporer atau sementara.

Artinya, RAM menjadi lokasi penyimpanan sementara ketika sistem operasi Android menjalankan aplikasi, baik satu aplikasi maupun beberapa. Semakin banyak kapasitas RAM pada HP, semakin banyak pula aplikasi yang bisa disimpan dan dijalankan secara bersamaan.

Sehingga memengaruhi kecepatan performa perangkat. Hal ini pula yang menimbulkan anggapan kalo pembeli ingin perangkat anti-lag dan macet, belilah HP dengan RAM besar.

Fungsi RAM pada HP

Tak cuma Android saja yang membutuhkan RAM. Ponsel iPhone juga membutuhkan komponen ini. Bagaimanapun, RAM dibutuhkan dalam pemrosesan komputasi.

Lebih lengkap, berikut ini penjelasan masing-masing fungsi RAM.

Lokasi Penyimpanan Sementara dari Aplikasi yang Berjalan

Seperti sudah disinggung di atas, fungsi RAM pada HP adalah untuk menyimpan data yang ada pada sistem operasi secara sementara. Contohnya, ketika kamu membuka aplikasi, RAM akan membaca data dan aktivitas dari aplikasi tersebut.

Maka, semakin banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan, semakin besar pula kapasitas RAM yang dibutuhkan. Itulah mengapa, jika kamu tidak ingin HP Android lemot, penulis menyarankan untuk menutup aplikasi latar belakang. Soalnya bisa mengurangi kapasitas penyimpanan pada RAM. Sehingga memungkinkan pemrosesan berjalan lebih cepat dan sesuai harapan.

Untuk Bermain Game

Perlu dicatat, untuk memainkan game berat –yakni game dengan grafis bagus serta membutuhkan koneksi internet terus menerus, kamu membutuhkan HP dengan RAM besar. Soalnya, yang diproses RAM terdiri dari banyak jenis data. Mulai dari data koneksi, gambar, video, rendering, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika kamu doyan main game berat seperti PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, atau Gengshin Impact, pertimbangkan deh untuk membeli HP RAM besar.

Apa itu RAM HP (MobiForge)
Apa itu RAM HP (MobiForge)

Perbedaan ROM dan RAM HP

Selain RAM, ROM merupakan komponen dari telepon pintar lainnya yang sering disinggung calon pembeli. Maka, agar kamu, sebagai penjual, tidak salah menjelaskan arti, penting untuk mengetahui perbedaan ROM dan RAM.

Secara singkat, kita sudah bisa mendapatkan gambaran dari RAM. Ya, RAM merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan file atau data secara temporer. Karena bersifat sementara, data yang tersimpan bakal dihapus ketika perangkat atau aplikasi dimatikan.

Sementara itu, ROM merupakan singkatan dari Read-Only Manager. Ini merupakan jenis penyimpanan yang mampu menyimpanan data secarapermanen. Tidak akan hilang maupun rusak sekalipun daya terputus dari perangkat.

Perlu dicatat, ROM tidak sama dengan ruang penyimpanan internal yang dipakai untuk menyimpan data pribadi. Seperti foto, video, atau musik. Jadi, jangan sampai salah istilah, Gan.

Apakah RAM 2GB atau 3GB Cukup?

Pertanyaan di atas sebenarnya cukup problematik. Pasalnya, kita tidak bisa memukul rata kebutuhan setiap pengguna Android itu sama. Ada yang menggunakan HP Android cuma untuk komunikasi saja, ada yang memanfaatkan buat produktivitas seperti bikin desain baju atau editing video, serta ada yang cuma buat gaming aja.

Nah, masing-masing aktivitas tentu membutuhkan kapasitas RAM yang berbeda. Dan semakin berat kinerja dari aktivitas, semakin besar pula RAM yang dibutuhkan. Selain bisa menjamin kelancaran aktivitas, juga menjadikan HP tidak mudah lemot serta umurnya lebih panjang.

Komponen RAM pada HP (Bukalapak)
Komponen RAM pada HP (Bukalapak)

Tapi, jika hanya dipakai untuk komunikasi, penulis rasa RAM 2GB sudah terbilang lebih dari cukup. Pasalnya, aplikasi chat maupun video call tidak membutuhkan terlalu banyak ruang pada penyimpanan RAM.

Maka dari itu, penulis berulang kali menekankan agar pembaca memilih RAM berdasarkan aktivitas. So, dari pertanyaan apakah RAM 2GB atau 3GB cukup, jawaban penulis tentu saja relatif. Sekali lagi, disesuaikan dengan jenis aktivitas dan tingkat kebutuhan.

Usai sudah uraian hari ini mengenai fungsi RAM pada HP serta berbagai hal yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mendapatkan telepon pintar yang sesuai keinginan dan kebutuhan, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like