6 Aplikasi Buat Cover Lagu di Android Terbaik, Bikin Konten Jadi Lebih Gampang

aplikasi untuk membuat cover lagu
aplikasi untuk membuat cover lagu

Sudah tak terhitung lagi jumlah konten cover lagu di berbagai platform. Kamu juga ingin membuatnya? Wajib gunakan salah satu aplikasi cover lagu di bawah ini.

Industri musik 15 tahun yang lalu sangat berbeda dengan industri musik saat ini. Pada masa itu, adalah hal yang sulit untuk memproduksi satu album musik penuh di luar studio. Bahkan, tak jarang musisi harus tidur di studio untuk mengejar deadline.

Perubahan diawali dengan peluncuran aplikasi yang hanya bisa digunakan perangjat Apple, GarageBand 6, pada tahun 2010. Dari aplikasi ini, muncul satu tipe musisi baru: bedroom producer atau produser musik kamar.

Tak butuh waktu lama untuk studio rumahan populer di masyarakat. Pasalnya, aplikasi yang awalnya hanya bisa dijalankan di perangkat iMac atau MacBook ini menawarkan pendekatan dan metode baru dalam produksi musik.

Aplikasi untuk Cover Lagu di HP

Kita tentu patut berterima kasih kepada perkembangan teknologi terkini. Kini, para produser rumahan ini mulai beralih; dari yang sebelumnya menggunakan laptop atau PC, sekarang sudah bisa melakukannya lewat smartphone.

Seiring bertambahnya platform penyedia aplikasi, serta makin meluasnya penggunaan telepon pintar, kini kita sudah bisa memilih beragam jenis aplikasi cover lagu. Dan buat kamu yang pengin membuat konten berupa cover lagu tertentu, tim Droila sudah menyiapkan tujuh aplikasi perekam suara untuk cover lagu yang bisa kamu pasang di Android. Langsung cek aja, ya.

Karaoke – Bernyanyi Karaoke, Lagu Tak Terbatas

Meskipun kamu memiliki suara mengagumkan, tentu butuh latihan banyak agar mampu menyanyikan semua lagu dengan nada yang tepat. Dan untuk menemanimu latihan, aplikasi cover lagu yang diberi nama Karaoke – Bernyanyi Karaoke, Lagu Tak Terbatas ini adalah salah satu yang terbaik yang bisa kamu temukan di Google Play Store.

Memang ada beberapa aplikasi buat cover lagu yang bisa kamu temukan di platform bikinan Google ini. Namun, aplikasi satu ini memiliki keunikan karena mampu memainkan suara dengan kualitas terbaik.

Di samping itu, ada juga fitur rekam yang mana bisa kamu gunakan untuk menyimpan suara kala menyanyikan satu lagu tertentu. Ditambah dengan efek-efek suara yang sudah disediakan pengembang, kamu tentu bakal mendapatkan hasil cover lagu yang lebih menawan.

Tanpa berpanjang lebar, langsung aja unduh dan pasang aplikasi Karaoke ini pada perangkatmu, ya.

aplikasi cover lagu
aplikasi cover lagu

RecForge Free – Audio Recorder

Jika kamu merasa cukup memiliki tabungan rekaman cover lagu, kamu mungkin perlu beranjak ke langkah selanjutnya: yakni produksi lagu. Untuk melakukan hal ini, unduh lalu pasang terlebih dulu aplikasi RecForge Free.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa merekam penampilanmu kala menyanyikan lagu gubahan sendiri atau cover milik musisi lain. Dan untuk awalan, kamu bisa mencoba aplikasi Recforge Free buat merekam lagumu sendiri.

Kualitas premium dengan layanan gratis. Nggak sembarang aplikasi gratis, karena kamu bisa merekam suara berkualitas tinggi; seperti WAV, MP3, atau OGG.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adanya fitur Bagi, yang bisa kamu gunakan untuk membagikan hasil rekaman ke media sosial atau menyimpannya di cloud atau komputasi awan. Kamu juga bisa membagikan file rekaman lewat e-mail, Bluetooth, SoundCloud, Dropbox, Box, hingga Google Drive.

Easy Voice Recorder

Aplikasi cover lagu lainnya yang bisa kamu pakai yakni Easy Voice Recorder. Ada beberapa fitur unik yang tentu sangat berguna buatmu. Di antaranya, aplikasi ini bisa merekam audio dengan kualitas MP4, 3GP, bahkan WAV.

Kalo lagu bikinanmu benar-benar panjang, nggak perlu khawatir. Pasalnya, aplikasi Easy Voice Recorder nggak memiliki batasan rekaman. Kamu bisa merekam cover lagu sampai memori HP penuh!

Itulah fitur-fitur yang bisa kamu gunakan di mode gratis. Kalo kamu meningkatkanya ke versi premium, ada lebih banyak lagi fitur yang bisa digunakan.

Salah satu fitur paling menarik yakni kamu bisa mengganti alat untuk merekam suara. Contohnya, kamu bisa menggunakan microphone camcorder agar mendapatkan suara yang lebih jernih dan jelas.

aplikasi buat cover lagu
aplikasi buat cover lagu

Vocal Ease

Jika kamu pengin mencoba ikut audisi menyanyi, Indonesian Idol contohnya, atau tengah mempersiapkan diri untuk menyanyi di panggung, kamu tentu perlu melatih teknik mennyanyi agar performa menwaan.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Vocal Ease. Bisa membantumu pemanasan sebelum tampil di panggung berukuran besar. Meski memang banyak orang nggak terlalu menghiraukan latihan vokal, tapi hal ini penting lho untuk dilakukan.

Aplikasi perekam suara untuk cover lagu ini didesain oleh pelatih vokal profesional dan terkenal Arnold McCuller. FYI, Arnold sudah pernah menyanyi bareng musisi papan atas seperti Phil Collins, Carole King, dan masih banyak lagi.

Menggunakan aplikasi ini, bisa membantumu berlatih untuk mendapatkan pitch terbaik atau sekadar pemanasan. Ada pula deretan instruksi yang bisa membantumu untuk tampil lebih menawan.

FL Studio

Awalnya aplikasi ini hanya tersedia dalam bentuk software PC saja. Kini, kamu sudah bisa mengunduh dan menggunakannya sebagai aplikasi cover lagu Android.

Menggunaan aplikasi FL Studio Mobile, kamu bisa membuat dan menyimpan track proyek lagu yang sedang digarap lewat Android atau Tablet. Ada pula fitur edit suara yakni sequence, edit, mix, serta render lagu.

Di samping itu, ada pula fitur-fitur unggulan yang sayang kamu lewatkan. Fitur-fitur itu antara lain synthesizers berkualitas tinggi, sampler, sliced-loop beats, merekam audio, serta berbagi file musik yang dikerjakan dengan perangkat lain yang menggunakan FL Studio Mobile melalui jaringan WiFi.

So, kalo kamu cari aplikasi cover lagu yang benar-benar membantu, jangan lupa untuk langsung mengunduh Fl Studio Mobile lewat Google Play Store, ya. FYI, untuk mengunduh aplikasi ini kamu harus membayar sebesar Rp76 ribu. Bukan nominal besar jika kamu melihat manfaat serta kegunaannya.

aplikasi perekam suara untuk cover lagu
aplikasi perekam suara untuk cover lagu

Audio Evolution Mobile Studio

Selanjutnya dalam daftar aplikasi cover lagu Android yang wajib kamu coba adalah Audio Evolution Mobile Studio. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan eXtream Software Development ini dihargai Rp99 ribu di Google Play Store.

Melihat fitur yang ditawarkan, kamu bakal paham alasan mengapa untuk mengunduh saja dikenakan biaya. Pasalnya, semua fitur premium dan canggih dari produser musik profesional bisa kamu coba. Mulai dari merekam musik, sampai memproduksi lagu dengan berbagai efek yang disematkan.

Tak salah juga jika aplikasi ini mengklaim sukses menciptakan standar baru bagi produksi musik di Android. Baik kamu menggunakan microphone tanam yang ada di perangkat Android, atau menggunakan perangkat tambahan seperti mic rekaman, aplikasi perekam suara untuk cover lagu ini bahkan diakui mampu menyaingi versi software dari PC.

Nggak tahu harus mulai dari mana? Pertama-tama, langsung unduh dan pasang aplikasinya lewat Google Play Store. Setelah itu, tonton video tutorial menggunakan aplikasi yang ada di platform YouTube. Dengan begitu, kamu pun bisa memproduksi lagu atau cover lagu pilihan tanpa banyak kesulitan.

Itulah berbagai aplikasi cover lagu yang bisa kamu pilih untuk perangkat Android. Sebenarnya, masing-masing sistem operasi memiliki jenis aplikasi terbaik. Dan untuk kali ini, kita cukupkan bahasan pada aplikasi untuk membuat cover lagu di Android saja.

Usai sudah uraian kali ini mengenai aplikasi cover lagu di HP Android dan iPhone. Semoga review aplikasi di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like