Cara Membuat Stiker WA di Android dan iPhone, Mudah Lho!

cara membuat stiker wa tanpa aplikasi
cara membuat stiker wa tanpa aplikasi

Stiker bisa membuat percakapan kalian terasa lebih menyenangkan dan mengasyikan. Dan kini, kamu bisa bikin sendiri stiker di WA. Belum tahu caranya? Simak penjelasan cara membuat stiker WA di Android dan iPhone berikut ini.

Tahun lalu, Facebook sebagai pemilik WhatsApp menambahkan satu fitur terbaru pada aplikasi chatting tersebut. Fitur ini bisa membuat pengguna bebas mengirimkan stiker dalam chatting, seperti yang juga terdapat di berbagai fitur sejenis lainnya.

Pada update aplikasi WhatsApp versi 2.18, pengguna kini bisa melihat menu baru di pilihan Emoji yang disebut Stiker. Awalnya, hanya satu paket stiker yang bisa diunduh dan dipakai pengguna. Akan tetapi, pengguna bisa mengunduh lebih banyak pada toko penyedia stiker bikinan Facebook.

Di samping itu, toko stiker ini juga memperbolehkan pengguna untuk mengunduh aplikasi pihak ketiga lainnya yang juga menyediakan layanan sama. Yang pasti, kebebasan ini diberikan agar pengguna makin betah dan setia kepada WhatsApp.

Nah, sebelumnya, penulis sudah menguraikan gimana cara menambahkan stiker di story WA. Dan kali ini, tim Droila sudah siapkan tutorial cara membuat stiker WA sendiri. Penasaran? Cek uraian di bawah, ya.

cara membuat stiker wa di iphone
cara membuat stiker wa di iphone

Syarat Agar Bisa Bikin Stiker WhatsApp Sendiri

Di balik kemudahaan serta kebebasan yang diberikan Facebook untuk pengguna, kamu tentu pernah merasa jika tak ada satu pun pilihan yang terasa memuaskan. Belum sesuai dengan keinginan.

Jika memang itu yang kamu rasa, mengapa nggak membuat stiker WA sendiri? Ya, kamu bisa, lho. Namun, ada syarat-syarat yang wajib kamu penuhi terlebih dulu.

Syarat pertama tentu saja kamu butuh koneksi internet. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengunggah stiker bikinanmu di aplikasi chatting ini. Syarat kedua, aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan sudah diperbarui dengan versi terbaru 2.18 atau di atasnya.

Selain itu, WhatsApp juga memberikan persyaratan khusus yang sudah dicantumkan mereka pada halaman Frequently Asked Questions. Syarat-syarat tersebut antara lain: gambar yang akan digunakan latar belakangnya transparan, kualitas gambar maksimal 512 x 512 piksel, serta masing-masing gambar maksimal dibuat berukuran 100 KB.

Jadi, jika gambar yang kamu miliki memiliki kualitas lebih dari 512 x 512 piksel, kamu bisa menggunakan layanan tools website untuk mengurangi ukurannya. Begitupula dengan ukurannya. Yang pasti, semua harus pas sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh WhatsApp di atas.

Cara Bikin Stiker WA

Seperti kita tahu, ada dua sistem operasi pada smartphone; yakni Android dan iOS. Oleh karena itu, masing-masing sistem operasi memiliki aplikasi sendiri dan cara yang berbeda untuk membuat stiker WA sendiri. Tenang aja, tim Droila sudah mengumpulkan tutorial lengkapnya, kok. Langsung cek uraian di bawah aja, ya.

cara membuat stiker wa sendiri di android
cara membuat stiker wa sendiri di android

Cara membuat stiker WA di Android

Untuk membuat stiker WA di Android, kamu membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Tenang aja, nggak membutuhkan keahlian khusus kok untuk membuatnya. Pun kamu juga nggak diwajibkan untuk belajar desain terlebih dulu. Singkatnya, mudah digunakan!

Aplikasi bikin stiker WA di Android yang bisa kamu manfaatkan yakni Sticker maker for WhatsApp. So, segera unduh dan pasang aplikasi tersebut sebelum melanjutkan langkah di bawah.

Jika aplikasi sudah dipasang, tap pilihan Create a new sticker pack, kemudian ketikkan nama paket stiker serta nama yang membuat. Kolom-kolom tersebut wajib kamu isi. Pasalnya, digunakan untuk tujuan labelisasi stiker WA.

Kemudian, tap menu New List maka akan muncul kotak membuat stiker. Di sini kamu perlu menambahkan ikon dari paket stiker milikmu. Cukup tap pada kotak yang tersedia untuk menambahkan stiker.

Kalo sudah, akan sudah tinggal import gambar yang sudah kamu siapkan lalu potong latar belakangnya. Di sini, dibutuhkan ketelitian. Jadi, lakukan aja dengan perlahan, ya.

Kalo sudah, save gambar. Selanjutnya, ulangi langkah di atas untuk menambahkan beragam gambar yang melengkapi paket stiker WhatsApp milikmu. Ketika sudah penuh, tap menu Publish Sticker Pack.

Selain aplikasi di atas, masih ada beberapa aplikasi membuat stiker WA di Android lainnya yang layak dicoba. Aplikasi-aplikasi stiker WhatsApp terbaik 2019 antara lain WAStickerApps 2019, Stickers For Chat, Whatsapp Stickers, Sticker Maker, Sticker Studio, Personal stickers for WhatsApp, serta Stickify.

cara membuat stiker wa sendiri
cara membuat stiker wa sendiri

Cara untuk membuat stiker WhatsApp di iPhone

Sejak fitur stiker WhatsApp diluncurkan tahun lalu, banyak pengembang berlomba-lomba mengeluarkan aplikasi membuat stiker WhatsApp. Perlombaan ini nggak cuma berlangsung di Play Store aja, toko aplikasi Apple, App Store, pun mengalami hal yang sama.

Tiba-tiba saja, platform tersebut dipenuhi dengan banyaknya aplikasi membuat stiker WA. Perbedaannya, stiker yang dihasilkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut bisa dipakai di WhatsApp maupun iMessage.

Kali ini, penulis mencoba menggunakan aplikasi Sticker Maker WASticker Lite untuk membuat stiker WA di iPhone. Meskipun begitu, aplikasi sejenis yang lain seharusnya juga menerapkan cara yang sama.

Untuk membuat stiker lewat aplikasi ini, pertama-tama, unduh dan pasang aplikasi Sticker Maker dari App Store. Kemudian, tap ikon ‘+’ untuk membuat paket stiker baru. Tap paket stiker baru yang baru saja kamu buat untuk mengisinya.

Tap ikon kotak yang terletak di sisi kiri atas. Setelah itu akan muncul dua pilihan, ambil foto dari galeri atau foto dari kamera. Pilih aja salah satunya. Namun, sebagai saran, ada baiknya sih kamu sudah menyiapkan foto-foto yang ingin dijadikan stiker.

Selanjutnya, pilih bagian dari foto yang akan dijadikan stiker. Sama seperti pada Android, kamu perlu menghilangkan latar belakang dari foto yang ingin dibuat jadi stiker. Di sini, kamu pun perlu kehati-hatian untuk menentukan bagian dari foto yang akan dipilih.

Jika sudah, tap pada masing-masing paket stiker yang sudah dilabeli 0,1,2,…. dan seterusnya. Masukkan 1 foto pada setiap label, ulangi hingga semua label terisi penuh sehingga menjadi paket stiker.

Terakhir, kalo semua stiker sudah ditambahkan dan paket penuh, tap menu Save Sticker Pack kemudian Add Sticker Pack to WhatsApp. Kamu pun bakal dialihkan untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Pada langkah ini, kamu akan diminta untuk menyimpan pembaruan stiker yang sudah dibuat. Klik ikon Save untuk menambahkannya pada koleksi stiker di WahtsApp milikmu.

Sebenarnya, masih ada beberapa aplikasi lain yang juga bisa kamu gunakan. Antara lain Sticker Maker Meme Creator, Personal Sticker Maker,  dan Sticker Maker for Messengers.

Usai sudah pembahasan kita kali ini mengenai cara membuat stiker WA. Semoga penjelasan tutorial aplikasi di atas bisa membantumu untuk bikin suasana chat lebih menyenangkan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like