Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Terlengkap dan Akurat

cara menghilangkan air di hp samsung
cara menghilangkan air di hp samsung

HP menjadi benda yang tak terpisahkan dari seseorang. Tak heran jika HP selalu dibawa ke mana-mana. Bahkan ke toilet pun di bawa. Ada kabar HP rusak karena terkena air sepertinya bukan berita yang mengejutkan lagi.

Jika kamu saat ini sedang mengalaminya, kamu perlu membaca artikel ini hingga selesai. Kami akan membagikan informasi cara mengatasi HP kemasukan air. So, baca sampai selesai ya!

Sebelum mengulas cara mengatasi HP kemasukan air, terlebih dahulu kita identifikasi penyebab kemasukan air. Apakah tercebur, kehujanan, kena minuman panas, dan kasus lainnya. Jika kehujanan, kadang kita tidak tahu apakah ada air yang masuk ke dalam HP.

Meskipun kita sudah beruaaha membersihkan airnya dan kelihatannya kering, kadang air setes dapat memengaruhi performa HP. Oleh karena itu, kita bahas dulu ciri-ciri HP kemasukan air yang sudah dirangkum Droila dari berbagai sumber berikut ini.

hp kemasukan air di layar
hp kemasukan air di layar

Ciri-Ciri HP Kemasukan Air

Seringkali kamu beraktivitas di tempat yang lembap dan basah. Apalagi jika sampai kehujanan. Kadang kita nggak sadar jika ada setetes air yang masuk ke HP.

Bagaimanapun HP adalah perangkat elektronik yang tifak kedap air. Kecuali jika HP kamu sudah memiliki sertifikat antiair dan debu. Itupun resistensinya dapat berkurang seiring berjalannya waktu.

Saat terkena air, kondisi yang paling parah adalah HP mati total. Jadi, sebelum HP benar-benar mati, lalukan tindakan yang tepat. Jangan gegabah dan asal membersihkan air pada HP.

Hal ini karena handphone yang basah sangat rentan konslet. Air juga mampu merusak bagian-bagian vital HP sehingga harus hati-hati.

Bagi kamu yang HP-nya belum antiair, kamu harus ekstrawaspada. Untuk mengetahui sudah memiliki IP rating belum, kamu bisa melihat spesifikasi HP kamu di dusbook atau internet.

Berikut ini ada beberapa tanda atau ciri-ciri HP yang terkena air. Jika HP kamu memiliki ciri-ciri HP kemasukan air berikut ini, kamu harus segera mengambil tindakan.

  1. Layar tidak sensitif saat disentuh.
  2. Layar kedip-kedip atau bergaris pelangi.
  3. Blank Screen atau layar berwarna putih.
  4. HP mati total.

Itulah ciri-ciri HP kemasukan air di layar. Jika mengalami hal-hal di atas, kamu tidak perlu panik. Jangan buru-buru membawanya ke tukang servis.

Kami akan memberikan tips cara mengatasi HP kemasukan air berdasarkan ciri-cirinya. Tips ini berlaku untuk semua jenis HP. Cara mengatasi HP Vivo terendam air juga dapat menggunakan cara-cara berikut.

ciri ciri hp kemasukan air
ciri ciri hp kemasukan air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Baterai Tanam

Zaman dahulu baterai HP masih bisa dilepas sehingga jika kemasukan air. Namun, kebanyakan HP keluaran baru sudah menggunkan baterai tanam. Oleh karena itu, jika kemasukan air, ada beberapa cara mengatasi HP baterai tanam yang kemasukan air.

1. Membongkar HP

Misal HP Oppo kemasukan air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan HP tersebut. Setelah itu bongkar HP, lepaskan SIM tray, penuup belakang, dan baterai jika bisa dilepas. Setelah itu keringkan menggunakan tisu.

Jangan sembarang memencet tombol dan meniupnya ke dalam. Tindakan tersebut dapat membuat air semakin masuk ke dalam. Goyangkan atau kibaskan HP agar air yang ada di dalam port USB  audio jack, dan speaker dapat keluar.

Jangan gunakan vacuum cleaner terlalu dekat agar efek statisnya tidak memperburuk kondisi HP. Selain itu, jangan gunakan hair dryer karena panasnya dapat merusak HP.

2. Merendam HP di dalam beras

Setelah mengeringkan HP menggunakan tisu, kamu juga dapat menggunakan beras. Beras mampu menyerap air dengan cepat.

Oleh karena itu, cara mengatasi HP kemasukan air baterai tanam dengan beras adalah dengan merendam HP selama 2-3 hari. Pastikan HP terendam secara keseluruhan agar pengeringan lebih optimal.

cara mengatasi hp kemasukan air
cara mengatasi hp kemasukan air

3. Menggunakan silica gel

Selain menggunakan beras, cara mengatasi speaker HP kemasukan air baterai tanam adalah menggunakan silica gel. Fungsi silica gel ini sama dengan beras.

Silica juga dapat menyerap air dengan baik. Kamu bisa menemukan benda ini saat membeli sepatu. Letakkan HP di kantong yang didalamnya terdapat silica gel kemudian tunggu hingga 2-3 hari agar air benar-benar hilang.

Setelah direndam dan benar-benar sudah kering, hidupkan HP. Setelah itu, lakukan percobaan telepon. Kemudian coba gunakan beberapa aplikasi hingga dapat dipastikan HP telah normal kembali.

4. Membersihkan mesin HP menggunakan thinner

Cara mengatasi HP kemasukan air berikutnya adalah dengan menggunakan thinner. HP yang terkena air rawan mengalami korosi sehingga performanya dapat menurun.

Thinner dapat mengatasi hal ini. Cara menggunakannya cukup bersihkan mesin menggunakan thinner. Gunakan kain yang halus untuk membersihkannya.

5. Membawa ke tukang servis

Jika cara-cara di atas tidak manjur, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah membawanya ke tukang servis. Apalagi jika masih memiliki garansi. Cara menghilangkan air di HP Samsung juga sama dengan cara-cara di atas.

Oya, sebaiknya bawa ke servis resmi agar HP tertangani dengan tepat. Terutama jika harus ganti spare parts. Untuk harga servis bervariasi ya, tergantung tipe HP dan tingkat kerusakan.

Nah, itulah lima cara mengatasi HP kemasukan air. Bagaimanapun juga HP merupakan benda elektronik sehingga rawan terkena arus pendek atau konslet jika terkena air.

Apalagi harga servis HP juga tidak murah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan HP saat hujan. Kecuali jika HP-mu antiair. Semoga penjelasan tips HP di atas bermanfaat buat kamu, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like