Cara Mengatasi HP yang Dicas Malah Berkurang, Bikin Baterai Jadi Sehat Lagi

cara mengatasi hp yg dicas malah berkurang (AndroidPIT)
cara mengatasi hp yg dicas malah berkurang (AndroidPIT)

Sebagian dari kita mungkin nggak terlalu memikirkan proses isi ulang daya baterai HP. Cukup sambungkan kabel HP dengan sumber listrik terdekat, pastikan apakah proses pengisian ulang berjalan, lalu tinggalkan. Tapi, ketika HP di cas tidak bertambah dan malah berkurang, kamu tentu panik kan? Tenang, ada kok cara mengatasi HP yang dicas malah berkurang atau tidak bertambah.

Ilustrasi di atas tentu pernah dialami oleh sebagian besar pengguna HP Android. Bagaimanapun, problem baterai HP Android merupakan penyelesaian yang paling banyak dicari. Soalnya berhubungan langsung dengan performa serta kenyamanan pengguna.

Cuma mengetahui cara mengatasi saja tidak akan menyelesaikan persoalan. Soalnya, masalah di seputar HP biasanya berhubungan erat dengan gaya dan pola pemakaian. Maka dari itu, sebelum penulis menguraikan bagaimana cara mengatasi HP yang dicas malah berkurang, kenali juga apa penyebabnya, ya.

Charger HP Android (Fonpit)
Charger HP Android (Fonpit)

Mengapa HP Dicas Malah Berkurang Dayanya?

Samsung menjelaskan lewat laman Dukungan kalo terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan pengalaman tersebut dihadapi pengguna. Meskipun uraian tersebut disampaikan oleh Samsung, bukan berarti bisa dipakai untuk memahami kondisi dari HP Samsung aja.

Menurut penulis, ada beberapa poin yang bisa kita pakai untuk memperkuat pernyataan di atas. Seperti kita tahu, HP Samsung merupakan ponsel yang menjalankan OS Android. Di samping itu, rata-rata HP Android juga menggunakan komponen yang serupa.

Dan berdasarkan dua fakta tersebut, bisa dibilang kalo penjelasan dari Samsung di bawah juga bisa diterapkan untuk memahami kondisi yang dialami pengguna Xiaomi, Realme, Vivo, Pixel, serta HP Android lainnya.

Jawaban dari mengapa HP dicas malah berkurang dayanya antara lain:

  1. Kabel data, adaptor, atau colokan yang rusak
  2. Bagian port charger yang terhalang debu atau tanah
  3. Aplikasi pihak ketiga yang mengganggu proses pengisian ulang daya
  4. Software perangkat perlu pembaruan

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

Dari daftar penyebab kerusakan baterai HP di atas, bisa kita pahami jika hal ini terjadi bukan cuma dari faktor perangkat saja. Ada faktor eksternal yang juga turut memengaruhi –seperti kerusakan kabel charger, adaptor, atau bahkan colokan listrik.

Lebih lengkap, begini cara mengatasi HP yang dicas malah berkurang. Cek langsung, ya.

Cek Kondisi Charger

Baterai dan kabel charger HP Android (AndroidPIT)
Baterai dan kabel charger HP Android (AndroidPIT)

Langkah pertama untuk mengatasi kendala ini tentu saja dengan memastikan apakah charger yang kamu gunakan berfungsi optimal. Atau jangan-jangan sudah rusak. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencoba melakukan beberapa langkah:

  1. Pastikan menggunakan charger asli. Meskipun banyak charger jenis lain yang dijual dengan bentuk serupa, tapi kualitas dan spesifikasi tetap saja berbeda. Dan perbedaan itulah yang akhirnya menyebabkan baterai HP rusak atau HP tidak bisa penuh.
  2. Setelah itu, cek apakah ada kerusahaan pada bagian kabel atau adaptor. Jika kamu menemukan ada kabel yang putus, atau pecahan di bagian adaptor, segera hentikan memakai charger tersebut.
  3. Cara lainnya, coba pakai kabel baru atau kabel charger lain. Sehingga, kamu benar-benar bisa memastikan apakah kerusakan dari charger milikmu atau bukan
  4. Terakhir, coba colokan listrik yang lain

Jika langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan tapi  HP tetap tidak mau mengisi, artinya kamu wajib melanjutkan ke langkah di bawah.

Bersihkan Port Charger

Port charger HP Android (AndroidPIT)
Port charger HP Android (AndroidPIT)

Salah satu penyebab paling umum dari problem pada pengisian daya adalah port yang kotor. Kotoran dan debu bisa menumpuk di dalam port. Sehingga mencegah kabel charger terhubung sempurna dengan perangkat. Dalam kasus tertentu, bahkan juga bisa membuat ponsel nggak bisa dicas!

Nah, berikut ini langkah aman untuk membersihkan port charger HP Android milikmu:

  1. Matikan perangkat
  2. Gunakan senter untuk menyinari bagian port charger dan lihat bagian dalamnya. Kalo kamu menemukan ada debu atau kotoran, terutama jika menutupi bagian metal, maka port tersebut wajib diberikan.
  3. Caranya mudah, cukup tiup bagian dalam port untuk menyingkirkan debu dan kotoran. Wajib dicatat, jangan gunakan alat lain untuk membersihkannya. Soalnya berpotensi merusak port charging
  4. Jika port charging tetap kotor, maka kamu perlu membawa ke service center untuk membersihkannya.

Cek Apakah Ada Air atau Kondisi Lembap

HP Android basah (Fonpit)
HP Android basah (Fonpit)

Sudah jadi standar HP Android kalo HP nggak bakal bisa dicas ketika mengenali adanya air atau kondisi lembap pada bagian port. Ini adalah langkah pencegahan agar melindungi perangkat dari kerusakan dan karat.

Jika perangkat mendeteksi keberadaan dua kondisi itu, maka bakal muncul di layar ikon waterdrop atau tetes air. Ikon ini terletak di atas port charger. Maka, saat kamu melihat ikon tersebut, segera keringkan port charger, ya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi HP dicas malah berkurang. Semoga langkah di atas bisa membantumu dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like