Cara Mudah Menjadikan HP Sebagai CCTV, Nggak Pake Lama!

jadikan hp sebagai cctv (ishotify)
jadikan hp sebagai cctv (ishotify)

Cara membuat CCTVdari HP rusak bisa bikin hidupmu lebih tenang. Apalagi jika kamu tinggal dilingkungan yang dirasa kurang aman; setiap ada orang lalu-lalang pun bikinnggak tenang. Maka dari itu, langsung terapkan aja cara jadikan HP sebagai CCTV ini.

Mudah kok. Yang perlu kamu sediakan hanyalah koneksi Wi-FI,HP bekas, HP yang kamu gunakan, serta aplikasi pihak ketiga. Mau tahu gimanacaranya? Cekidot, gan.

Cara Merakit Kamera HP Bekas Jadi CCTV

Cara merakit CCTV dari HP bekas (CNET)
Cara merakit CCTV dari HP bekas (CNET)

Harus diingat, merakit di sini bukan berarti mengharuskanmuuntuk membongkar HP. Lalu menyesuaikannya agar jadikan HP sebagai CCTV.

Jauh dari itu, yang kamu butuhkan hanyalah mengaturmenggunakan alat-alat dan aplikasi yang dibutuhkan. Lebih lengkap, berikuturaian masing-masing caranya.

Cara Membuat CCTV dari HP Jadul Pakai Alfred

Cara Membuat CCTV dari HP Jadul (Google Play)
Cara Membuat CCTV dari HP Jadul (Google Play)
  1. Unduh aplikasikamera keamanan di HP lawasmaupun HP yang kamu gunakan. Ada banyak jenis pilihan aplikasi yang bisa kamutemukan, baik dari Android maupun iOS. Salah satu yang terbaik yakni aplikasi Alfred Home Security Camera.
  2. Kalo sudah, buka aplikasi ini lewat HP yang kamugunakan. Kemudian geser terus halaman introductionlalu tap Start. Pilih menu Viewer dan tap Next.
  3. Setelah itu, kamu akan dibawa masuk ke halaman Sign-in,tap Signin with Google. Dengan begitu, kamu bisa masuk aplikasi ini menggunakanakun Google milikmu.
  4. Pada HP lawas, ulangi langkah di atas. Namun, dibagian setelah Start, jangan pilih Viewer. Pilih menu Camera.Pastikan juga kedua HP sudah terdaftar menggunakan akun Google yang sama.

Begitu kedua HP sudah terdaftar di aplikasi Alfred, bagian pengaturan adalah langkah yang mudah. Di samping itu, untuk menu kamera pun sudah disederhanakan dengan hanya menyertakan beberapa fitur saja.

Untuk pengguna iOS, kamu bisa mengaktifkan fitur deteksi gerakan, lalu pilih antara kamera depan atau belakang. Kamu juga bisa menonaktifkan audio.

Sedangkan untuk pengguna Android, selain fitur-fitur diatas, kamu juga bisa mengaktifkan fitur continousfocus, yang mana bisa membuat kamera untuk fokus terus-menerus pada satuobjek.

Langkah terakhir adalah instalasi HP. Kamu perlu meletakkanHP di lokasi-lokasi yang bisa merekam banyak hal. Contoh di atas pintu depan,atau di ujung. Selain itu, kamu juga perlu melakukan instalasi Wi-Fi, serta terminal kabel untuk isi ulang baterai. Dankalo semua sudah dilakukan, selamat, rumah kamu setidaknya jadi satu langkahlebih aman.

Cara Jadikan HP Sebagai CCTV Menggunakan IP Webcam

Cara mengubah HP jadi CCTV (Google Play)
Cara mengubah HP jadi CCTV (Google Play)

Satu lagi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah HP bekas menjadi CCTV. Dansebagaimana kemampuan CCTV pada umumnya, aplikasi ini bisa membuat kamera HPmampu merekam segala aktivitas di seklilingnya. Aplikasi tersebut adalah IP Webcam. Untuk langkah-langkahpemasangannya, begini lho.

  1. Pertama-tama, pasang aplikasi IP Webcamdi HP yang ingin kamu pakai sebagai CCTVdan HP yang kamu gunakan.
  2. Kemudian buka aplikasi dan atur agar resolusivideo, audio, tampilan, dan fitur lain sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.
  3. Kalo sudah, tap layar bagian bawah, lalu tap StartServer. Dengan begitu, kamera HPAndroid bekas milikmu sudah siapdigunakan dan bakal menampilkan alamat IP yang bisa disinkronisasikan.
  4. Kamu perlu memastikan kalo kedua HP yangdigunakan sudah terhubung dengan koneksi internet atau Wi-Fi.
  5. Selanjutnya, buka browser Google Chromelalu masukkan alamat IP yang muncul di aplikas untuk melihat hasil rekaman darikamera Android dipakai sebagai CCTV.
  6. Kalo berhasil, kamu tinggal meletakkan HPtersebut ke tempat yang tersembunyi dan bisa merekam banyak hal. Selamatmencoba!

Usai sudah uraian kita kali ini mengenai cara jadikan HP sebagai CCTV. Kalo kamu masih mencari tutorial menarik lainnya, jangan lewatkan update artikel di Droila, ya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like