BerandaTutorialTips Cara Memilih HP Gaming Android yang Bagus, Panduan Biar Nggak Salah...

Tips Cara Memilih HP Gaming Android yang Bagus, Panduan Biar Nggak Salah Pilihan

Awalnya, game handphone dikembangkan sederhana. Hanya untuk menemani waktu senggang pengguna. Ya, tak jauh berbeda dengan game-game yang ada di handphone lawas.

Tak ada kompetisi. Pun kamu juga nggak membutuhkan strategi atau tips dan trik khusus dalam memainkannya. Jenis game yang bisa kamu pasang dari berbagai perangkat, mulai dari spesifikasi rendah hingga yang paling tinggi.

Seiring waktu berjalan, game handphone jadi semakin kompleks. Handphone yang kamu beli beberapa tahun lalu tentu sudah nggak bisa lagi menjalankan game-game terkini; baik lewat Android maupun iOS. Dan hal ini dilihat sebagai kesempatan oleh manufaktur ponsel; alih-alih memudahkan, banyak calon pembeli malah merasa kebingungan.

Memilih HP gaming (futurecdn.net)
Memilih HP gaming (futurecdn.net)

Bayangkan saja, sejauh ini ada lebih dari 100 model yang dirilis dalam seri Samsung Galaxy. Lalu, bagaimana kamu menentukan handphone gaming terbaik?

Kamu patut sedikit tenang. Pasalnya, kini sudah tersedia keterangan spesifikasi bawaan serta desain yang mudah didapat dari berbagai media. Kalo kamu mencari HP terbaik 2019, penulis juga sudah membuat daftarnya.

Di sisi lain, butuh waktu lama untuk membandingkan spesifikasi dari satu HP dengan HP lainnya. Dibutuhkan juga ketelitian, sehingga yang ditentukan adalah produk yang sesuai kebutuhan. Dan yang kamu butuhkan dan dijadikan acuan adalah cara memilih HP gaming. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan HP dengan harga termurah tapi spesifikasi pas.

HP Gaming Android

Banyak orang mengakui, memilih HP Gaming yang bagus dari Android lebih rumit dibandingkan iOS. Ada terlalu banyak pilihan, lengkap dengan klaim terbaik yang ketika dipasarkan.

Akan tetapi, punya banyak pilihan juga bisa memberi kamu keuntungan: kamu jadi lebih bebas untuk memilih tablet atau HP gaming Android, dan yang pasti harganya lebih murah dibandingkan produk-produk Apple.

Kerumitan dalam memilih HP Android gaming biasanya muncul karena jenis spesifikasi antara satu HP dengan HP yang lain hampir sama. Oleh karena itu, tim Droila bakal membedah dan menguraikan komponen-komponen penyusun HP gaming Android terbaik.

Dengan begitu, kamu pun bisa mengetahui secara pasti, spesifikasi seperti apa yang kamu cari. Penasaran? Scrolling lagi, bray.

Display – jenis-jenis display dan cara memilih yang terbaik

Display smartphone gaming (arenalte.com)
Display smartphone gaming (arenalte.com)

Saat kamu membeli Android gaming murah, ada tiga hal yang harus diperhatikan: resolusi, piksel per inci, serta tipe panel.

Menentukan resolusi adalah yang paling mudah. Intinya, semakin besar semakin baik. Dan seringkali, alih-alih menggunakan dimensi layar, vendor smartphone malah menggunakan istilah Quad High Definition (QHD) atau Ultra High Definition.

Di samping itu, tipe panel display yang digunakan perangkat menjadi salah satu hal yang penting untuk dipahami. Pasalnya, bisa berpengaruh besar terhadap reproduksi warna dan konsumsi daya. Saat ini, ada dua tipe panel yang banyak digunakan; IPS (In-Plane Switching Liquid Crystal Displays) dan AMOLED atau OLED (Activa Matrix Organic Light-Emitting Diode).

Perbandingan panel AMOLED vs IPS (paketliburanlombok.co.id)
Perbandingan panel AMOLED vs IPS (paketliburanlombok.co.id)

Dari kedua tipe display tersebut, AMOLED atau OLED adalah yang paling banyak diinginkan pengguna. Panel layar ini membebaskan pencahayaan per-piksel serta nggak membutuhkan cahaya latar belakang (backlight).

Alasan di balik jarangnya produk-produk menggunakan tipe ini adalah harganya yang mahal. Biaya produksinya tinggi, sehingga menjadikan perangkat berharga mahal juga. Untuk saat ini, perangkat yang menggunakan fitur tipe display OLED adalah OnePlus 6, iPhone XS, dan Samsung Galaxy S6.

Bagaimana memilih CPU HP Gaming Terbaik

Prosesor hexacore (wp.com)
Prosesor hexacore (wp.com)

Di PC –jika membicarakan CPU terbaik- kamu cukup memilih berdasarkan jumlah GHz aja. Makin besar, makin baik. Dan semua itu berubah sejak keunculan prosesor dengan inti ganda pada tahun 2000-an. Demikian halnya ketika menentukan tablet atau handphone terbaik; jadi lebih sulit.

Rata-rata smartphone terbaru sudah dibekali chipset CPU octa-core. Keempat inti tersebut nggak semuanya berpengaruh langsung pada performa perangkat. Kamu tentu pernah membaca, ketika mencari spesifikasi HP tertentu, ada 2 ukuran kecepatan pada CPU.

Contohnya adalah spesifikasi dari HP gaming Android Google Pixel 3: rata-rata reviewer menyebutkannya “punya 2,5GHz + 1,6GHz 64-Bit Octa-core CPU”. Nah, apa arti angka-angka tersebut jika kamu benar-benar ingin memilih HP gaming terbaik?

Chipset hexacore (xda-developers.com)
Chipset hexacore (xda-developers.com)

Jadi, rata-rata smartphone terbaru hanya menggunakan setengah dari core yang dicantumkan untuk keperluan pemrosesan. Sementara setengah yang lain digunakan untuk mengontol konsumsi daya.

Biasanya, inti ini –yang fokus pada daya- memiliki kecepatan lebih rendah. Dan saat kamu menjalankan program secara terus-menerus, seperti game berat Android, maka perangkat bakal beralih ke pengaturan inti CPU yang lebih canggih. Hasilnya, CPU pun bakal mendapatkan tambahan daya yang lebih besar.

Untungnya, ada satu cara mudah untuk menentukan perangkat pilihan: belilah smartphone yang sudah dibekali smartphone terbaru. Contohnya seperti Honor View 20 yang sudah dibekali fitur Gaming+. Fitur ini mampu meningkatkan performa CPU untuk menghasilkan pengalaman game yang lebih maksimal.

Berapa banyak RAM yang dibutuhkan?

RAM Smartphone (klimg.com)
RAM Smartphone (klimg.com)

Spesifikasi RAM (Random Access Memory) tentunya lebih mudah dibandingkan, daripada CPU. Pada dasarnya, jumlah RAM berkaitan erat dengan berapa banyak data yang bisa diproses secara bersamaan oleh perangkat. Dan khusus untuk memilih HP gaming, artinya RAM harus bisa memroses tekstur, tingkat geometri, model karakter, dan masih banyak lagi.

Semakin besar jumlah RAM maka semakin sedikit perangkatmu bakal mengambil data dari flash memory, efeknya pun gambar jadi makin intensif. Makin rapat atau detail. Dan karena GPU (Graphics Processing Unit) sedikit berbagi tugas dengan RAM, maka carilah HP yang sudah dibekali dengan spesifikasi RAM besar.

HP gaming (androidcentral.com)
HP gaming (androidcentral.com)

Memang, kini kita sudah bisa menemui banyak HP murah RAM besar.Penulis juga pernah lho membuat daftar 7 HP murah RAM 4GB dibawah 2 juta. Di dalam daftar ini, kamu bisa memilih perangkat dengan RAM besar namun harga termurah.

Untuk saran, pilihlah HP dengan minimal RAM 3GB. Berdasarkan percobaan yang dilakukan penulis sendiri, RAM 3GB bisa lebih memudahkanmu untuk memainkan game berat. Pun jika kamu menggunakannya hanya untuk kerja ringan; misal browsing atau chatting, HP pun tetap berjalan ringan.

Mempertimbangkan jenis GPU, apakah penting?

HP gaming (line-scdn.net)
HP gaming (line-scdn.net)

Inilah salah satu komponen yang jarang dipertimbangkan. Wajar, karena pada perangkat smartphone GPU atau kartu grafis biasanya disematkan sebagai bagian dari sistem chipset. Dengan desain seperti ini, nggak ada perbedaan yang terlalu kentara dibandingkan yang bisa kamu temukan dari PC.

Jadi, kalo kamu bisa memilih CPU HP tercanggih dan terbaru, kamu pun bakal mendapatkan GPU high-end. Tak ada yang memisahkan antara kedua komponen ini. Oleh karena itu, nggak ada alasan untuk memilih smartphone berdasarkan GPU yang digunakan.

Usai sudah bahasan tim Droila kali ini mengenai cara memilih HP khusus gaming. Nggak rumit, kan? Kamu pun bisa melakukannya sendiri untuk menentukan pilihan.

Panduan ini hanyalah penyederhanaan dari kompleksitas hubungan dan efek antar komponen. Namun, penulis harap, setelah membaca cara memilih HP gaming di atas bisa membantumu untuk mendapatkan perangkat yang terbaik.

Tentu saja panduan ini bukanlah panduan yang final. Mengingat jenis HP gaming pun terus ditingkatkan, dan teknologi juga terus diperbarui. Di masa depan, penulis bakal terus memperbarui panduan ini sehingga menjadikan pengguna lebih mudah dalam memilih perangkat yang sesuai kebutuhan.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik