Review Huawei Mate 40 Pro: Kameranya Kalahkan iPhone 12 Pro Max Menurut DxOMark!

HP Huawei Mate 40 Pro (TomsGuide)
HP Huawei Mate 40 Pro (TomsGuide)

Hasil review Huawei Mate 40 Pro dibawah menunjukkan kalo HP flagship terbaru ini sangat layak dan pas dipakai oleh kamu yang hobi fotografi. Mau tahu lebih lengkap? Simak uraian di bawah, ya.

Di Indonesia, nama Huawei mungkin kurang populer di telinga masyarakat luas. Tapi, untuk kamu yang punya hobi fotografi HP, produk-produk Huawei selalu jadi pilihan dan direkomendasikan banyak pengguna.

Konsistensi Huawei dalam menghasilkan HP dengan teknologi kamera terdepan layak diapresiasi. Apalagi setelah perusahaan mulai menanamkan lensa Leica pada perangkat, kemampuan HP Huawei makin meningkat dan jadi andalan banyak pengguna.

Dan baru-baru ini, Huawei kembali bikin gempar skena fotografi HP. Lewat serial terbarunya, yakni Huawei Mate 40 Pro, raksasa teknologi Tiongkok ini bahkan berhasil mencapai rekor baru; performa kamera yang mengalahkan iPhone 12 series (review)!

Dua pilihan warna Huawei Mate 40 Pro (Beartai)
Dua pilihan warna Huawei Mate 40 Pro (Beartai)

Penilaian tersebut dilakuakn oleh tim DxOMark, sebuah media yang senantiasa memberi penilaian terhadap lensa kamera dari berbagai produk. Dan berdasarkan ulasan tim DxOMark, Huawei Mate 40 Pro berhasil mencapai skor 136 –jauh di atas iPhone 12 Pro Max yang cuma mencapai poin 130 saja.

Lalu, apa sih yang membuat HP ini mendapatkan nilai tersebut? Merangkum penjelasan DxOMark, begini review Huawei Mate 40 Pro untuk bagian kamera.

Spesifikasi Lengkap HP Huawei Mate 40 Pro

Desain
Frame alumunium dengan body dari material kaca di bagian depan dan belakang
– Dimensi HP162.9 x 75.5 x 9.1 mm
– Berat 219 gram
– Enam pilihan warna: Mystic Silver, White, Black, Green, Yellow
Layar
– Panel OLED
– Lebar 6,76 inci dengan rasio body ke layar 94,1%
– Resolusi 1344 x 2772 piksel
– HDR10
– Refresh rate 90Hz
Dapur Pacu
– Chipset HiSilicon Kirin 9000 5G
– GPU Mali-G78 MP24
– RAM 8GB
– ROM 256GB/512GB
– CPU Octa-core (1×3.13 GHz Cortex-A77 & 3×2.54 GHz Cortex-A77 & 4×2.05 GHz
– Android 10
– EMUI 11
– Tanpa dukungan Google Play Services
Kamera
– Triple-camera (50MP, 13MP, 20MP)
– omnidirectional PDAF, Laser AF, PDAF, OIS, 5x optical zoom, Leica optics, LED flash, panorama, Mode HDR
– Kamera selfie ganda (13MP ultrawide dan ToF 3D sensor biometrik dan sensor kedalaman)
– Mode Panorama dan HDR
Baterai
– Li-Po 4400 mAh, non-removable
– Fast charging 66W
– Fast wireless charging 50W
– Reverse wireless charging 5W
Harga
– Rp. 15.999.000

Spesifikasi Kamera Huawei Mate 40 Pro

setup kamera belakang Mate 40 Pro (ExpertReviews)
setup kamera belakang Mate 40 Pro (ExpertReviews)

Perusahaan yang bermarkas di Shenzhen ini meluncurkan Huawei Mate 40 Pro pada akhir bulan Oktober. Dan seperti biasanya, Huawei menawarkan komponen hardware paling canggih di kelasnya.

Setup kamera HP flagship ini miirp dengan Huawei P40 Pro (review), produk sudah dirilis awal tahun ini. Modul berbentuk lingkaran dengan lensa yang ditata membentuk pola persegi serta LED Flash terletak di antara dua lensa atas.

Kamera selfie Mate 40 Pro (ExpertReviews)
Kamera selfie Mate 40 Pro (ExpertReviews)

Tapi, tetap ada beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya. Dan perbedaan paling kentara tentu bisa kita temukan dari kemampuan kamera serta fitur pendukungnya.

Kamera utama milik Mate 40 Pro nggak memiliki sistem stabilisasi optik. Hanya saja kamera ini hadir dengan sensor yang sama seperti model P series; 1/1.28” dengan bukaan f/1.9.

Kamera ultra-wide P40 Pro berbeda dengan Mate 40 Pro. Pada flagship terbaru ini, Huawei memutuskan untuk menggunakan sensor 20MP yang memiliki piksel lebih besar –alih-alih 40MP. Sedangkan spesifikasi 5x tele-camera nggak berubah.

Review Kamera Mate 40 Pro

Spesifikasi kamera belakang (ExpertReviews)
Spesifikasi kamera belakang (ExpertReviews)

Dengan peningkatan yang relatif sedikit kalo kita bandingkan dengan spesifikasi kamera P40 Pro, penulis pun jadi penasaran apa saja sih yang diubah sehingga performa dan kualitas gambar sudah meningkat –kalo menurut klaim perusahaan.

Dan tampaknya, menurut penulis, teknisi Huawei sudah cukup dibikin sibuk usai peluncuran P40 Pro awal tahun ini. Alhasil, performa serta teknologi dari Mate 40 Pro pun nggak jauh berbeda dibandingkan seri sebelumnya.

Kekurangan satu-satunya hanyalah minus fitur Optical Image Stabilization pada lensa utama. Seperti kita tahu, fitur ini sangat membantu fotografer untuk mendapatkan menangkap momen dan gambar dalam pergerakan tinggi.

Memang, berdasarkan uji coba DxOMark, ditemukan beberapa keunggulan yang membuat Huawei Mate 40 Pro memiliki performa yang melampaui iPhone 12 Pro Max.

Khususnya untuk performa jarak dinamis dan mampu menyediakan retensi sorotan yang bagus sekalipun dalam kondisi minim cahaya –sesuatu yang gagal dicapai oleh banyak HP flagship saat ini.

Dan keunggulan itu pula yang menjadikan Huawei Mate 40 Pro sebagai salah satu pilihan terbaik untuk fotografi berpencahayaan rendah. Dan yang pasti, berbagai tantangan serta aktivitas pengguna bisa diselesaikan dengan memuaskan oleh Huawei Mate 40 Pro.

Harga Huawei Mate 40 Pro

Kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 40 Pro (ExpertReviews)
Kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 40 Pro (ExpertReviews)

Bagi kamu yang hobi fotografi, menemukan gadget dan senjata terbaik tentu sangat menunjang hasil yang lebih apik. Berapa pun harganya, tentu bakal dibeli jika alat tersebut bisa memudahkanmu, bukan?

Menyasar para fotografer HP, harga Huawei Mate 40 Pro yang dibanderol Rp 15,999 juta tentu terlampau murah. Apalagi, dengan harga tersebut, kamu bakal mendapat perangkat yang juga mampu menghasilkan kualitas video terbaik.

Nah, untuk kamu yang ingin beli, tim Droila sudah menyediakan tautan yang mengarah ke bagian penjualan dari masing-masing e-commerce. Agar mempersingkat waktu, langsung klik tautan di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kelemahan Kamera Mate 40 Pro

Review Huawei Mate 40 Pro (ExpertsReview)
Review Huawei Mate 40 Pro (ExpertsReview)

Agar kamu lebih memahami perangkat ini, pahami pula bagaimana kelebihan dan kelemahan Mate 40 Pro. Sehingga kamu bisa mengoptimalkan performa kamera untuk kondisi yang benar-benar mendukung.

Melansir DxOMark, berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan kamera Mate 40 Pro yang wajib kamu catat.

Kelemahan

  • Bidang pandang yang terbilang sempit pada kamera ultra-wide
  • Gambar dari lensa Tele-zoom kerap kurang fokus
  • Kurang pencahayaan sedikit dan rentang dinamik yang terbatas untuk adegan video yang menantang
  • Variasi ketajaman antar frame saat merekam sambil jalan dan low-light terasa kurang
Spesifikasi kamera selfie (ExpertReviews)
Spesifikasi kamera selfie (ExpertReviews)

Kelebihan

  • Rentang dinamis yang luas, bahkan dalam cahaya redup
  • Tekstur keren serta noise trade-off yang bagus untuk kondisi indoor dan cahaya terang
  • Fitur Auto Focus (AF) yang cepat dan akurat
  • Detail memuaskan dari kamera Tele-zoom dalam berbagai pengaturan
  • Penghitungan kedalaman bidang yang bagus pada Mode Bokeh, bahkan untuk pemandangan yang kompleks
  • Rentang dinamis yang cukup lebar pada Mode Malam
  • Stabilisasi video sangat memuaskan
  • Noise rendah pada video outdoor dan indoor

Nah, itulah review kamera Huawei Mate 40 Pro yang penulis rangkum dari hasil uji coba DxOMark. Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk memantabkan pilihan sebelum beli perangkat ini, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari. Klik subscribe website Droila agar kamu mendapat pemberitahuan informasi terupdate seputar teknologi, games, tips HP Android atau iPhone serta rekomendasi handphone terbaik lainnya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like