Review Advan G9 Pro: Spesifikasi, Harga Terbaru, Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan kekurangan Advan G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)
Kelebihan dan kekurangan Advan G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)

Produk HP lokal Indonesia, Advan, kembali menyapa pengguna setianya. Awal bulan November kemarin, perusahaan memperkenalkan HP harga 1 jutaan terbarunya, yakni Advan G9 Pro. Di tengah kompetisi HP low-end yang makin ketat, akankah HP Advan murah ini sukses merebut perhatian pembeli? Yuk simak dulu review Advan G9 Pro yang terdiri dari spesifikasi, harga terbaru, kelebihan dan kekurangan.

Di Indonesia, pasar HP harga Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan terbilang mudah menarik perhatian. Buktinya, berdasarkan hasil riset IDC, lima brand Indonesia paling laris ternyata sukses berkat ponsel dari segmen tersebut.

Melansir data IDC, model Vivo Y12i, Y30i, dan Y20 merupakan seri yang membuat Vivo sukses menjadi brand HP paling laris di Indonesia. Begitu pula dengan Oppo yang sukses berkat Oppo A53 dan Reno 4; Xiaomi dengan Redmi 8A Pro, Redmi 9A, Redmi 9C, Redmi 9; Samsung dengan Galaxy A01 Core; dan Realme dengan seri Realme C11.

Di tengah kompetisi yang makin ketat ini, Advan hadir kembali dengan ponsel terbarunya. Diberi nama Advan G9 Pro, perusahaan kembali meluncurkan HP harga 2 jutaan. Nah, untuk kamu yang tertarik memiliki HP Advan terbaru ini, simak dulu uraian di bawah, ya.

Tim Droila sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai HP Advan terbaru ini; mulai dari spesifikasi, harga terbaru, kelebihan dan kekurangan. Penasaran? Langsung scroll aja.

HP Advan Indonesia (Gadgetren)
HP Advan Indonesia (Gadgetren)

Spesifikasi Advan G9 Pro

Akhirnya perusahaan sukses menghadirkan HP yang didukung RAM besar. Tentu hal ini menjadi kabar gembira bagi para penggemar setia HP lokal buatan Indonesia ini. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk beli, pahami dulu yuk bagaimana spesifikasi Advan G9 Pro. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Desain dan Layar

Pilihan warna G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)
Pilihan warna (Facebook @AdvanIndonesia)

Kini pengguna Advan bisa lebih leluasa memanfaatkan perangkat untuk gaming maupun streaming. Soalnya, Advan G9 Pro sudah didukung layar yang lebih lapang.

Ya, seri HP Advan 1 jutaan ini didukung layar tipe IPS LCD dengan lebar 6,6 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis berkualitas HD+ 720x 1600 piksel.

Display Advan G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)
Layar(Facebook @AdvanIndonesia)

Meskipun memiliki ukuran yang cukup lebar, kamu nggak bakal merasakan pegal meskipun menggunakannya lama. Soalnya, HP 1 jutaan ini memiliki dimensi 165 x 76,3 x 9,5 mm. Artinya, nyaman dan pas untuk genggaman tangan masyarakat Indonesia.

Di bagian belakang, Kamu bakal menemukan modul berbentuk persegi panjang yang berisi konfigurasi empat kamera. Sementara kamera selfie terbungkus notch yang terletak di bagian tengah.

Dapur Pacu dan Chipset Advan G9 Pro

Performa gaming G9 Pro (Review1st)
Performa gaming (Review1st)

Dibandingkan seri sebelumnya, atau varian yang lebih standar yakni Advan G9, seri ini terbilang paling gahar. Perusahaan membekali HP murah 1 jutaan ini dengan chipset Unisoc SC9863.

Mungkin nama chipset tersebut kurang dikenal di Indonesia. Padahal, di pasar India, SoC Unisoc merupakan salah satu chipset yang diperhitungkan; selain Qualcomm dan MediaTek.

Skor AnTuTu chipset Advan G9 Pro (91Mobiles)
Skor AnTuTu chipset Unisoc SC986391Mobiles)

Bahkan, melansir 91Mobiles¸seri Unisoc SC9863 merupakan SoC terbaru dari perusahaan yang layak dibandingkan dengan performa chipset entry-level bikinan MediaTek atau Qualcomm.

Menurut uji coba melalui AnTuTu Benchmark, poin performa chipset Unisoc SC9863 menyaingi perolehan dari chipset Snapdragon 450 dan MediaTek Helio P22. Dengan begitu, kamu nggak perlu mengkhawatirkan masalah performa, bukan?

Kamera Advan G9 Pro

Kamera G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)
Konfigurasi quad-camera(Facebook @AdvanIndonesia)

Selain meningkatkan performa chipset, RAM dan ROM, perusahaan juga nggak lupa untuk memberi peningkatan di sektor kamera. Dukungan chipset yang lebih bertenaga tentu saja menjanjikan pengoperasian lebih banyak lensa serta fitur fotografi yang lebih maksimal.

Dan hal itulah yang ingin diberikan perusahaan pada produk ini. Seperti yang bisa kita dapatkan dari gambar, HP terbaru Advan ini didukung konfigurasi empat kamera belakang yang dibungkus modul berbentuk persegi panjang.

Desain Advan G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)
Kamera selfie notch waterdrop (Facebook @AdvanIndonesia)

Keempat kamera belakang itu masing-masing berkemampuan 16 MP+0,3MP+0,3MP+0,3MP. Sedangkan untuk kamera selfie yang terletak pada notch berbentuk waterdrop memiliki kemampuan 8MP.

Lewat perangkat ini, pengguna setia HP Advan bisa menghasilkan foto bokeh tanpa memerlukan dukungan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, pada kamera depan, sudah dilengkap fitur Auto Focus yang membantumu untuk menghasilkan foto yang lebih indah.

Harga Advan G9 Pro Terbaru

Harga Advan G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)
Harga terbaru (Facebook @AdvanIndonesia)

Sejak pertama kali Advan meluncurkan produknya, perusahaan tetap konsisten untuk fokus pada segmen entry-level dan low-end. Alhasil, Advan mendapatkan pengguna setia dari pengguna yang mencari HP harga 1 jutaan.

Begitu pula dengan ponsel anyar ini. Saat pertama kali diluncurkan, harga Advan G9 Pro dibanderol Rp 1,649 juta.

Tapi ingat, itu adalah harga satu bulan yang lalu. Ya, saat perusahaan HP lokal ini memperkenalkan ponsel terbarunya ini. Dan kini, penulis sudah menemukan harga yang lebih variatif.

Nah, kalo kamu tertarik beli Advan G9 Pro, penulis sudah menyediakan tautan pembelian ke beberapa toko online. So, langsung cek harga HP Advan terbaru yang ada di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Advan G9 Pro

HP Advan G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)
Kelebihan dan kekurangan (Facebook @AdvanIndonesia)

Merangkum dari berbagai sumber, inilah kelebihan dan kekurangan Advan G9 Pro yang wajib kamu kenali. Setidaknya, bisa meminimalisir rasa kecewa karena harapan terlalu tinggi, bukan?

Kekurangan

  • Belum didukung sensor pemindai sidik jari
  • Konfigurasi kamera kurang dibandingkan produk lain di segmen tersebut

Kelebihan

  • Sudah dibekali fitur keamanan pemindai wajah
  • Konfigurasi empat kamera
  • Baterai 5200 mAh
  • Didukung OS Android 10
  • RAM 6GB

Spek Detail Advan G9 Pro

Desain
– Frame dan body belakang dari material plastik
– Dimensi 165 x 76,3 x 9,5 mm
– Tiga pilihan warna: Green, Bright Blue, dan Dark Black
Layar
– Tipe IPS LCD
– Lebar 6,6 inci
– Resolusi 720 x 1600 piksel
Dapur Pacu
– Chipset Unisoc SC9863
– RAM 6GB
– ROM 64GB
– CPU Octa-core 1.6GHz + 1.2 GHz
– Android 10
Kamera
– Konfigurasi empat kamera: 16MP + 0,3 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
– Kamera selfie: 8MP
– LED Flash
Baterai
– 5200 mAh, non removable
Harga
– Rp. 1.649.000,-

Kesimpulan dan Review Advan G9 Pro

Review Advan G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)
Review Advan G9 Pro (Facebook @AdvanIndonesia)

Di kelas HP 1 jutaan, kini kita memiliki beragam pilihan. Mulai dari Oppo A12, Realme C19, atau Samsung Galaxy M11 yang juga banyak dicari.

Akan tetapi, dari semua kompetitor itu, HP Advan terbaru ini terbilang paling menonjol. Tentunya berkat dukungan RAM 6GB serta ROM 64GB. Membuatnya jadi salah satu HP harga dibawah 2 juta yang paling menggoda.

Memang, segi kamera dengan performa jadi pekerjaan rumah yang akan senantiasa dituntaskan perusahaan. Akan tetapi, dari produk ini, pembeli HP harga 1 jutaan setidaknya bisa berpuas berkat performa yang terbilang cepat serta bisa tahan lama.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai review Advan G9 Pro. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu mengambil keputusan sebelum beli HP murah terbaru ini, ya.

Jangan sampai ketinggalan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terbaru seputar smartphone, teknologi, gadget, software, games, tips HP Android dan iPhone lainnya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like